9 Buah Beracun yang Bisa Mengancam Kesehatan Anda

(0)
01 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu buah beracun adalah buah bintaroBuah bintaro adalah buah beracun yang tidak boleh dimakan
Buah-buahan adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua buah ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Ada juga buah beracun yang bisa berbahaya, baik mengandung racun pada seluruh buahnya atau hanya pada bagian tertentu dari buah yang beracun tersebut.

Jenis-jenis buah beracun

Buah-buahan yang masuk dalam kategori buah beracun bisa berbahaya bagi seluruh orang yang mengonsumsinya atau hanya pada sebagian orang dengan kondisi tertentu saja. Berikut ini adalah jenis buah yang beracun dan perlu Anda waspadai.

1. Buah bintaro

Bintaro merupakan buah berbahaya yang tidak dapat dimakan sama sekali. Buah yang juga dikenal sebagai mangga laut (sea mango) ini banyak digunakan untuk mengusir tikus. Buah bintaro yang belum matang mengandung asam hidrosianat dengan kadar tinggi dan sangat beracun.

2. Almond

Almond pahit
Almond pahit mengandung sianida yang berbahaya
Kacang almond sebetulnya termasuk jenis buah kering. Berbeda dengan almond manis, almond pahit yang memiliki aroma lebih semerbak merupakan buah beracun yang tidak bisa dimakan.Almond pahit mengandung racun sianida yang bisa mematikan. Oleh karena itu, buah ini harus diproses terlebih dahulu untuk membuang racunnya yang berbahaya.

3. Jambu mete

Buah jambu mete (jambu monyet) memang bukan buah beracun. Namun, kacang mete di dalamnya tidak boleh langsung dimakan secara mentah.Kacang mete memiliki kandungan senyawa urushiol yang beracun. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kacang ini bahkan bisa mematikan.Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena kacang mete yang beredar di pasaran biasanya telah melalui proses pengukusan untuk menghilangkan racun.

4. Kluwek

Biji kluwek
Buah kluwek bisa berbahaya jika dikonsumsi saat masih mentah
Apakah Anda tahu biji kluwek? Salah satu bumbu masak tradisional Indonesia ini bersumber dari buah kluwek, yang ternyata digolongkan sebagai buah beracun.Jika dimakan dalam kondisi mentah atau tidak diproses, buah kluwek bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Pasalnya, biji buah kluwek memiliki kandungan racun sianida yang sangat tinggi. Maka dari itu, biji ini harus diproses terlebih dahulu dengan merebus atau merendamnya, untuk membuang racunnya

5. Belimbing

Meski tergolong aman bagi kebanyakan orang, buah belimbing dapat menjadi buah beracun bagi penderita gagal ginjal kronis. Buah ini mengandung neurotoxin, yakni racun yang dapat menyebabkan gangguan otak dan saraf.Racun ini umumnya bisa disaring dan dibuang oleh orang-orang dengan ginjal sehat, tapi dapat membahayakan mereka yang menderita gangguan ginjal kronis.

6. Apel

Buah apel
Biji apel mengandung racun yang bisa berbahaya
Secara keseluruhan, apel adalah buah yang sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan makan bijinya karena mengandung racun glikosida sianogenik.Jika Anda tidak sengaja menelan beberapa biji buah apel, mungkin ini tidak akan menyebabkan masalah serius, Namun, konsumsi biji apel dalam jumlah yang besar berpotensi menyebabkan keracunan sianida.

7. Ceri

Sama seperti apel, buah ceri memiliki bagian yang berbahaya sehingga digolongkan sebagai buah beracun. Biji ceri mengandung hidrogen sianida yang bisa menyebabkan keracunan sianida ringan jika dikonsumsi secara berlebihan.Keracunan ini dapat menyebabkan Anda mengalami sejumlah gejala, seperti sakit kepala, pusing, kebingungan, dan muntah. Dalam jumlah lebih besar, sianida dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, menyebabkan sesak napas, hingga gagal ginjal.

8. Aprikot

Aprikot
Aprikot juga memiliki biji yang beracun
Buah aprikot termasuk salah satu buah yang memiliki biji yang beracun. Biji buah ini mengandung racun glikosida sianogen berupa senyawa amigladin.Mengonsumsi senyawa ini dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gejala keracunan, seperti mual, demam, ruam, kelemahan, nyeri sendi, hingga tekanan darah rendah.

9. Buah jarak

Daun dan getah tanaman jarak telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meringankan berbagai gangguan kesehatan. Namun, tahukah Anda kalau buah jarak termasuk buah yang beracun dan tidak boleh dimakan?Buah jarak memiliki kandungan toxalbumin yang bernama curcin, ricin, dan asam sianat, yang berhubungan dengan asam ricinoleic. Kandungan ini bisa berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah Anda. Dosis toksik buah jarak memang tidak diketahui, tapi mengonsumsinya dalam keadaan mentah dan jumlah besar dapat membahayakan tubuh, termasuk mengakibatkan kerusakan ginjal. Kandungan racun yang paling tinggi terdapat pada biji jarak. Jika biji ini tertelan, Anda dapat mengalami muntah, diare, sakit perut, rasa terbakar di tenggorokan, hingga depresi. Gejala ini dapat muncul 15 menit hingga setengah jam setelah menelannya.Selain buah-buahan di atas, masih banyak jenis buah beracun di dunia, seperti ackee, elderberry, manchineel, dan sebagainya. Namun, buah-buahan tersebut sangat jarang ditemukan di Indonesia.Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah-buahan. Walaupun sebagian racun alami buah mungkin dapat ditoleransi tubuh, efek racun ini bisa lebih berat jika Anda memiliki gangguan kesehatan.Jika Anda punya pertanyaan seputar buah-buahan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan tidak sehatbuah dan sayuran
Cookist, https://www.cookist.com/the-top-ten-poisonous-fruits/
Diakses 18 Maret 2021
10 Most Today. https://10mosttoday.com/10-most-deadly-fruits-on-earth/
Diakses 18 Maret 2021
Childrens Health. https://www.childrens.health.qld.gov.au/poisonous-plant-sea-mango-cerbera-manghas/
Diakses 18 Maret 2021
Tropical – The Fern. http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Cerbera+manghas
Diakses 18 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4920913/#
Diakses 18 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-fruit-per-day
Diakses 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait