Box Breathing, Teknik Pernapasan Dalam yang Bantu Redakan Stres


Box breathing merupakan teknik pernapasan dalam dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Teknik pernapasan ini membantu mengatasi gejala fisik dan psikologis akibat stres, mengatasi insomnia, meningkatkan konsentrasi, hingga mencegah hipertensi.

0,0
Box breathing adalah teknik pernapasan dalam yang dapat membantu mengatasi gejala fisik dan psikologis yang ditimbulkan oleh stresBox breathing dapat membantu atasi stres
Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengatasi stres, termasuk dengan melatih teknik pernapasan dalam. Salah satu teknik pernapasan dalam yang bisa digunakan untuk mengatasi stres adalah box breathing.Selain meredakan stres, beragam manfaat lain juga bisa Anda rasakan dari menerapkan teknik pernapasan ini. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Lalu, bagaimana cara melakukannya dengan benar? Simak bahasannya di bawah.

Apa itu box breathing?

Box breathing adalah teknik pernapasan dalam yang dilakukan perlahan. Teknik pernapasan yang juga dikenal dengan sebutan square breathing ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan.Biasa digunakan oleh atlet, polisi, tentara, dan perawat, teknik pernapasan ini berguna untuk meredakan stres dan membantu supaya lebih fokus ketika bekerja. Anda mungkin juga akan terbantu dengan box breathing jika menderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Manfaat box breathing untuk kesehatan

Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari melakukan square breathing. Manfaat teknik pernapasan ini tidak hanya bisa dirasakan secara psikologis, tapi baik juga untuk menunjang fisik Anda.Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan box breathing:

1. Mengatasi stres

Box breathing dapat digunakan untuk mengatasi stres memperbaiki suasana hati. Selain itu, teknik pernapasan ini juga berguna untuk mengatasi berbagai macam gejala psikologis yang muncul akibat gangguan kecemasan dan depresi.

2. Meredakan gejala fisik stres

Stres seringkali memicu gejala fisik seperti sakit kepala, ketegangan otot, serta rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Dalam penelitian yang berjudul The Effect of Diaphragmatic Breathing on Attention, Negative Affect and Stress in Healthy Adults, disebutkan bahwa teknik pernapasan dalam seperti box breathing dapat membantu meredakan gejala fisik yang muncul akibat stres.Teknik pernapasan dalam dapat membantu mengurangi produksi hormon yang terkait dengan stres, seperti kortisol. Ketika produksi hormon kortisol ditekan, gejala fisik yang muncul akibat stres otomatis akan ikut berkurang.

3, Meningkatkan konsentrasi

Latihan box breathing dapat meningkatkan fokus
Konsentrasi dalam bekerja bisa ditingkatkan dengan box breathing
Dalam studi berjudul A Mind You Can Count On: Validating Breath Counting As A Behavioral Measure Of Mindfulness, dikatakan bahwa square breathing dapat menghasilkan fokus yang lebih baik. Selain itu, teknik pernapasan ini juga menghasilkan pandangan yang lebih positif.

4. Memperbaiki respons terhadap stres

Box breathing dapat membantu memperbaiki respons tubuh terhadap stres. Untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal, Anda disarankan mengombinasikannya dengan teknik relaksasi lain seperti meditasi atau yoga.

5. Mengatasi insomnia

Jika Anda selama ini menderita gangguan tidur insomnia, cobalah untuk menerapkan square breathing. Teknik pernapasan ini dapat membantu menenangkan sistem saraf tubuh sehingga Anda jadi lebih mudah untuk tertidur.

6. Mencegah hipertensi

Menerapkan teknik pernapasan dalam akan menjaga tekanan darah tetap normal
Box breathing dapat membantu mencegah hipertensi
Menerapkan teknik pernapasan dalam seperti box breathing dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal tersebut tentunya bisa membantu melindungi Anda dari hipertensi dan penyakit jantung.

Bagaimana cara melakukan box breathing dengan benar?

Box breathing bisa dilakukan siapa saja
Cari tempat yang nyaman dan bebas gangguan saat melakukan box breathing
Cara melakukan box breathing sangatlah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk melakukannya, Anda cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Cari tempat yang nyaman, bisa duduk di atas lantai atau sofa.
  2. Tutup mata, kemudian tarik napas secara dalam empat detik. Rasakan oksigen yang masuk ke hidung dan paru-paru Anda.
  3. Tahan napas dalam empat detik. Cobalah untuk tidak menutup mulut dan hidung, jaga agar udara tak keluar.
  4. Hembuskan napas secara perlahan selama empat detik.
  5. Ulangi langkah 2 hingga 4 setidaknya tiga kali atau hingga Anda mendapatkan kembali ketenangan.
Bagi Anda yang baru belajar menerapkan teknik pernapasan ini, tidak apa melakukan tiap langkah di atas selama tiga detik. Jika mulai menguasainya, lakukan langkah-langkah yang telah disebutkan selama lima hingga enam detik.

Catatan dari SehatQ

Box breathing adalah teknik pernapasan dalam yang dapat membantu mengatasi gejala fisik dan psikologis yang ditimbulkan oleh stres. Selain itu, teknik pernapasan ini juga membantu meningkatkan konsentrasi dari orang-orang yang melakukannya.Square breathing bisa dilakukan semua orang dan diterapkan di mana saja. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai teknik pernapasan ini dan cara melakukannya dengan benar, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mengatasi depresistres
Healthline. https://www.healthline.com/health/box-breathing
Diakses pada 21 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321805
Diakses pada 21 Juni 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-benefits-and-steps-of-box-breathing-4159900
Diakses pada 21 Juni 2021
Frontiers in Psychology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2017.00874/full
Diakses pada 21 Juni 2021
Frontiers in Psychology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2014.01202/full
Diakses pada 21 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait