Bossy Artinya Suka Mengatur Demi Tujuan Tertentu, Kenali Ciri dan Cara Menghadapinya


Bossy artinya senang memerintah, mengatur, dan mengontrol orang lain supaya segala sesuatunya berjalan seperti yang diinginkan. Ciri-ciri sifat ini dapat dilihat dari perilaku sehari-hari.

(0)
Bossy artinya senang mengontrol orang lain agar semua berjalan seperti keinginannya.Bossy artinya suka memerintah, mengatur, dan mengontrol orang lain.
Dalam lingkungan keluarga, kerja, maupun pertemanan, Anda mungkin sering menemukan sosok dengan sifat yang suka mengatur dan memerintah orang lain. Hal tersebut tentu akan memicu rasa kesal, apalagi jika ia ikut campur dalam sesuatu yang bukan bagiannya. Sifat ini sering dikenal dengan istilah bossy. Ketika seseorang mempunyai sifat bossy, artinya orang tersebut merasa mempunyai kemampuan lebih. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi pertanda adanya kecemasan dalam diri mereka.

Apa itu bossy?

Bossy artinya sifat yang senang memerintah, mengatur, dan mengontrol orang lain. Ada berbagai macam faktor yang membuat seseorang memiliki sifat ini, salah satunya ingin mengendalikan situasi seperti yang mereka inginkan.Orang yang bossy mungkin merasa bahwa segala sesuatunya tidak akan berjalan sesuai rencana jika mereka tak memegang kendali. Kecemasan itulah yang kemudian membuat individu dengan sifat ini selalu mencoba untuk mengontrol situasi dan orang lain.Di sisi lain, sifat bossy dapat disebabkan oleh gangguan kepribadian narsistik. Kondisi ini membuat seseorang haus akan superioritas serta kekaguman dari orang lain. Pengalaman traumatis di masa lalu juga bisa memicu munculnya sifat ini dalam diri seseorang.

Ciri-ciri orang yang mempunyai sifat bossy

Cara mengetahui apakah seseorang mempunyai sifat bossy bisa Anda lihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari. Berikut beberapa ciri yang umumnya dimiliki oleh orang-orang dengan sifat ini:

1. Bersikeras melakukan sesuatu dengan cara mereka

Orang dengan sifat ini kerap memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan cara mereka sendiri. Sebagai contoh, orang yang bossy akan mengatur bagaimana cara Anda dalam melakukan suatu pekerjaan. Jika Anda tidak setuju dengan hal tersebut, orang dengan sifat ini akan bersikeras dengan apa yang ia inginkan. Mereka akan terus memaksa sampai semua berjalan seperti keinginannya.

2. Tidak mengakui kesalahan

Orang yang bossy cenderung tidak mau mengakui kesalahan
Orang yang bossy tidak mau mengakui kesalahan dan melemparkannya pada orang lain
Mengakui kesalahan memang sulit, hanya orang-orang yang berjiwa ksatria saja yang berani melakukannya. Orang yang memiliki sifat bossy umumnya tidak mau mengakui kesalahan mereka.Tak hanya menolak untuk mengakuinya, individu dengan sifat ini juga sering mencari cara untuk melemparkan kesalahan yang dilakukan kepada orang lain. Hal itu dilakukan untuk membuat namanya tetap baik.

3. Ingin menjadi pusat perhatian

Seseorang mungkin menjadi bossy karena ingin mendapat perhatian dari orang lain. Sebagai contoh, rekan kerja Anda yang mempunyai sifat ini mungkin akan mencoba untuk mengatur situasi agar terlihat pintar dan menerima pujian dari atasan.

4. Memberikan kritik setiap saat

Orang dengan sifat bossy akan mencoba untuk merusak kepercayaan diri Anda dengan terus memberikan kritik. Kritikan itu dapat diberikan secara pribadi maupun di depan publik.Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan, antara lain:
  • Melebih-lebihkan kekurangan Anda di depan orang lain
  • Tidak pernah mau mengakui ketika Anda melakukan pekerjaan dengan benar
  • Mengkritik cara Anda berpakaian dan berbicara di depan orang lain
  • Menjadikan Anda sebagai bahan candaan dengan cara yang kejam

Bagaimana cara menghadapi orang dengan sifat bossy?

Memiliki anggota keluarga, teman, atau rekan kerja dengan sifat bossy tentu menyebalkan. Beberapa tindakan yang bisa Anda terapkan saat menghadapi orang dengan sifat ini, di antaranya:
  • Tetap tenang

Saat menghadapi orang yang bossy, tunjukkan sikap tenang. Jangan biarkan amarah Anda meluap di depan orang tersebut karena hal itu justru akan memberi keuntungan untuknya. Orang dengan sifat ini mungkin akan memainkan drama untuk memutarbalikkan fakta.
  • Bersikap tegas

Ketika berhadapan dengan orang yang bossy, bersikaplah dengan tegas. Jika ia membuat kesalahan, sampaikan secara lugas. Meski begitu, hindari membuat keributan. Tetaplah tunjukkan sikap tenang serta hormat di depannya.
  • Jangan diambil hati

Tetap tenang saat menghadapi orang bossy
Jangan terpengaruh dengan ucapan dan tindakan orang bossy
Jangan memasukkan ucapan atau tindakan orang yang bossy ke dalam hati. Ucapan dan tindakan tersebut umumnya dilakukan untuk memengaruhi Anda secara pribadi dan mengambil alih kendali.
  • Cari dukungan tambahan

Ketika Anda sudah tidak bisa menahan lagi sikap dan perilaku dari orang yang bossy, mintalah bantuan kepada orang lain. Contohnya, jika orang tersebut berada di kantor, sampaikan keluhan ke atasan untuk mendapatkan solusinya.

Catatan dari SehatQ

Sifat bossy artinya senang memerintah, mengatur, maupun mengontrol orang lain supaya segala sesuatunya berjalan seperti apa yang diinginkan. Ciri-ciri orang yang memiliki sifat ini antara lain tidak mau terlihat salah, ingin menjadi pusat perhatian, hingga ingin semua berjalan dengan cara mereka.Dalam menghadapi orang yang bossy, tetaplah tenang, ambil sikap tegas, dan jangan memasukkan tindakan dan perkataan mereka ke dalam hati. Mintalah juga dukungan orang terdekat untuk membantu menghentikan tindakannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal arti dari bossy dan cara menghadapi orang dengan sifat ini, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kecemasan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/controlling-people
Diakses pada 1 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/controlling-people
Diakses pada 1 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/mental-health/signs-controlling-behavior
Diakses pada 1 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait