Bosan Rambut Panjang? Ternyata Potong Rambut Pendek Memiliki Manfaat

(0)
09 Jun 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Potong rambut pendek akan membuat Anda terlihat awet muda dan segarGaya rambut pendek pixie cut dapat memberi perubahan besar terhadap penampilan Anda
Setelah bertahun-tahun memiliki rambut panjang, Sinta (30) akhirnya memutuskan untuk potong rambut pendek. Keputusan ini diambilnya bukan tanpa ragu. Justru ia sempat bimbang dan membatalkan niatnya, apalagi mendengar komentar dari teman dan keluarga yang tidak menyetujui bila wanita memiliki rambut pendek.Rambut adalah mahkota seorang wanita. Sayangnya, citra mahkota wanita yang biasa digambarkan sebagai sosok yang cantik adalah rambut yang panjang terurai. Padahal, bila kita dapat memilih potongan yang tepat, rambut pendek pun tetap akan mempercantik penampilan dan menjadi mahkota terbaik seorang wanita. Beberapa selebritis dunia seperti Emma Watson, Anne Hathaway, dan Scarlett Johansson pernah memiliki potongan rambut pendek namun tetap terlihat cantik dan anggun. Yuk, simak manfaat dan tips potong rambut pendek untuk wanita.

Manfaat potong rambut pendek

Potong rambut pendek tak hanya berfungsi untuk mempercantik penampilan tapi juga memiliki manfaat lain yang tidak terduga, seperti:
  • Membantu menyehatkan mental dan meningkatkan mood

Sering mendengar mitos bahwa memotong rambut bisa buang sial? Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Ketika kita memotong rambut, biasanya akan timbul sugesti bahwa kita memiliki hari yang baru dan siap melupakan kenangan buruk di masa lalu. Banyak orang meyakini, model rambut yang tepat dapat membuat kita terlahir kembali seperti orang baru.Dr. Juli Fraga, seorang psikolog berlisensi di San Francisco yang mendalami masalah kesehatan wanita, mengungkapkan bahwa memiliki potongan rambut yang buruk sama seperti memakai pakaian yang jelek. Kedua hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati karena terkait bagaimana cara kita memandang diri sendiri.Tampilan baru dengan potongan rambut pendek akan membuat kita melihat diri sendiri dengan cara yang berbeda. Efek positif secara psikologis ini menjadikan potong rambut pendek sebagai cara yang hebat untuk merawat diri dan menjaga kesehatan mental.
  • Terlihat lebih muda

Gaya rambut pixie cut atau bob pendek memiliki ilusi cukup besar terhadap perubahan penampilan. Seseorang dengan potongan rambut tersebut cenderung terlihat lebih muda dibandingkan ketika memiliki rambut yang panjang. Pasalnya, potongan rambut pendek dapat memberikan kesan yang imut bagi pemiliknya. 
  • Lebih hemat

Produk perawatan rambut biasanya cepat habis ketika memiliki rambut panjang, sebaliknya hal itu tidak akan terjadi pada si rambut pendek. Selain produk perawatan rambut yang cenderung bertahan cukup lama, frekuensi Anda pergi ke salon akan lebih jarang. Tentunya pengeluaran yang biasanya digunakan untuk keperluan rambut akan berkurang sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau untuk ditabung.
  • Mencegah rambut kusut

Percayalah, potongan rambut pendek akan mengurangi rambut kusut. Rambut kusut biasanya disebabkan oleh rambut kering yang kemudian menjadi bercabang. Kutikula rambut yang terbelah menyerap kelembapan dan menyebabkan rambut kusut. Satu-satunya cara agar rambut kembali sehat adalah dengan potong rambut pendek. Tak perlu khawatir lagi penampilan terganggu gara-gara rambut kusut.  Ketika Anda merasa menarik dan stylish, kepercayaan diri otomatis akan meningkat.
  • Lebih mudah untuk dirawat

Merawat rambut pendek jauh lebih mudah dilakukan daripada merawat rambut panjang, lantaran waktu yang dibutuhkan untuk mengurus rambut pendek jauh lebih singkat. Dari mulai mencuci , mengeringkan, sampai menata rambut pendek, biasanya tidak memakan waktu yang begitu lama. 

Tips potong rambut pendek

Tidak semua orang tentunya cocok untuk gaya rambut pendek. Agar Anda tidak menyesal potong rambut pendek, yuk simak tips berikut:

1. Sebelum memotong rambut

  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan penata rambut Anda mengenai potongan yang sesuai dengan bentuk wajah. Cari gambar-gambar sebagai referensi agar penata rambut Anda bisa memahami model yang Anda inginkan.
  • Jangan takut untuk terlihat berbeda. Anda mungkin terbiasa memiliki rambut panjang, tapi tak ada salahnya untuk mencoba potong rambut pendek. Siapa tahu Anda akan terlihat lebih menawan.
  • Untuk rambut bergelombang, coba potong rambut dengan potongan Pixie Cut. Anda tidak akan perlu mencatok rambut lagi karena potongan jenis ini membuat rambutmu akan semakin cantik natural tanpa perlu di-blow.
  • Jika memiliki pipi chubby, cobalah potongan rambut dengan sedikit layer agar memberi efek lebih tirus.
  • Jika ingin terlihat lebih muda, coba tambahkan poni yang akan membuat tampilan semakin menggemaskan. 

2. Saat memotong rambut

  • Gunakan alat yang tepat. Pilih gunting khusus untuk rambut. Tak perlu gunting profesional, cukup pilih gunting yang tajam dan terpisah dari gunting untuk keperluan lain. Tak hanya membuat hasil potongan lebih rapi, penggunaan gunting tajam juga membuat ujung rambut dapat terpangkas sempurna sehingga tidak menimbulkan kerusakan. Selain itu, pastikan gunting tersebut juga bersih untuk menghindari kotoran menempel pada rambut. Sebaiknya juga siapkan beberapa peralatan penunjang lainnya seperti ikat atau penjepit rambut, sisir, serta kain untuk menutupi bagian leher dan pakaian. Anda juga bisa mencoba membeli alat pemangkas jenggot tanpa kabel untuk merapikan tepi rambut di sekitar telinga dan leher Anda.
  • Mintalah bantuan orang lain atau gunakan cermin. Jika ada orang lain di rumah, mintalah mereka untuk membantu. Namun jika tidak ada orang lain, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan kamera ponsel dengan mode selfie atau cermin dengan berbagai arah. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengamati apa yang akan Anda potong agar tidak salah langkah.
  • Potong rambut sedikit demi sedikit. Jangan terburu-buru dalam memotong rambut jika ingin hasil potongan rapi. Cara paling baik untuk mendapatkan hasil memuaskan adalah dengan memotong rambut sedikit demi sedikit. Sebelum memotong, rapikan rambut menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin Anda pangkas. Hindari memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek.

3. Setelah potong rambut pendek

  • Jangan keramas tiap hari. Jika rambut pendek terlalu sering dikeramas, maka rambut akan cepat  kusam dan kering. Jangan lupa pakai kondisionerr setiap kali keramas.
  • Melakukan perawatan rutin. Seperti halnya rambut panjang, rambut pendek tetap harus dirawat. Gunakanlah masker rambut agar rambut tetap lembut.
  • Jika ingin pergi ke pesta, cobalah menggunakan anting yang cukup besar. Potongan rambut pendek terlihat sederhana. Untuk membuatnya terlihat mewah gunakan aksesoris yang mampu menarik mata.
  • Makan makanan yang sehat. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur sebagai sumber nutrisi bagi rambut.
  • Minum air putih yang cukup. Air membentuk hampir 25% dari berat satu helai rambut. Dengan meminum setidaknya dua liter air sehari maka akan membantu rambut Anda lebih kuat dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
Apakah Anda sudah siap memiliki tampilan baru dengan potong rambut pendek? Meski awalnya terasa aneh, nantinya Anda akan terbiasa. Tak usah pedulikan komentar orang-orang yang mungkin tidak mendukung Anda dengan potongan rambut pendek. Paling penting adalah rasa nyaman dan mencintai diri sendiri. Selamat mencoba!
rambut rontokkesehatan rambutrambut kering
HealthPrep. https://healthprep.com/beauty-skin-care/haircut-health-benefits/2/
Diakses pada 25 Mei 2020
Pretty Designs. https://www.prettydesigns.com/benefits-short-hair/
Diakses pada 25 Mei 2020
Allure. https://www.allure.com/story/how-to-cut-short-hair-at-home-diy-haircut
Diakses pada 25 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/the-life-changing-magic-of-cutting-your-hair#2
Diakses pada 25 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait