Bolehkah USG Rahim Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya


USG saat sedang haid diperbolehkan, termasuk USG transvaginal. Jika ada alat yang perlu dimasukkan ke vagina, Anda hanya perlu melepas pembalut, tampon, ataupun menstrual cup yang digunakan sebelum pemeriksaan dimulai.

(0)
04 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
USG transvaginal saat sedang haid boleh dilakukanUSG saat sedang haid boleh dilakukan
Bagi perempuan yang perlu menjalani USG, jadwal pemeriksaan yang diberikan dokter mungkin bertepatan dengan waktu menstruasi dan membuat Anda bertanya-tanya apabila USG tetap bisa dilakukan saat sedang haid. Apalagi, untuk USG transvaginal, yang memungkinkan alat pemeriksaan dimasukkan ke dalam lubang vagina.USG transvaginal merupakan salah satu dari dua metode pemeriksaan ultrasound. Metode lainnya adalah USG transabdominal yang dilakukan dengan meletakkan alat pemeriksaan di atas permukaan perut.Pemeriksaan USG dilakukan untuk melihat gambaran struktur organ reproduksi wanita secara jelas. Metode transvaginal, biasanya dipilih apabila dokter menginginkan gambaran organ yang lebih detail untuk menemukan penyebab berbagai gangguan organ reproduksi.

USG saat haid boleh dilakukan, ini tahapnya

USG saat haid masih boleh dilakukan
USG saat haid masih boleh dilakukan
USG transvaginal ataupun transabdominal, bisa dilakukan di berbagai, termasuk saat sedang mengalami menstruasi. Apabila yang akan Anda jalani adalah USG transabdominal, maka tidak ada persiapan khusus sebelumnya.Pemeriksaan berjalan seperti biasa dan dokter akan meletakkan alat di atas permukaan perut untuk melihat ke organ reproduksi bagian dalam.Sementara itu, untuk Anda yang perlu menjalani USG transvaginal saat sedang haid, berikut ini tahapannya.
  • Anda akan diinstruksikan untuk mengganti baju dengan pakaian khusus pasien yang disediakan oleh rumah sakit.
  • Untuk Anda yang sedang haid atau menstruasi, dokter juga akan menginstruksikan untuk melepas pembalut, tampon, ataupun menstrual cup yang digunakan sebelum pemeriksaan.
  • Posisikan tubuh terlentang di kasur periksa dengan kedua kaki terangkat.
  • Dokter akan mulai memasukkan alat USG berbentuk tongkat (transducer) yang sudah diberikan pelumas secara perlahan ke dalam vagina.
  • Dokter juga dapat menginstruksikan Anda untuk mengubah posisi tubuh seperti menghadap ke samping untuk mendapatkan gambaran organ reproduksi dari sisi lain.
  • Alat USG langsung tersambung ke layar sehingga dokter dapat melihat gambaran organ yang ingin diperiksa secara langsung.
  • Proses pemeriksaan ini biasanya berlangsung selama 30-60 menit.
  • Jika pemeriksaan sudah selesai, Anda boleh langsung pulang setelah menerima penjelasan lanjutan dari dokter.

Kondisi yang dapat dideteksi lewat USG

USG saat haid tetap bisa mendeteksi gangguan reproduksi pada wanita
USG saat haid bisa mendeteksi berbagai gangguan organ reproduksi
Selama ini, banyak orang mengira bahwa USG hanya dilakukan pada ibu hamil. Padahal, pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh setiap orang dengan gejala gangguan organ reproduksi seperti rahim, indung telur, hingga vagina.Selain kehamilan, USG juga dapat dilakukan untuk melihat beberapa hal.
  • Penyebab ketidaksuburan pada wanita yang sulit hamil
  • Kista maupun kelainan jaringan lain yang tumbuh di organ reproduksi wanita
  • Gangguan menstruasi
  • Perdarahan tidak normal yang keluar dari vagina
  • Letak KB spiral
  • Nyeri di area panggul, vagina, dan perut

Adakah risiko menjalani USG saat sedang menstruasi?

USG adalah prosedur yang aman dilakukan meski Anda sedang mengalami menstruasi. Sejauh ini, tidak pernah dilaporkan adanya efek samping atau risiko yang terjadi akibat pemeriksaan USG.Pemeriksaan ini juga tidak menimbulkan rasa sakit, namun Anda mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman saat alat USG dimasukkan ke dalam vagina. Masuknya alat juga akan menimbulkan sedikit tekanan ke organ-organ di sekitar vagina.Apabila Anda merasa tidak nyaman saat pemeriksaan, jangan ragu untuk memberitahu dokter yang memeriksa agar dapat dilakukan penyesuaian.Pada beberapa kasus, pemeriksaan perlu diulang karena gambar yang didapatkan kurang jelas. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti:
  • Obesitas
  • Kandung kemih yang kurang penuh
  • Saluran pencernaan yang belum dikosongkan
  • Gas berlebih di usus
  • Terlalu banyak bergerak saat diperiksa
  • Luka terbuka di area perut
Dokter akan mendiskusikan lebih lanjut pada Anda apabila USG perlu diulang atau jika ada pemeriksaan tambahan lain yang perlu dilakukan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pemeriksaan USG saat haid ataupun tentang kesehatan organ reproduksi wanita lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menstruasipenyakit rahimanomali rahimusg
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/pelvic-ultrasound
Diakses pada 23 Maret 2021
Cedars Sinai. https://www.cedars-sinai.org/programs/imaging-center/exams/ultrasound/transvaginal.html
Diakses pada 23 Maret 2021
Family Doctor. https://familydoctor.org/pelvic-ultrasound/
Diakses pada 23 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/transvaginal-ultrasound#risk-factors
Diakses pada 23 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait