Bolehkah Mandi Saat Demam? Ketahui Faktanya


Mandi saat demam bisa membantu menurunkan panas tubuh asal dilakukan dengan air hangat. Anda pun perlu membatasi durasi mandi dan melihat reaksi tubuh saat kena air.

0,0
22 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mandi saat demam bisa membantu menurunkan panas tubuh asal dilakukan dengan air hangatJangan mandi terlalu lama saat sedang demam
Demam merupakan reaksi saat melawan infeksi atau ketika terjadi peradangan. Salah satu cara untuk meredakannya adalah mandi. Ketika demam, suhu tubuh akan meningkat di atas 37.4 derajat celciusNamun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda mau mandi saat demam.

Mandi saat demam yang diperbolehkan

Mandi mampu menurunkan demam dan bisa membuat tubuh Anda lebih segar. Selain itu, mandi pun dapat membuat tubuh lebih bersih dan terhindar dari keringat akibat suhu tubuh yang meningkat. Dengan begitu, Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman setelahnya.Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mandi saat demam:

1. Mandi dengan air hangat

Menurut sebuah studi, mandi bisa menjadi obat penurun demam yang sudah dipercaya sejak lama. Pasalnya, air bisa membantu mendinginkan tubuh. Anda hanya perlu mandi dengan air hangat atau suam-suam kuku dengan suhu sekitar 27-32 derajat Celcius.Hindari mandi menggunakan air dingin karena hanya akan membuat tubuh demam semakin parah. Pasalnya, air dingin akan membuat tubuh menggigil kedinginan. Nantinya, tubuh secara alami akan mengeluarkan suhu panas.

2. Tidak mandi terlalu lama

Sebelum mandi, cobalah basahi sedikit tubuh Anda dengan air. Anda hanya boleh melanjutkan mandi jika tubuh tidak bereaksi kedinginan atau reaksi lainnya. Batasi juga durasi mandi tidak terlalu lama atau lebih dari 10- 15 menit. Melakukannya lebih lama malah akan membuat kulit kering. Anda pun bisa menjadi kedinginan dan menggigil.

3. Tetap gunakan sabun

Demam adalah reaksi tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri. Anda pun disarankan untuk membersihkan tubuh dengan sabun guna mencegah ada bakteri yang masuk ke tubuh. Selain itu, Anda pun perlu menyikat gigi untuk mencegah kuman berkembang biak dalam mulut.

4. Cukup kuat untuk mandi

Demam juga cenderung akan membuat tubuh lemas hingga tidak sanggup bangkit. Ketika merasa sangat pusing dan goyah, Anda sangat tidak disarankan untuk mandi karena akan berisiko jatuh terpleset di kamar mandi. Gantilah cara menurunkan panas dengan memperbanyak konsumsi air dan istirahat

Cara lain untuk menurunkan demam

Mandi saat demam bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas tubuh. Anda juga bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Minum lebih banyak air

Memperbanyak konsumsi cairan dapat membantu tubuh untuk bereaksi menurunkan panas. Pasalnya, demam dan suhu tubuh yang meningkat akan membuat Anda lebih cepat mengalami kondisi dehidrasi. Anda dapat mengonsumsi air putih 2L per hari 

2. Konsumsi teh jahe atau sup hangat

Coba juga untuk mengonsumsi campuran teh jahe yang ampuh untuk menurunkan demam. Minuman ini juga bisa meredakan gejala lain yang muncul, seperti radang tenggorokan. Anda pun bisa mengonsumsi makanan hangat seperti sup ayam untuk mengurangi inflamasi dalam tubuh.

3. Kompres tubuh

Letakkan benda dingin di bagian ketiak dan paha dalam. Langkah ini juga bisa menjaga suhu tubuh tetap normal. Namun, perhatikan juga perubahan suhu tubuh setelah beberapa menit.

4. Konsumsi obat penurun panas

Lebih baiknya lagi jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter saat terjadi demam. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan obat penurun demam. Konsumsilah obat tersebut dengan dosis yang disarankan oleh dokter. 

Catatan dari SehatQ

Mandi saat demam memang dipercaya dapat menurunkan panas tubuh. Hanya gunakan air hangat saat mandi dan pastikan tubuh Anda tidak bereaksi kedinginan saat terkena air. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi air untuk membantu menurunkan panas.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menurunkan panas, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
demampenurun panasmandi
Healthline https://www.healthline.com/health/cold-flu/detox-bath-for-cold
Diakses pada 3 September 2021
Gregory Gordon MD http://gregorygordonmd.com/baths-when-sick.html
Diakses pada 3 September 2021
Very well Health https://www.verywellhealth.com/safe-ways-to-treat-a-fever-4023633
Diakses pada 3 September 2021
NCBI https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279453/
Diakses pada 3 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait