Bolehkah Mandi Saat Cacar Air? Ini Penjelasannya


Mandi saat sedang cacar diperbolehkan karena bisa mencegah infeksi bakteri di kulit dan membantu meredakan gatal, terutama jika air mandi dicampur dengan oatmeal atau baking soda.

0,0
31 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mandi saat sedang cacar air diperbolehkan karena berguna untuk mencegah infeksi bakteri di kulitMandi saat sedang cacar air tidak memperparah kondisi
Tak sedikit mitos yang beredar seputar perawatan cacar air. Salah satunya adalah tidak boleh mandi saat sedang mengidap penyakit ini. Padahal, mandi saat terkena cacar air diperbolehkan, bahkan sangat disarankan, selama cara yang dilakukan benar.Mandi menggunakan air yang sudah dicampur oatmeal ataupun baking soda merupakan salah satu cara mandi yang disarankan bagi pengidap cacar air. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

Mandi saat cacar air diperbolehkan

Mandi saat cacar air diperbolehkan
Mandi saat cacar justru bisa mencegah infeksi bakteri di kulit
Mandi saat mengidap cacar air diperbolehkan dan perlu dilakukan secara teratur setiap harinya. Sebab, Anda perlu menjaga permukaan kulit tetap bersih, sehingga lentingan atau luka-luka yang terbentuk akibat cacar tidak terinfeksi dan bisa semakin cepat sembuh.Biasanya, dokter akan memberikan obat yang dapat dicampurkan ke air mandi bagi para pengidap cacar. Obat ini akan membantu mempercepat penyembuhan luka cacar sekaligus meredakan gatal yang dirasakan.Kuncinya, selama mandi, pastikan Anda melakukannya secara perlahan. Jangan mengusap kulit terlalu keras, apalagi sampai membuat lentingan atau benjolan-benjolan cacar di kulit pecah. Sebab jika sampai pecah, bekasnya kelak sulit hilang.Mandi juga tidak menyebabkan lentingan cacar air menyebar dari satu ke area kulit lain di tubuh.

Mandi oatmeal dan baking soda untuk cacar air

Mandi oatmeal bagus dilakukan saat cacar air
Mandi dengan oatmeal baik untuk kulit saat cacar air
Selain dengan obat dokter, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah untuk membuat air mandi untuk cacar, dengan oatmeal ataupun baking soda.Kedua bahan ini juga dipercaya dapat meredakan gatal mengganggu di kulit pengidap cacar.

1. Mandi oatmeal untuk cacar air

Mandi dengan air yang sudah dicampur oatmeal dapat memberikan rasa nyaman sekaligus meredakan gatal di kulit akibat cacar air. Berikut ini cara membuat air mandi dengan oatmeal.
  • Pilih jenis oatmeal instan yang tidak diberi perasa apapun maupun quick oats yang banyak tersedia di swalayan.
  • Siapkan sekitar 130 gram oatmeal atau 1/3 nya jika anak masih bayi atau berusia di bawah 3 tahun.
  • Haluskan oatmeal hingga benar-benar hancur seperti bubuk menggunakan food processor ataupun menumbuknya secara manual.
  • Untuk memeriksa tingkat kehalusan oatmeal, coba campurkan satu sendok bubuk oatmeal tersebut ke dalam satu gelas air hangat. Jika terlihat bisa tercampur dengan baik dan membuat air berwarna putih keruh, maka sudah cukup halus.
  • Tanpa alat penghalusnya, Anda juga bisa membungkus oatmeal dengan kain sebelum dimasukkan ke dalam air.
  • Siapkan air hangat di tempat yang digunakan untuk berendam lalu masukkan oatmeal yang sudah dihaluskan ataupun yang sudah dibungkus kain.
  • Setelah itu, berendamlah selama tidak lebih dari 20 menit.

2. Mandi air baking soda untuk cacar air

Selain oatmeal, Anda juga bisa membuat air mandi dari baking soda untuk meredakan rasa gatal akibat cacar air. Ini cara membuatnya.
  • Siapkan sekitar 130 gram baking soda dan air hangat untuk berendam. Volume air tidak usah terlalu banyak, yang penting bisa merendam hingga bagian pinggang saat anak duduk di dalam bak.
  • Campur keduanya dan biarkan anak berendam atau bermain di dalam air sambil Anda basuh selama 15-20 menit.
  • Lakukan 2-3 kali sehari.

Perawatan cacar air lain yang perlu dilakukan

Salep cacar air perawatan efektif
Perawatan cacar air salah satunya dengan salep
Selain dengan mandi oatmeal maupun baking soda, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mendukung penyembuhan cacar air, seperti:

• Mengonsumsi obat

Infeksi virus cacar bisa memicu berbagai gejala, termasuk demam dan nyeri di badan. Untuk meredakannya, dokter biasanya akan menyarankan pengidap penyakit ini untuk minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.Saat sedang mengidap cacar air, jangan sembarangan pilih obat. Pastikan obat yang diminum sudah sesuai dengan instruksi dokter. Sebab, obat pereda nyeri yang umum dikonsumsi seperti ibuprofen pun justru bisa memperparah kondisi.Selain itu, dokter juga akan meresepkan obat antivirus, seperti asiklovir. Obat ini paling baik diberikan dalam waktu 24 jam setelah ruam muncul.

• Tidak menggaruk kulit yang gatal

Rasa gatal yang muncul saat mengidap cacar membuat keinginan untuk menggaruk semakin tinggi. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena dapat menghambat penyembuhan dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri di kulit.Menggaruk-garuk kulit saat cacar apalagi hingga benjolan atau lentingannya pecah juga akan memicu terbentuknya bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.Untuk membantu mengurangi rasa gatal, selain dengan mandi oatmeal atau baking soda, cara lain seperti menepuk pelan area kulit yang gatal dan menggunakan pakaian longgar dan berbahan dingin bisa jadi pilihan.

• Banyak minum air

Banyak minum air akan membantu menyingkirkan virus lebih cepat sekaligus mencegah dehidrasi. Saat mengalami luka cacar di dalam rongga mulut, banyak minum juga akan membantu meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman.Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memperparah rasa sakit di rongga mulut saat cacar, seperti soda, makanan pedas dan asin, serta yang keras.

• Menggunakan losion calamine

Losion calamine bisa membantu meredakan gatal karena mengandung bahan-bahan yang dapat memberikan rasa nyaman di kulit, termasuk zinc oxide.Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum mengoleskan lotion ke kulit. Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk mengoleskan losion tersebut di area yang gatal. Perlu diingat, bahan ini tidak bisa digunakan di dekat mata.Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, penyakit ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh baik. Namun selama masa penyembuhan, gejala yang muncul seperti nyeri, demam, dan gatal, bisa sangat mengganggu.Perawatan-perawatan yang dilakukan di atas berguna untuk meredakan gejala, sembari tubuh berperang melawan virus cacar.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar mandi oatmeal untuk cacar air maupun metode penyembuhan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 
cacar airinfeksi virus
Nationwide Children’s Hospital. https://www.nationwidechildrens.org/conditions/chickenpox
Diakses pada 17 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-chickenpox
Diakses pada 17 Mei 2021
WebMD. https://www.webmd.com/children/understanding-chickenpox-treatment
Diakses pada 17 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/239450#treatment
Diakses pada 17 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait