Bolehkah Makan Nanas saat Haid? Ini Fakta yang Perlu Anda Ketahui

(0)
13 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makan nanas saat haid dipercaya bisa meredakan kram perutMengonsumsi nanas dipercaya dapat memperlancar menstruasi
Banyak orang yang percaya dengan klaim bahwa makan nanas saat haid menyebabkan darah menstruasi keluar semakin deras. Banyaknya darah yang keluar tentunya dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Di sisi lain, ada pula klaim mengenai manfaat makan nanas saat haid. Manakah yang benar? Perbedaan ini tentunya bisa membuat kita bingung jika ingin mengonsumsi nanas saat datang bulan. Supaya Anda tidak keliru, ketahui fakta mengenai makanan nanas saat haid berikut ini.

Manfaat makan nanas saat haid

Nanas mengandung vitamin esensial, mineral, antioksidan, dan senyawa lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat makan nanas saat haid dikaitkan dengan enzim bromelain dan mangan yang terkandung di dalamnya.Bromelain dipercaya dapat melembutkan dinding rahim, dan memperlancar menstruasi. Enzim ini juga dianggap mampu merelaksasi otot perut, meredakan kram dan sakit kepala yang sering terjadi ketika datang bulan
makan nanas saat haid
Makan nanas saat haid dianggap mengurangi kram perut
Tidak hanya itu, antioksidan dalam nanas dianggap bermanfaat dalam mengurangi peradangan akut yang bisa menyebabkan kram perut saat haid. Buah tropis ini juga kaya akan mineral mangan yang bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan saat menstruasi. Meski demikian, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim manfaat makan nanas saat haid ini sehingga efektivitasnya belum dapat dipastikan. Walaupun begitu, makan nanas saat haid tetap bisa membantu Anda dalam mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Bahaya makan nanas saat haid

Bolehkan makan nanas saat haid? Sebetulnya boleh-boleh saja, tetapi sebaiknya memerhatikan kondisi di bawah ini:
  • Nyeri di lidah atau mulut

Mengonsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri di lidah atau mulut. Efek ini biasanya menghilang dalam beberapa jam. Namun, jika terus berlanjut atau disertai gejala lain, seperti ruam, gatal-gatal, atau sulit bernapas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa menandakan alergi nanas.
  • Asam lambung naik

asam lambung naik
Makan nanas secara berlebihan picu asam lambung naik
Nanas memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Makan nanas saat haid secara berlebihan bisa menyebabkan kenaikan asam lambung, terutama pada penderita GERD. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa sensasi panas di dada (heartburn), mulut terasa pahit, nyeri dada, mual, batuk tanpa dahak, air liur berlebih, sulit menelan, hingga sesak napas. Naiknya asam lambung dapat mengganggu aktivitas yang tengah Anda lakukan.
  • Masalah pencernaan

Tingginya kadar vitamin C dalam nanas bisa menyebabkan diare, mual, muntah, dan sakit perut jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Masalah ini terjadi karena banyaknya asam yang memengaruhi pencernaan Anda. Hal ini tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan.Bromelain dalam nanas juga terbukti meningkatkan efek obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, pengencer darah, antikoagulan, antikonvulsan, dan antidepresan. Jadi, jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum makan nanas.Selain itu, hindari mengonsumsi nanas yang mentah karena dapat beracun dan memicu masalah pencernaan yang parah. Oleh sebab itu, jika Anda ingin makan nanas saat haid, pastikan Anda mengonsumsi yang matang dan dalam kisaran yang wajar.Anda dapat memakan nanas secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie maupun jus yang menyegarkan. Supaya rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan susu ke dalamnya.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah menstruasi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
haidmenstruasikram menstruasipremenstrual syndrome (PMS)nanas
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies#The-bottom-line
Diakses pada 30 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-eating-pineapple-for-a-woman#bottom-line
Diakses pada 30 Maret 2021
Today. https://www.today.com/health/5-foods-help-you-deal-menstrual-cramps-t107199
Diakses pada 30 Maret 2021
Live Science. https://www.livescience.com/45487-pineapple-nutrition.html
Diakses pada 30 Maret 2021
Hello Motherhood. https://www.hellomotherhood.com/best-foods-to-eat-while-on-your-period-4267305.html
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait