Bolehkah Makan Buah di Malam Hari? Ini Penjelasannya


Makan buah malam hari bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada mengonsumsi camilan sembarangan. Namun, pastikan mengonsumsinya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur dan pilih buah yang rendah gula.

0,0
30 Sep 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makan buah malam hari menjadi pilihan yang baik daripada camilan tidak sehatMakan buah di malam hari sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang kecil
Makan buah di malam hari sering kali menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Selain lezat, buah juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda untuk ngemil sembarangan di malam hari.Namun, makan buah sebelum tidur disinyalir bisa membuat perut terasa tidak nyaman dan mengganggu tidur. Lantas, bolehkah makan buah di malam hari? Simak penjelasan berikut supaya Anda tidak keluar.

Bolehkah makan buah malam hari?

Tidak ada larangan untuk makan buah di malam hari. Buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, makanan ini tentunya harus dikonsumsi dengan tepat.Makan berat menjelang waktu tidur bisa mengganggu siklus tidur Anda karena tubuh yang seharusnya beristirahat justru bekerja keras untuk mencerna makanan. Apalagi jika Anda mengonsumsi camilan dengan gula olahan, yang dapat menyebabkan tingkat energi tubuh naik dan turun dengan cepat. Oleh sebab itu, makan buah sebelum tidur bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, sebagian besar buah mengandung gula yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. 
buah rendah kalori
Pilih buah yang rendah kalori dan gula
Untuk menghindari lonjakan gula darah dan kelebihan kalori di malam hari, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dalam porsi kecil saja.Sebaliknya, makan buah-buahan tertentu dalam jumlah besar bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Misalnya, jika Anda mengonsumsi buah yang tinggi asam, seperti nanas atau jeruk, terlalu banyak maka bisa meningkatkan asam lambung.Selain itu, sebaiknya konsumsi buah beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga tidak mengganggu tidur Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari lonjakan gula dan pelepasan energi yang mempengaruhi tidur.Jenis buah yang dikonsumsi pun harus diperhatikan. Pilihlah buah yang rendah kalori dan rendah gula, misalnya: 
  • Apel berukuran sedang yang mengandung 95 kalori dan 19 gram gula
  • Pisang berukuran sedang yang mengandung 105 kalori dan 15 gram gula
  • Secangkir stroberi yang mengandung 55 kalori dan 8 gram gula
  • Secangkir semangka yang mengandung 45 kalori dan 10 gram gula.

Manfaat makan buah di malam hari

Berikut adalah manfaat makan buah di malam hari yang dapat Anda nikmati.
  • Mengendalikan berat badan

wanita mengonsumsi buah
Mengonsumsi buah di malam hari membantu menurunkan berat badan
Buah-buahan yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana. Hal ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari camilan tidak sehat.Sebuah studi dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2017 menyatakan bahwa diet tinggi serat dapat membantu seseorang untuk makan lebih sedikit. Alhasil, kalori yang dikonsumsi pun menjadi lebih rendah sehingga mendorong penurunan berat badan.
  • Meningkatkan kesehatan dan vitalitas

Buah-buahan mengandung mikronutrien dan vitamin esensial yang bisa membantu meningkatkan kesehatan maupun vitalitas tubuh. Segudang nutrisi ini bahkan disinyalir bisa menurunkan risiko berbagai penyakit.
  • Menjadikan tidur lebih berkualitas

Sejumlah nutrisi dalam buah-buahan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Misalnya, kandungan kalium dalam pisang mencegah timbulnya kram kaki di malam hari. Sementara itu, buah-buahan yang mengandung magnesium tinggi, seperti aprikot atau kurma, juga dapat membantu tubuh untuk rileks dan mendorong tidur nyenyak. Jika makan buah sebelum tidur menimbulkan ketidaknyamanan di perut atau masalah lainnya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Mengenai waktu terbaik untuk makan buah, sebetulnya tidak ada aturan waktu yang pasti. Buah-buahan adalah asupan sehat dan bergizi yang bisa Anda konsumsi setiap saat. Jadi, tak perlu khawatir jika Anda ingin makan buah di malam hari.Akan tetapi, bagi penderita diabetes sebaiknya tanyakan mengenai aturan khusus pada dokter Anda. Selain itu, konsumsi buah juga harus diimbangi dengan berbagai asupan lainnya sehingga kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makan buah malam hari tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatcamilan sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325253#fruit-for-weight-loss
Diakses pada 16 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-time-eat-fruit#TOC_TITLE_HDR_6
Diakses pada 16 September 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/438682-is-eating-fruit-before-bed-bad/
Diakses pada 16 September 2021
Well and Good. https://www.wellandgood.com/eating-fruit-at-night/
Diakses pada 16 September 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-fruits-at-night-is-it-healthy-for-you/
Diakses pada 16 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait