Bolehkah Keramas Saat Haid? Ini Dia Faktanya

(0)
27 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Keramas saat haid boleh dan aman dilakukanKeramas saat haid justru dapat memperbaiki mood
Ada banyak mitos yang beredar seputar haid atau menstruasi. Salah satu yang menjadi pertanyaan banyak kaum hawa adalah boleh tidaknya keramas saat haid. Sebenarnya, bolehkah keramas saat haid? Simak faktanya di artikel ini.

Bolehkah keramas saat haid?

Keramas saat haid sangat boleh dilakukan. Larangan untuk tidak keramas dan membersihkan rambut saat haid merupakan mitos dan isapan jempol belaka. Tidak ada studi yang melaporkan bahwa mencuci rambut saat sedang ‘datang bulan’ dapat menimbulkan penyakit -  sehingga Anda tetap boleh keramas saat haid.Selain mitos tidak boleh keramas saat haid, ada pula mitos yang beredar bahwa mandi dengan air hangat dapat berbahaya bagi perempuan yang sedang menstruasi. Namun faktanya, Anda tetap boleh mandi, termasuk keramas, walau tengah menjalani fase haid.Mandi dan keramas dengan air dingin juga boleh dilakukan saat haid. Menurut UNICEF, menggunakan air dingin saat haid tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan maupun siklus menstruasi.

Kenapa ada mitos tidak boleh keramas dan mandi saat haid?

Mitos tidak boleh mandi dan keramas dengan air hangat boleh jadi beredar karena dua alasan. Pertama, air hangat dianggap dapat memicu perdarahan. Kedua, penggunaan air saat mandi dipercaya dapat menghentikan perdarahan yang kemudian memicu penyakit.Bagaimana kenyataannya?Memang benar bahwa air hangat dapat melancarkan aliran darah. Namun, hal ini sebenarnya malah dapat bermanfaat untuk meredakan kram perut saat haid serta merilekskan ketegangan pada otot. Perdarahan tidak berhenti saat Anda mandi berendam di dalam air. Namun memang, tekanan dari air disebutkan dapat menghalangi aliran darah keluar dari vagina untuk sementara waktu.Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak boleh keramas dan mandi saat haid. Malahan, mandi dan keramas di periode ini memberikan beragam manfaat kesehatan.

Manfaat mandi dan keramas saat haid

Mandi dan keramas saat haid boleh saja dilakukan. Bahkan, aktivitas ini juga menawarkan beberapa manfaat, misalnya:
  • Membuat badan lebih bersih 
  • Memperbaiki mood dan suasana hati
  • Meredakan gejala-gejala menstruasi yang menyiksa, termasuk merilekskan otot dan meredakan kram
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Berpotensi untuk mengurangi peradangan
  • Berpotensi untuk mengendalikan gula darah

Pertanyaan lain saat haid lain yang penting untuk diketahui faktanya

Selain bolehkah keramas saat haid, pertanyaan berikut juga mungkin sering Anda utarakan:

1. Bolehkah olahraga saat haid?

Berolahraga boleh saja dilakukan saat menstruasi. Bahkan, olahraga teratur berpotensi untuk mengurangi kram yang menyiksa. Mitos bahwa olahraga tak boleh dilakukan mungkin berasal dari anggapan bahwa menstruasi merupakan bentuk “penyakit” - walau sebenarnya periode ini merupakan siklus yang normal terjadi.

2. Bolehkah berhubungan seks saat haid?

Berhubungan seks saat menstruasi boleh dan aman dilakukan. Belum ditemukan risiko kesehatan yang dikaitkan dengan seks saat haid. Bahkan, berhubungan seks di periode ini berpotensi untuk meredakan kram yang Anda alami.Namun memang, berhubungan seks saat haid bersifat subjektif – karena ada beberapa perempuan yang tidak nyaman melakukannya.

3. Bisakah hamil jika berhubungan seks saat haid?

Pembuahan dan kehamilan tetap mungkin terjadi jika Anda berhubungan seks saat menstruasi. Puncak masa subur atau ovulasi untuk hamil memang biasanya terjadi setelah periode haid. Namun, jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur atau darah keluar lebih lama dibanding rata-rata, jendela masa subur bisa beriringan dengan periode haid.

Catatan dari SehatQ

Untuk menjawab bolehkah keramas saat haid, jawabannya adalah boleh dan aman dilakukan. Bahkan, mandi dan keramas saat haid menawarkan beragam manfaat, termasuk memperbaiki mood, meredakan kram perut, dan merilekskan otot.
siklus haidhaidmenstruasibedah mitoskram menstruasimandi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324403
Diakses pada 11 September 2020
UNICEF. https://www.unicef.org/timorleste/sites/unicef.org.timorleste/files/2019-03/Menstrual%20Hygiene%20Management%20-%20English_0.pdf
Diakses pada 11 September 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/period-myths-2721944
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait