Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang? Ini Sederet Manfaatnya


Manfaat tidur siang untuk ibu hamil antara lain membantu memperbaiki kualitas tidur. Terlebih, selama hamil terjadi perubahan fisik pada ibu hamil yang bisa memengaruhi kualitas tidurnya di malam hari.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
tidur siang saat hamilTidur siang saat hamil dapat membantu memperbaiki kualitas tidur
Perubahan fisik selama kehamilan bisa menimbulkan berbagai keluhan, termasuk gangguan tidur di malam hari. Hal ini memungkinkan ibu tidur siang saat hamil. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil tidur siang? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Bolehkah ibu hamil tidur siang?

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidur siang. Malah kegiatan ini mendatangkan manfaat bagi kehamilan.Kehamilan sering kali menimbulkan keluhan yang mengganggu waktu tidur di malam hari. Dengan tidur siang, kebutuhan waktu tidur ibu hamil dapat tercukupi. Hal ini tentu bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut ini beberapa manfaat tidur siang saat hamil yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Mengatasi kelelahan

Kelelahan merupakan gejala utama kehamilan yang bisa terjadi selama hampir 9 bulan hingga melahirkan. Perubahan hormonal, perubahan fisik, dan kondisi tertentu selama kehamilan turut mengakibatkan kelelahan pada ibu hamilTidur siang bisa menjadi solusi mengatasi kelelahan saat hamil. 

2. Menurunkan risiko BBLR 

BBLR atau berat badan bayi lahir rendah merupakan kondisi kesehatan serius karena bisa meningkatkan risiko kesakitan dan kematian bayi, serta gagal tumbuhSebuah penelitian dalam jurnal Sleep Medicine menyatakan bahwa tidur siang yang tepat mampu mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR)

3. Mencegah preeklampsia 

Kurang tidur di malam hari sering dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang bisa memicu komplikasi kehamilanKurang tidur, terutama di trimester pertama, diketahui berhubungan erat dengan peningkatan tekanan darah pada trimester ketiga. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu dan janin karena bisa menyebabkan preeklampsia. Dengan tidur siang, diharapkan kebutuhan waktu tidur pada ibu hamil dapat tercukupi dengan baik. 

4. Meningkatkan suasana hati dan mengatasi stres

Kondisi kurang tidur juga dikaitkan dengan tingkat depresi dan stres pada seseorang, termasuk pada ibu hamil. Jika Anda merasa sedih atau stres saat hamil, cobalah untuk tidur siang sejenak untuk membangkitkan semangat dan memperbaiki suasana hati. Para ahli menyatakan bahwa relaksasi dengan berbaring atau beristirahat merupakan moodbooster yang ampuh. BACA JUGA: Mengapa Ibu Hamil Sensitif dan Mudah Menangis?

5. Menjaga kesehatan jantung 

Tidur di siang hari diketahui dapat membantu jantung berdetak dengan normal. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengalami tekanan mental dan tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Jadi, tidur siang bisa menjadi sarana untuk membuat tubuh Anda rileks atau pulih dari kondisi atau tekanan aktivitas di siang hari.Hal ini tentu bermanfaat bagi ibu hamil yang memiliki risiko untuk mengalami peningkatan tekanan darah dan kondisi stres selama kehamilan. 

6. Mengatasi insomnia

Siapa sangka, tidur siang bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tidur selama 30 menit, antara pukul 1-3 sore yang dikombinasikan dengan peregangan di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur malam. Ini juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan fisik dan mental ibu hamil.  

Jam berapa ibu hamil boleh tidur siang? 

Waktu terbaik untuk ibu hamil tidur siang adalah antara pukul 2-3 sore. Namun, kondisi ini biasanya disesuaikan dengan kondisi Anda. Anda juga dianjurkan untuk tidak terlalu lama tidur siang, yakni sekitar 10-30 menit agar tidak sulit tidur di malam harinya. Selain pemilihan waktu yang tepat, ini dia beberapa tips pola tidur yang sehat bagi ibu hamil:
  • Kondisikan kamar tidur yang rapi, bersih, nyaman, dan tenang
  • Gunakan lampu yang redup 
  • Usahakan tidur miring ke kiri untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah tekanan pada rahim 
  • Gunakan bra atau pakaian yang longgar saat tidur 
  • Hindari penggunaan gadget sebelum tidur 
  • Lakukan hal-hal yang menenangkan untuk membuat tidur lebih nyaman, seperti mandi air hangat atau meditasi 
  • Hindari makan sebelum tidur 
  • Hindari kafein dan cairan lain sebelum tidur
  • Cukup minum air putih di siang hari
  • Jika perlu gunakan alat penutup telinga atau penutup mata ketika tidur
  • Tidur siang tidak terlalu lama
BACA JUGA: Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Tidur

Catatan dari SehatQ

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk mengistirahatkan dan memulihkan tubuh dari beragam aktivitas. Hal ini tak terkecuali bagi ibu hamil. Pada masa kehamilan, perubahan fisik, hormonal, dan kondisi tertentu bisa menyebabkan keluhan dan gangguan tidur di malam hari. Hal ini menyebabkan ibu hamil tidak cukup waktu tidur yang bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan ibu dan janin. Tidur siang dengan waktu dan durasi yang tepat bisa menjadi solusi mencukupi kebutuhan waktu tidur ibu hamil.Jika masih ada pertanyaan seputar bolehkah ibu hamil tidur siang, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
menjaga kehamilankehamilanposisi tidur ibu hamil
Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/pregnancy/sleeping-during-1st-trimester
Diakses pada 8 November 2021
Sleep Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29857289/
Diakses pada 8 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-of-napping
Diakses pada 8 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/baby/coping-with-pregnancy-fatigue#1
Diakses pada 8 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait