Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Ini yang Harus Diperhatikan


Bolehkah ibu hamil makan ikan asin? Rupanya boleh, tapi porsinya terbatas. Kandungan garam pada ikan asin yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko preeklampsia.

(0)
Bolehkah ibu hamil makan ikan asin? Tentu boleh, asal terbatasBolehkah ibu hamil makan ikan asin? Tentunya boleh, asal jumlahnya dibatasi
Bolehkah ibu hamil makan ikan asin? Pertanyaan ini kerap muncul saat memilih asupan makanan sehat untuk ibu hamilIkan asin diolah dengan cara mengawetkannya dalam larutan garam untuk kemudian dikeringkan.Lantas, apakah ikan asin untuk ibu hamil aman dikonsumsi?

Bolehkah ibu hamil makan ikan asin?

Konsumsi ikan asin sebaiknya dibatasi karena tinggi kadar natrium
Konsumsi ikan asin sebaiknya dibatasi karena tinggi kadar natrium
Ibu hamil boleh makan ikan asin, tapi sebaiknya dibatasi karena ikan asin tinggi garam.Menurut Knowledge based Resources Information Systems Hub for Innovation in Agriculture India, proses pengolahannya bisa membuat ikan asin mengandung hingga 6-10% kadar garam atau natrium.Kadar garam dalam 100 gram ikan asin pun bisa berbeda-beda tergantung jenis ikan yang dipakai. Berikut adalah jumlah natrium yang terkandung dalam beberapa jenis ikan asin populer di Indonesia berdasarkan penelitian yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes):
  • 100 gram ikan asin sepat: 8,1 gram
  • 100 gram ikan asin peda putih: 7,1 gram
  • 100 gram ikan asin gabus: 6,4 gram
  • 100 gram ikan teri cue: 6 gram
  • 100 gram ikan asin peda merah: 5,2 gram
  • 100 gram ikan dendeng japuh: 4,5 gram
  • 100 gram cumi asin 4,4, gram
  • 100 gram ikan asin japuh ketan: 4,3 gram
  • 100 gram ikan teri medan: 3,6 gram
  • 100 gram ikan asin jambrong: 2,5 gram
Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) dari Kemenkes, kebutuhan garam harian untuk ibu hamil usia 19-49 tahun hanya sebesar 1.500 mg atau setara dengan 1,5 gram per hari.Hal ini berarti, mengonsumsi sebanyak 100 gram ikan asin dalam sehari sudah melampaui batas asupan natrium harian untuk ibu hamil.Di samping itu, proses pengolahan ikan asin dapat membuat kandungan omega-3 dalam ikan berkurang.Padahal, omega-3 dapat sangat berguna untuk mengurangi risiko kelahiran prematur, mengurangi depresi pada ibu hamil, hingga menambah berat badan janin.

Risiko konsumsi ikan asin untuk ibu hamil terlalu banyak

Terlalu banyak makan ikan asin berisiko alami tekanan darah tinggi saat hamil
Terlalu banyak makan ikan asin berisiko alami tekanan darah tinggi saat hamil
Asupan natrium berlebih dapat menimbulkan beragam risiko tak hanya bagi kesehatan ibu hamil sendiri, tapi juga komplikasi pada kehamilan.Dalam jangka panjang, konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi dalam kehamilan. Bahkan, penelitian dari jurnal Hypertension menemukan bahwa risiko preeklampsia dapat meningkat jika ibu hamil mengonsumsi garam sebanyak 6 gram per hari. Preeklampsia adalah peningkatan tekanan darah terlampau tinggi pada masa kehamilan, yang bia menyebabkan kerusakan pada organ hati (liver) atau ginjal.Pada ibu dan bayi dalam kandungan, preeklamsia dapat menyebabkan:

Ikan yang disarankan untuk ibu hamil

Alih-alih ikan asin, ikan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah ikan lele
Alih-alih ikan asin, ikan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah ikan lele
Ketimbang ikan asin, ada beragam ikan lain yang justru lebih direkomendasikan untuk ibu hamil karena menyehatkan.Beberapa ikan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah:
  • Ikan salmon
  • Sarden
  • Nila
  • Ikan kod
  • Ikan kembung
  • Lele.
Ikan-ikan di atas lebih dianjurkan karena selain tinggi omega-3, ikan ini juga rendah merkuri. Kontaminasi merkuri dalam ikan-ikan tertentu dapat merusak perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan.  Agar semakin aman, Anda sebaiknya menghindari olahan seafood mentah, seperti sushi, sashimi, atau makanan laut mentah yang didinginkan.Selain itu, masak seafood sampai matang setidaknya dengan panas suhu 63 derajat celcius untuk menghindari risiko paparan infeksi dari bakteri, virus, maupun parasit.Tanda ikan yang sudah matang adalah ketika daging terlihat terpisah dan tidak lagi transparan sepenuhnya.Selain itu, ibu hamil tidak disarankan memakan ikan asin asap yang tidak dikemas dalam bentuk kaleng. Sebab, ikan asin tersebut kemungkinan mengandung bakteri Listeria yang sama berbahayanya bagi ibu dan janin. Serta Anda disarankan mengolahnya jangan terlalu banyak garam, gula dan MSG. 

Catatan dari SehatQ

Memilih makanan dengan saksama adalah langkah yang perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil untuk mencapai kehamilan yang sehat.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut soal rekomendasi dan pantangan makanan saat hamil serta pengaturan porsinya, konsultasikan dengan dokter kandungan maupun ahli gizi terdekat.Anda juga bisa chat langsung dengan dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamilkehamilanmasalah kehamilanmakanan untuk hamilibu hamil
Knowledge based Resources Information Systems Hub for Innovation in Agriculture India. https://krishi.icar.gov.in/jspui/bitstream/123456789/20503/1/Drying%20and%20salting%20of%20fish.pdf Diakses pada 15 April 2021Kementerian Kesehatan. http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/pgm/article/download/1956/2546 Diakses pada 15 April 2021Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf Diakses pada 15 April 2021Hypertension. https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/HYPERTENSIONAHA.119.12924 Diakses pada 15 April 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/preeclampsia Diakses pada 15 April 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745 Diakses pada 15 April 2021Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2009/11/091117161004.htm Diakses pada 15 April 2021American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/omega-3-fish-oil-and-pregnancy-986/ Diakses pada 15 April 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-fish/art-20044185 Diakses pada 15 April 2021BetterHealth Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/mercury-in-fish Diakses pada 15 April 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-fish/art-20044185 Diakses pada 15 April 2021Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/is-it-safe-for-pregnant-women-to-eat-fish-2507630 Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait