Bolehkah Cuci Muka dengan Sabun?


Mencuci wajah dengan sabun mandi sebenarnya boleh saja. Namun harus dilakukan dengan sabun mandi yang tidak mengandung pewangi dan hypoallergenic. Di samping itu, harus mengandung zat yang melembapkan.

0,0
19 Aug 2021|Azelia Trifiana
Sebaiknya mencuci muka dengan sabun wajahSebaiknya mencuci muka dengan sabun wajah
Setidaknya dua kali sehari, tentu setiap dari kita dianjurkan mencuci muka. Ada yang punya sabun cuci muka andalan, ada yang mengawalinya dengan memakai krim pembersih, ada pula yang cuci muka dengan sabun mandi batangan. Sayangnya, cara terakhir berisiko membuat kulit menjadi kering.Apa alasannya? Sebab, sebagian besar sabun badan atau sabun batangan tidak didesain untuk wajah. Mengingat kulit wajah lebih tipis dan sensitif, ada kemungkinan terjadi iritasi.

Manfaat cuci muka dengan sabun mandi

Apapun aktivitas Anda, mencuci muka sangat krusial untuk memastikan polutan dari udara hingga keringat bisa terangkat. Tujuannya tentu agar kotoran ini tidak menyumbat pori-pori yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat dan kulit kemerahan.Sebelum masuk ke efek negatif cuci muka dengan sabun batangan, sebenarnya ada keuntungan dari melakukan hal ini. Asalkan, formula sabunnya memang untuk wajah. Bahkan, jenis sabun seperti ini bisa jadi lebih lembut pada kulit sensitif.Syaratnya selain membaca kandungan pada kemasan, tentu dengan mencari sabun batangan yang tidak mengandung pewangi, hypoallergenic, dan mengandung zat yang melembapkan, seperti:
  • Ceramide
  • Gliserin
  • Asam hyaluronic
  • Niacinamide

Efek samping cuci muka dengan sabun

Di sisi lain, hindari produk sabun batangan yang mengandung zat seperti paraben, pewangi, lanolin, dan formaldehyde. Sebab, sabun batang tradisional dengan kandungan semacam itu bukanlah pilihan bijak untuk cuci muka.Apa sebabnya?
  • Sabun batang diberi pewangi

Sering kali, sabun batang diproses dengan menambahkan pewangi dan juga pewarna. Sayangnya, zat semacam ini dapat menyebabkan kulit wajah sensitif mengalami iritasi. Tanda-tandanya adalah kulit tampak kemerahan, gatal, atau kusam.
  • Bersifat abrasif

Mengaplikasikan langsung sabun batangan ke wajah dapat menyebabkan kulit iritasi dan juga bersifat abrasif. Padahal idealnya, sabun cuci muka menggunakan formula yang lembut dan tidak terlalu keras.
  • Menimbulkan efek kering

Tidak sedikit orang yang merasakan kulit wajahnya menjadi kering setelah cuci muka dengan sabun badan. Sebab, sebagian besar sabun batangan di pasaran tidak mengandung zat pelembap. Justru sebaliknya, sabun ini bisa menghilangkan kelembapan alami kulit.
  • Sulit meratakan ke seluruh wajah

Sabun cuci muka khusus dengan formula gel atau cair tentu lebih mudah diaplikasikan merata ke seluruh wajah hingga leher. Bandingkan dengan sabun batangan dengan bentuk dan ukuran yang kurang ergonomis. Besar kemungkinan justru ada bagian wajah yang terlewat.Secara umum, sabun mandi batangan terlalu keras untuk diaplikasikan ke kulit wajah yang lembut. Selain itu, sebagian besar sabun badan memiliki nilai pH tinggi. Memang baik untuk mengangkat kotoran di seluruh tubuh, namun terlalu keras untuk kulit wajah yang cukup tipis.

Apa sabun yang tepat?

sabun muka
Gunakan sabun wajah untuk hasil lebih maksimal
Jika selama ini masih cuci muka dengan sabun badan biasa, ada baiknya mencari alternatifnya. Tak harus mahal, banyak pilihan sabun cuci muka yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.Beberapa jenisnya adalah:
  • Pembersih krim

Bagi yang khawatir apakah wajah mendapat kelembapan yang cukup, maka pembersih krim atau cream cleanser adalah pilihan tepat. Sebab, pembersih dengan tekstur kental ini lembut dan mengandung zat melembapkan. Sangat cocok bagi mereka dengan kulit kering dan sensitif.
  • Pembersih foam

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, foam cleanser juga layak dicoba. Biasanya ketika digunakan, sabun ini akan membentuk busa dan bisa membersihkan wajah dari endapan minyak.
  • Pembersih clay

Pilihan sabun yang satu ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Sebab, cara kerjanya adalah dengan menyerap kelebihan minyak sekaligus membersihkan pori-pori. Jadi, cocok bagi yang kulitnya rentan berjerawat atau berminyak.
  • Pembersih gel

Dengan konsistensi seperti gel, sabun cuci muka jenis ini juga menjadi favorit banyak orang. Cara kerjanya adalah membersihkan pori-pori sekaligus membersihkan kulit dari minyak. Sangat cocok bagi yang punya kulit berminyak atau mudah berjerawat.
  • Pembersih oil

Dengan tekstur seperti minyak, biasanya oil cleanser digunakan dalam tahapan first cleanser atau sebelum cuci muka dengan sabun. Cairan ini sangat ampuh membersihkan pori-pori hingga membersihkan makeup. Jenis pembersih ini umumnya cocok untuk orang dengan segala jenis kulit.

Catatan dari SehatQ

Selalu ingat bahwa kulit wajah dan badan berbeda. Kulit wajah cenderung lebih lembut sehingga perlu menggunakan sabun yang lembut serta pH-nya rendah. Ada banyak pilihan, tinggal disesuaikan dengan jenis kulit, harga, serta kandungannya.Bukannya praktis, cuci muka dengan sabun batangan justru bisa menimbulkan iritasi dan membuat kelembapan alami kulit hilang. Jadi, pastikan memilih sabun yang memang secara spesifik didesain untuk kulit wajah.Ketika membasuh wajah, lakukan pijatan dengan arah memutar. Baru bilas dengan air hangat. Saat mengeringkan, jangan menggosok terlalu kencang dengan handuk. Sebaiknya tekan perlahan dengan handuk lembut.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kandungan sabun cuci muka yang bisa melembapkan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/bar-soap-on-face
Diakses pada 5 Agustus 2021
Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088928/
Diakses pada 5 Agustus 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101
Diakses pada 5 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait