Bokong Gatal Bentol Bikin Tak Nyaman, Kenali Pemicunya

(0)
04 Oct 2020|Azelia Trifiana
Ketahui berbagai penyebab bokong gatalBokong gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal
Bokong gatal bentol biasanya menjadi indikasi masalah seperti infeksi virus dan jamur. Bisa juga, ruam di bokong muncul sebagai reaksi alergi. Sebagian besar kondisi ini akan mereda dengan sendirinya namun jika cukup parah, perlu penanganan medis.Selain memunculkan ruam, bokong gatal bentol juga bisa menyebabkan luka terbuka, keluar cairan, hingga kulit yang kering dan pecah-pecah.

Gejala ruam di bokong

Selain bokong gatal bentol, gejala lain munculnya ruam di bokong adalah:
  • Muncul benjolan kecil berwarna kemerahan
  • Luka terbuka di dekat anus
  • Rasa gatal yang semakin parah jika digaruk
  • Kulit berwarna kemerahan dan iritasi
  • Luka terbuka yang mengeluarkan cairan
  • Kulit pecah-pecah di bokong
  • Rasa nyeri dan gatal di sekitar anus
  • Ruam yang sakit jika tersentuh
Jika merasakan gejala-gejala di atas dan tidak sembuh hingga beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab bokong gatal bentol

Beberapa penyebab bokong gatal bentol di antaranya:

1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah jenis ruam yang umum terjadi. Pemicunya adalah kulit kontak langsung dengan substansi yang menyebabkan iritasi, misalnya kain celana dalam baru. Beberapa jenis kontak dermatitis akan langsung menyebabkan bokong gatal bentol, namun terkadang baru muncul beberapa hari kemudian.Gejala yang muncul pada kasus dermatitis kontak adalah kulit merah dan bengkak, rasa gatal, kulit kering, muncul luka terbuka, hingga sensasi terbakar di kulit.Pemicu terjadinya dermatitis kontak bisa berupa tanaman, konsumsi obat, bahan kimia seperti pada kosmetik dan parfum, produk pembersih, juga pestisida.

2. Dermatitis atopik

Dikenal dengan eksim, dermatitis atopik adalah masalah kulit kronis yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan kering. Eksim tak hanya bisa terjadi pada bayi dan anak-anak, tapi pada usia berapapun. Selain di lipatan bokong, eksim juga bisa muncul di wajah, siku, tangan, dan kaki.Gejala dermatitis atopik meliputi kulit kering, merah, dan gatal. Ketika digaruk, kulit yang mengalami eksim bisa mengeluarkan cairan. Semakin sering digaruk, kulit akan menjadi kemerahan dan membengkak semakin parah.

3. Ruam panas

Orang lebih akrab menyebut kondisi ini sebagai biang keringat. Seperti namanya, ruam panas terjadi ketika seseorang berkeringat terlalu banyak akibat cuaca. Saat keringat terperangkap di bawah kulit, pori-pori menjadi tersumbat dan muncul jerawat atau benjolan kecil.Biang keringat ini rentan muncul di bagian tubuh yang kerap mengalami gesekan antar-kulit seperti paha dalam atau bokong. Jerawat kecil ini akan menimbulkan rasa gatal.

4. Herpes kelamin

Herpes kelamin atau genital herpes adalah penularan virus yang bisa menyebabkan bokong gatal bentol. Herpes menular lewat kontak seksual mulai dari vaginal, oral, dan juga seks anal.Gejala herpes akan muncul di tempat infeksi masuk ke tubuh, namun rentan menyebar terutama jika sering digaruk. Selain rasa gatal, akan muncul benjolan merah bahkan luka terbuka yang rentan berdarah.

5. Keratosis pilaris

Keratosis pilaris terjadi karena penumpukan keratin di kulit. Keratin ini merupakan protein yang melindungi kulit dari infeksi dan substansi berbahaya. Pada penderitanya, keratin justru menyebabkan folikel rambut tersumbat. Akibatnya, kulit menjadi kasar dan terasa seperti pasir saat disentuh.

6. Intertrigo

Intertrigo adalah iritasi kulit yang disebabkan oleh gesekan terus menerus di bagian lipatan kulit bokong. Ketika area kulit di lipatan yang cenderung lembap dan hangat terjadi iritasi, maka rentan ditumbuhi bakteri dan jamur. Gejala intertrigo menyebabkan rasa gatal, nyeri, dan kasar. Jika parah, luka ini juga bisa mengeluarkan darah.

7. Ringworm

Bisa menyebabkan kulit gatal merah, ringworm adalah infeksi jamur yang kerap terjadi di bokong, paha dalam, dan kelamin. Ciri khasnya adalah ruam berbentuk lingkaran. Ruam ini akan terasa gatal dan membuat kulit kering. Terkadang, penderitanya juga mengalami kerontokan rambut.

8. Inkontinensia

Ketidakmampuan menahan buang air kecil dan buang air besar secara tidak langsung juga bisa menyebabkan bokong gatal bentol. Utamanya pada lansia yang harus terus berbaring, memakai kursi roda, atau mengenakan popok.Kondisi yang terlalu lembap di bokong dan paha menyebabkan jamur dan bakteri rentan muncul. Ruam ini akan disertai iritasi, kulit tampak kemerahan, kulit mengelupas, dan tekstur kulit kasar.

Cara penanganan bokong gatal bentol

Bergantung pada pemicunya, ada beberapa cara penanganan bokong gatal bentol yang bisa dilakukan sendiri maupun dengan intervensi medis. Contohnya adalah:
  • Mengaplikasikan pelembap tanpa parfum yang aman di kulit yang mengalami ruam
  • Krim hidrokortison atau krim antijamur bergantung pada penyebab ruam
  • Krim antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri
  • Antihistamin untuk meredakan reaksi alergi dan mengurangi gatal
  • Obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

Catatan dari SehatQ

Selalu menjaga kebersihan serta memastikan area sekitar bokong kering juga dapat mencegah munculnya ruam. Selain itu, pastikan selalu mengganti pakaian jika berkeringat dan tidak menggunakan kembali pakaian kotor.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah kulit maupun ruam yang menimbulkan rasa tak nyaman, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gatalkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/butt-rash
Diakses pada 19 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321540
https://greatist.com/health/rash-on-butt
Greatist. https://greatist.com/health/rash-on-butt
https://greatist.com/health/rash-on-butt
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait