Body Butter Vs Body Lotion, Mana yang Lebih Bagus dan Apa Bedanya?

Body butter beda dengan body lotion, karena bisa buat kulit lembap lebih lama
Body butter lebih cocok untuk kamu yang berkulit kering

Untuk kamu yang berkulit kering, body butter dan body lotion sepertinya sudah jadi senjata wajib yang tak boleh ditinggalkan. Keduanya memang bisa membuat kulit terlihat lebih lembap dan bahkan sering digunakan silih berganti. Namun sebenarnya, keduanya punya perbedaan. Apa saja ya?

Perbedaan body butter dan body lotion

Lotion memiliki tekstur yang lebih ringan dibanding body butter
Lotion teksturnya lebih ringan dibanding body butter

Seperti namanya, body butter memiliki tekstur yang pekat seperti butter atau mentega. Produk ini juga biasanya mengandung berbagai bahan pelembap, mulai dari minyak alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, serta shea butter. Body butter lebih cocok digunakan untuk para pemilik kulit kering bahkan sangat kering.

Sementara itu, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan. Kandungan minyak di dalamnya pun tidak terlalu banyak dan cocok untuk digunakan semua jenis kulit. Namun, kelembapan yang diberikan body lotion rata-rata tidak bisa bertahan lama. Jadi, untuk mempertahankannya, kamu harus mengoleskannya berulang kali ke kulit.

Body butter butter biasanya lebih cocok untuk dipakai saat cuaca dingin. Sebenarnya, produk ini juga bisa digunakan saat cuaca panas. Namun karena teksturnya lebih pekat, sebagian orang menilai body butter jadi terasa lebih berat di kulit.

Manfaat body butter untuk kulit

Body butter efektif untuk lembapkan kulit
Body butter akan membuat kulit menjadi halus dan lembap

Apakah kamu perlu menggunakan body butter? Tentu, jawabannya tergantung dari kondisi kulit masing-masing. Namun yang jelas, body butter bisa memberikan berbagai manfaat di bawah ini untuk kulit.

1. Melembapkan dan menghidrasi kulit

Saat dioleskan ke kulit, body butter akan mulai membentuk lapisan di atas kulit, yang akan mengunci kelembapan di kulit. Jadi, kulit akan terus lembap meski kamu sudah melewati hari yang panjang, termasuk di cuaca yang tak menentu.

2. Melindungi kulit

Selain bisa mengunci kelembapan, lapisan yang terbentuk setelah kamu mengoleskan body butter ke kulit juga akan melindungi permukaan kulit dari radikal bebas, debu, ataupun komponen berbahaya lain yang kerap ada di udara perkotaan dengan tingkat polusi tinggi.

3. Menghaluskan kulit

Tidak hanya sebagai pelembap, body butter juga akan membuat kulitmu terasa lebih halus, GenQ. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan essential oil ataupun butter yang terdapat di dalam produk ini.

Cara pakai body butter

Body butter untuk kaki
Oleskan body butter ke seluruh permukaan tubuh yang kering

Jangan hanya oles asal-asalan kalau kamu ingin merasakan manfaat body butter dengan maksimal. Berikut ini cara yang efektif untuk mengoleskan body butter ke kulit, berdasarkan waktu dan lokasi penggunaan.

• Waktu penggunaan

Oleskan body butter di waktu-waktu terbaik, yaitu setelah mandi pagi dan sore, serta sebelum tidur. Setelah mandi, pori-pori kita masih dalam kondisi terbuka. Dengan demikian, body butter bisa terserap lebih efektif oleh kulit dan mampu mengunci kelembapan kulit secara lebih efektif. Sementara itu, saat menjelang tidur merupakan waktu regenerasi bagi sel-sel kulit.

• Lokasi penggunaan di kulit

Oleskan body butter di semua bagian tubuh yang kering, seperti siku, lutut, dan kaki. Selain itu, gunakan body butter juga di area kulit dengan bekas luka atau stretch mark. Sebab, body butter ternyata bisa menyamarkan keduanya dan menunjang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan body butter

Jadi, kamu lebih tertarik menggunakan body butter? Tunggu dulu. Soalnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai penggunaan produk ini, seperti:

  • Body butter bisa memicu breakout jerawat jika digunakan pada kulit berminyak
  • Hindari penggunaan body butter yang mengandung lanolin.
  • Pastikan bahan-bahan yang terkandung di body butter tidak membuat alergi.
  • Body butter yang mengandung silikon dan dimethicone bisa menyumbat pori-pori.

Ada banyak jenis body butter yang bisa kamua pilih, mulai dari yang beraroma buah hingga cokelat. Namun ingat, jangan hanya memilih berdasarkan aroma ya, GenQ. Perhatikan juga bahan baku body butter yang kamu pilih. Jangan sampai, kulit lembap dan indah yang kamu impikan malah tidak tercapai karena bahan berbahaya di dalam body butter.

Our Everyday Life. https://oureverydaylife.com/279304-the-difference-between-body-butter-lotion.html
Diakses pada 10 Maret 2020

Healthy Diet Base. https://www.healthydietbase.com/the-beauty-benefits-of-body-butter/
Diakses pada 10 Maret 2020

The Body Shop. https://www.thebodyshop.co.id/blog/ketahui-apa-itu-body-butter-dan-cara-menggunakannya
Diakses pada 10 Maret 2020

Skin Scouts. https://skinscouts.com/everything-you-need-to-know-about-body-butter/
Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait