Bleaching Rambut Adalah Prosedur yang Berisiko, Amankah Dilakukan Sendiri?


Bleaching rambut merupakan prosedur yang cukup berisiko merusak kesehatan rambut. Oleh karena itu pastikan Anda menyerahkan pada ahlinya.

0,0
04 Mar 2021|Azelia Trifiana
Proses bleaching rambut akan lebih aman jika dilakukan oleh ahlinyaProses bleaching rambut akan lebih aman jika dilakukan oleh ahlinya
Bagi yang hobi bereksperimen, bleaching rambut adalah hal yang tak asing lagi. Bisa dilakukan di salon bersama terapis berpengalaman, bisa juga sendiri di rumah. Jika memutuskan untuk mencoba sendiri di rumah, pastikan sudah tahu cara melakukannya, termasuk efek samping yang menyertai.
Selain itu, perhitungkan pula faktor lain seperti jenis rambut. Berbeda kondisi, akan lain pula bagaimana proses ini memberikan dampak. Ini turut berpengaruh pada jarak waktu mewarnai rambut setelah bleaching, apakah bisa langsung diaplikasikan atau perlu menunggu terlebih dahulu.

Apa itu proses bleaching rambut?

Bleaching rambut adalah proses yang cukup agresif. Bagaimana tidak, saat melakukannya maka lapisan terluar rambut akan dibuka. Tujuannya adalah agar warna asli atau melaninnya memudar.Semakin lama prosedur ini dilakukan, akan semakin banyak keratin yang hancur. Umumnya, produk untuk bleaching mengandung amonia dan hidrogen peroksida. Bahkan hingga kini, belum ada produk alternatif yang dapat mengurangi kerusakan pada rambut.Parahnya lagi, ada mitos atau anggapan bahwa semakin lama mengaplikasikan produk bleach ke rambut, akan semakin bagus hasilnya. Ini salah besar.Waktu terlama untuk mengaplikasikan produk ini ke rambut adalah 30 menit. Lebih dari itu, ada risiko terjadinya masalah pada rambut.

Bagaimana proses bleaching rambut?

Sebelum berbicara tentang efek sampingnya, berapa lama bleaching rambut harus disesuaikan dengan kondisi rambut masing-masing. Berbeda tekstur dan warna rambut, akan lain pula rekomendasi lama penggunaannya.Berikut penjelasannya:
  • Rambut berwarna gelap: 30 menit, direkomendasikan dalam sesi yang berbeda
  • Rambut tipis: 10-15 menit karena lapisan terluar rambutnya lebih tipis
  • Rambut tebal: 30 menit karena perlu waktu lebih lama agar hasilnya efektif
  • Rambut blonde: 15-20 menit
Selain faktor di atas, hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah warna cat apa yang akan diaplikasikan. Tak hanya itu, apakah rambut baru pertama kali melewati prosedur ini atau sudah pernah sebelumnya juga menjadi pertimbangan.Ketika melakukan bleaching, lakukan beberapa hal seperti:
  • Perhatikan tingkatan warna rambut dengan memeriksanya setelah 10 menit, kemudian setiap 5 menit berikutnya hingga sampai 30 menit
  • Apabila hasilnya belum terlihat setelah 30 menit, bilas rambut dan mulai dari awal
  • Jangan pernah bleach rambut lebih dari 60 menit
Sebenarnya, jarak waktu mewarnai setelah bleaching bisa dilakukan saat itu juga. Namun syaratnya, warna cat yang diaplikasikan tidak jauh berbeda dengan warna rambut setelah bleaching.Gunakan air dingin karena suhu rendah membantu menutup lapisan terluar rambut lebih cepat sehingga warna cat rambut bisa lebih merata.Meski demikian, ingat pula bahwa rambut perlu waktu setelah terpapar produk bleach. Tak ada salahnya memberi waktu 3-4 hari sebelum melakukan prosedur cat rambut yang juga agresif bagi rambut.Apabila ragu dengan berapa lama waktu yang diperlukan namun ingin melakukannya sendiri di rumah, lakukan riset terlebih dahulu.

Apa saja efek sampingnya?

Pada dasarnya, bleaching rambut adalah prosedur yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Utamanya apabila rambut sudah pernah diluruskan atau melewati prosedur kimiawi lainnya, bleaching sebaiknya dihindari betul.Beberapa hal yang bisa menjadi efek samping dari prosedur ini di antaranya:
  • Hilang pigmen

Proses bleaching sama saja dengan menghilangkan warna alami rambut sehingga berwarna cerah atau putih. Proses oksidasi inilah yang membuat rambut berwarna putih. Risiko ini meningkat apabila proses bleaching dilakukan seorang diri alias DIY.
  • Rambut lebih lemah

Menurut sebuah studi dari Chonnam National University of Gwangju di Korea Selatan pada tahun 2010 lalu, diketahui bahwa rambut menjadi jauh lebih lemah setelah bleaching. Bahkan, kulit kepala atau pundak yang terkena produknya tanpa sengaja juga bisa ikut terpengaruh.Bukan hanya itu, rambut juga menjadi berpori. Artinya, helai rambut kian sulit menjaga kelembapannya. Bisa saja, ini akan berakibat pada rapuhnya akar rambut.
  • Hilang keratin

Selain pigmen, ada efek samping lebih serius dari prosedur ini yaitu hilangnya keratin. Ini adalah jenis protein yang membentuk rambut. Tanpa adanya keratin, struktur rambut menjadi kasar dan sulit diatur. Terlebih, sangatlah sulit mencegah kerusakan keratin ketika melakukan proses bleaching.Tentu melakukan proses bleaching rambut sendiri di rumah berarti tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Meski demikian, tidak ada pihak profesional yang memantau tiap proses secara saksama dan detail.Terapis di salon sudah sangat terbiasa melakukan proses ini sehingga risiko terjadinya kesalahan bisa ditekan. Namun, sangatlah berbeda apabila dilakukan sendiri. Bisa saja hasilnya tidak sesuai ekspektasi.

Perhitungkan pula bahwa Anda akan terpapar produk kimia yang cukup intens. Kadar pH dari produk bleach sekitar 11-12. Apabila digunakan dengan cara yang kurang tepat, sangat mungkin menyebabkan kerusakan rambut.Jadi, selalu riset dan ketahui cara penggunaannya dengan tepat. Termasuk bagaimana melakukan perawatan rambut setelah bleaching. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar prosedur ini, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikankesehatan rambutpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-long-to-leave-bleach-on-hair#other-precautions
Diakses pada 18 Februari 2021
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20860738/
Diakses pada 18 Februari 2021
Allure. https://www.allure.com/story/how-to-bleach-hair-at-home
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait