logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Blackheads (Komedo Hitam), Simak Penyebab dan Cara Menghilangkannya

open-summary

Komedo hitam atau blackheads adalah jenis komedo ini berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit akibat penyumbatan folikel rambut. Umumnya, hidung menjadi tempat favorit bagi komedo tumbuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai perawatan rumahan hingga pengobatan secara medis.


close-summary

3.67

(12)

29 Jul 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Komedo hitam atau blackhead adalah salah satu masalah kecantikan yang dianggap dapat mengganggu penampilan

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung bisa dilakukan dengan perawatan dari dokter

Table of Content

  • Apa itu blackheads (komedo hitam)?
  • Penyebab komedo hitam dan faktor risikonya
  • Cara menghilangkan komedo hitam dengan perawatan di rumah
  • Cara menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan dokter
  • Cara mencegah munculnya komedo hitam di wajah

Komedo hitam atau blackheads adalah salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan. Meski bukan kondisi kulit yang serius, banyak orang merasa tidak percaya diri apabila mengalami komedo hitam. Jika ingin tahu cara menghilangkan komedo hitam, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Advertisement

Apa itu blackheads (komedo hitam)?

Blackheads adalah salah satu jenis komedo. Sesuai namanya, jenis komedo ini berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit akibat penyumbatan folikel rambut.

Blackhead atau komedo hitam adalah cikal bakal jerawat apabila dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan perawatan yang tepat.

Biasanya, hidung menjadi tempat favorit bagi komedo bersarang. Selain di wajah, masalah kulit ini juga kerap muncul di punggung, dada, leher, lengan, hingga bahu.

Komedo hitam atau blackhead berwarna hitam gelap
Ciri-ciri komedo hitam biasanya benjolan kecil berwarna gelap

Tanda-tanda blackhead adalah munculnya benjolan kecil dan gelap di permukaan kulit. Umumnya, komedo hitam membuat tekstur kulit terangkat, tetapi cenderung lebih datar dari jerawat.

Jadi, Anda tak perlu khawatir karena komedo hitam tidak seperti jerawatPasalnya, komedo biasanya tidak meradang atau menimbulkan rasa nyeri layaknya jerawat.

Baca Juga: Apa Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih?

Penyebab komedo hitam dan faktor risikonya

Penyebab komedo hitam adalah folikel rambut di kulit yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Pada setiap folikel rambut, terdapat satu rambut dan kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak atau sebum.

Minyak atau sebum bertujuan untuk membantu menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Namun, produksi sebum yang berkumpul dengan sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit sehingga lama-lama menyumbat pori-pori. 

Sumbatan pori-pori tersebut menyebabkan tonjolan yang muncul di permukaan kulit. Tonjolan atau benjolan yang tidak ditutupi oleh kulit itulah yang disebut dengan komedo hitam. Blackheads cenderung berwarna kehitaman akibat teroksidasi dan terpapar oleh udara di sekitarnya.

Munculnya komedo hitam juga dipengaruhi oleh peningkatan produksi kadar hormon androgen dalam tubuh. Pasalnya, hormon ini dapat merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum.

Jika kadar androgen lebih banyak dari seharusnya, kelenjar minyak akan menjadi lebih aktif. Ketika sebum yang dihasilkan kelenjar minyak lebih parah, pori-pori kulit pun jadi mudah tersumbat. Ketidakseimbangan hormon tubuh umum dialami oleh para remaja, baik laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, beberapa faktor risiko lain yang juga dapat memengaruhi kemunculan komedo hitam adalah sebagai berikut. 

  • Tubuh memproduksi terlalu banyak minyak.
  • Folikel rambut mengalami iritasi akibat sel kulit mati yang tidak dapat rontok dengan sendirinya.
  • Penyumbatan pori-pori kulit akibat penggunaan produk perawatan kulit atau pakaian yang digunakan.
  • Mencukur dan aktivitas lain yang membuat folikel rambut terbuka.
  • Memiliki produksi keringat berlebih.
  • Sedang mengalami perubahan hormon yang cukup drastis misal saat pubertas, haid, kehamilan, atau minum pil KB.
  • Memiliki gangguan kesehatan, seperti stres, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan sindrom pramenstruasi (PMS).
  • Sedang minum obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid, litium, atau androgen.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang mempercepat pergantian sel-sel kulit.

Baca Juga: Kenali Komedo Putih: Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Cara menghilangkan komedo hitam dengan perawatan di rumah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hidung merupakan tempat kesukaan bagi komedo hitam untuk tumbuh. 

Pada dasarnya, komedo bukanlah masalah kulit serius yang perlu diperiksakan ke dokter. 

Anda dapat melakukan berbagai cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cara berikut ini. 

1. Bersihkan wajah secara teratur

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam di hidung adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. 

Anda dapat membersihkan wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari, untuk membantu mengangkat tumpukan minyak dan kotoran di wajah.

Gunakan sabun pembersih yang tepat sesuai jenis kulit agar tidak menyebabkan kulit memerah atau iritasi. 

Alangkah baiknya, Anda menggunakan sabun cuci muka yang mengandung antibakteri untuk membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Namun ingat, terlalu sering mencuci muka juga tidak baik. Pasalnya, mencuci muka lebih dari dua kali sehari dapat mengiritasi kulit dan membuatnya rentan mengalami berbagai masalah kulit.

2. Jangan memencet komedo

Blackhead adalah komedo hitam yang mengganggu dan membandel
Memencet komedo bisa berisiko meningkatkan iritasi

Munculnya komedo hitam di wajah memang kerap membuat Anda gatal untuk memencetnya.

Namun, sebaiknya Anda menghindari memencet atau memecahkan komedo sebagai cara menghilangkan komedo hitam di wajah. 

Padahal, memencet atau memecahkan komedo sendiri dengan tujuan untuk mengeluarkannya justru dapat memperburuk kondisinya. Alih-alih komedo hilang, kulit wajah Anda malah dapat mengalami iritasi.

Jadi, pastikan Anda menjauhkan jari-jari tangan dari wajah dan jangan coba-coba untuk memencet atau memecahkannya.

Jika kemunculan komedo hitam yang Anda alami sudah sangat mengganggu penampilan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Hindari stres

Menghindari stres juga menjadi cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan. Hal ini bukan tanpa alasan karena stres dapat memicu kemunculan jerawat. 

Terlebih apabila Anda sudah memiliki tumpukan komedo hitam yang membandel. Sebab, stres dapat merangsang hormon yang meningkatkan produksi minyak di kulit.

Cara menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan dokter

Meski bukan kondisi yang serius, blackheads biasanya dianggap dapat mengganggu penampilan sehingga banyak orang merasa tidak percaya diri karenanya. 

Jika kemunculan komedo hitam dapat mengganggu penampilan, bahkan membuat Anda merasa malu dan stres, sebaiknya kunjungi dokter spesialis kulit untuk meminta rekomendasi pengobatan yang tepat.

Beberapa pilihan pengobatan sebagai cara menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan oleh dokter, yaitu:

1. Obat tanpa resep dokter

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan oleh dokter adalah menggunakan obat tanpa resep yang banyak tersedia di toko obat.

Biasanya, obat untuk mengatasi komedo hitam ini tersedia dalam bentuk krim atau gel yang cara penggunaannya cukup dioleskan ke permukaan kulit yang terdapat blackhead.

Obat-obatan tersebut mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorsinol. Ketiga kandungan bahan aktif ini bekerja dengan membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebih, dan melepaskan sel-sel kulit mati.

2. Obat resep dokter

Cara menghilangkan komedo hitam dari resep dokter berikutnya adalah mengandung vitamin A.

Jenis obat ini dapat membantu mencegah sumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit sehingga tidak menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah.

Beberapa obat resep yang dapat membantu mengatasi komedo membandel adalah tretinoin, retinoid, tazarotene, dan adapalene.

Namun, jika memiliki banyak komedo hitam hingga membuat permukaan kulit tidak rata, maka Anda mengalami kondisi yang dikenal dengan jerawat hormon

Untuk menghilangkannya, dokter biasanya akan meresepkan obat jerawat hormon, seperti benzoil peroksida dan obat antibiotik.

3. Pengangkatan komedo manual

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung selanjutnya adalah dengan prosedur pengangkatan manual. 

Prosedur pengangkatan komedo hitam manual dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan round loop extractor.

Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau terapis profesional terlatih untuk mengeluarkan sumbatan pori-pori wajah yang telah menghitam.

Jika dilakukan oleh ahlinya dengan tepat, pengangkatan komedo manual cukup efektif sebagai cara menghilangkan komedo hitam di wajah yang membandel.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dapat dijadikan sebagai salah satu prosedur untuk menghilangkan komedo hitam di wajah. 

Mikrodermabrasi adalah prosedur kecantikan yang bersifat noninvasif atau tidak memerlukan tindakan pembedahan.

Proses mikrodermabrasi dilakukan oleh dokter spesialis kulit menggunakan alat khusus dengan permukaan yang kasar untuk mengikis lapisan luar kulit. 

Melalui proses pengikisan kulit ini, sumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo hitam otomatis akan terangkat.

Selain mengikis kulit, prosedur ini bisa juga dilakukan dengan menyemprotkan kristal-kristal halus dan vakum untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Tujuan mikrodermabrasi adalah memperbaiki tekstur dan warna kulit sehingga tampilan kulit bisa menjadi lebih muda kembali.

5. Chemical peeling

Komedo hitam atau blackhead bisa diatasi dengan chemical peeling
Chemical peeling dilakukan dengan mengoleskan cairan kimia khusus

Chemical peeling adalah prosedur yang bertujuan untuk mengangkat sumbatan dan membuang sel-sel kulit mati penyebab komedo hitam.

Pada prosedur ini, dokter spesialis kulit akan mengoleskan cairan kimia khusus ke permukaan kulit wajah Anda. 

Cairan ini akan didiamkan selama beberapa menit sampai meresap ke pori-pori kulit paling dalam.

Setelah prosedur selesai dilakukan, lapisan luar kulit biasanya akan mengelupas dan digantikan oleh kulit yang lebih halus. Dengan ini, kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah.

6. Laser dan terapi cahaya

Laser dan terapi cahaya juga menjadi cara menghilangkan komedo hitam di wajah lainnya yang direkomendasikan oleh dokter.

Laser dan terapi cahaya adalah prosedur perawatan yang menggunakan sinar khusus untuk mengurangi produksi minyak atau membunuh bakteri.

Prosedur laser dan terapi cahaya mampu mengatasi masalah komedo hitam dan jerawat di bawah permukaan kulit tanpa merusak lapisan luarnya.

Cara mencegah munculnya komedo hitam di wajah

Blackheads adalah masalah kulit yang tidak bisa sepenuhnya hilang. Komedo hitam akan terus muncul dan kembali lagi meski telah dihilangkan.

Namun ada berbagai langkah yang membantu mencegah kemunculan komedo di kulit wajah Anda, yaitu:

1. Pilih produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak menyumbat pori-pori

Salah satu cara mencegah kemunculan komedo hitam adalah gunakan make up dan produk perawatan kulit yang tidak rentan menyumbat pori-pori (noncomedogenic).

Hal ini bertujuan untuk menjaga pori-pori kulit tetap bersih sehingga mengurangi risiko penyumbatan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

2. Gunakan produk make up dan perawatan kulit bebas minyak

Produk make up atau perawatan kulit yang mengandung minyak rentan dapat menyumbat pori-pori. 

Terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Sebab, produksi minyak di kulit wajah dapat semakin berlebih.

Sebagai solusinya, gunakan produk berbahan dasar air atau berlabel bebas minyak (oil-free) yang mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori wajah.

3. Lakukan eksfoliasi kulit

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit.  Ada dua jenis eksfoliasi kulit atau pengelupasan sel kulit mati, yaitu secara mekanis dan kimia.

Eksfoliasi mekanis dilakukan menggunakan alat, seperti spons atau scrub, untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Sedangkan, eksfoliasi kimia dilakukan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif, seperti AHA dan BHA, untuk melarutkan sel kulit mati dengan cara yang lebih lembut.

Kedua cara eksfoliasi tersebut dapat membantu mencegah tumpukan sel-sel kulit mati yang rentan menyumbat pori-pori serta menjadi penyebab komedo hitam dan jerawat.

Namun, pastikan Anda memilih produk eksfoliasi kulit yang sesuai dengan kondisi kulit dan tidak rentan menyebabkan iritasi.

Baca Juga

  • Mengintip Manfaat dan Cara Menggunakan Tea Tree Oil untuk Jerawat
  • Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Ampuh Dilakukan
  • 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu di Rumah

Blackheads adalah komedo hitam yang muncul di permukaan kulit akibat penyumbatan folikel rambut.

Meski bukan kondisi yang serius, blackhead biasanya dianggap dapat mengganggu penampilan.

Nah, Anda dapat melakukan berbagai cara menghilangkan komedo di rumah melalui cara-cara di atas.

Jika kemunculan komedo hitam membuat Anda merasa malu dan stres, sebaiknya kunjungi dokter spesialis kulit untuk meminta rekomendasi pengobatan yang tepat.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar blackheads atau komedo hitam. 

Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

komedowhiteheadsjerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved