Blackcurrant dan Manfaat Kesehatannya yang Berwarna

Blackcurrant adalah buah kecil ungu kehitaman yang kaya akan nutrisi dan manfaat
Walau kecil, blackcurrant memiliki nutrisi dan manfaat yang amat menguntungkan untuk tubuh

Blackcurrant adalah jenis buah yang berasal dari Eropa dan Asia. Memiliki nama latin Ribes nigrum, blackcurrant menjadi buah yang sangat kaya nutrisi dan khasiat untuk kesehatan.

Ada beraneka zat gizi dalam buah ini, beberapa yang mungkin Anda kenal fungsinya yaitu vitamin C dan beraneka molekul antioksidan. Blackcurrant juga mengandung gamma-linolenic acid (GLA), jenis asam lemak omega-6 yang juga menjadi salah satu kandungan kunci pada blackcurrant.

7 Manfaat blackcurrant bagi untuk kinerja tubuh

Dengan rasanya yang asam manis, ini manfaat blackcurrant untuk kesehatan:

1. Memelihara fungsi berbagai sistem tubuh

Blackcurrant merupakan tanaman yang bermanfaat. Manfaat buah ini bahkan bisa kita dapatkan dari berbagai bagian tumbuhannya, termasuk biji dan daunnya.

Buah blackcurrant
Blackcurrant dilaporkan bermanfaat untuk berbagai sistem tubuh

Berbagai sistem tubuh yang dipercaya mendapatkan manfaat blackcurrant, yaitu:

  • Aliran darah
  • Sistem imun
  • Kesehatan mata
  • Kesehatan usus
  • Kesehatan ginjal

Ekstrak blackcurrant juga disebutkan untuk menurunkan risiko masalah metabolisme, seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2.

2. Mengandung berbagai vitamin

Blackcurrant mengandung berbagai vitamin, misalnya:

  • Vitamin A
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin B1
  • Vitamin E

Kandungan vitamin tertinggi dalam buah anggur dalam vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C tersebut empat kali lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Vitamin C pun penting untuk tubuh, termasuk pembentukan kolagen dan metabolisme protein

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang disampaikan di atas, blackcurrant kaya dengan vitamin C. Buah ini juga mengandung molekul antioksidan dan antosianin. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu kita untuk menguatkan sistem imun, meringankan radang tenggorokan, dan meredakan gejala flu.

Tak hanya buahnya, daun blackcurrant juga memiliki berbagai efek positif menakjubkan. Efek tersebut, misalnya:

  • Antimikroba
  • Antiperadangan
  • Antivirus
  • Antiracun
  • Antiseptik
  • Antikanker

Dalam sebuah studi yang dihelat di Selandia Baru, konsumsi suplemen blackurrant ditemukan dapat meningkatkan respons imun pada orang yang rutin berolahraga. Partisipan juga dapat berlatih lebih keras untuk waktu yang lama.

4. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Blackcurrant berpengaruh langsung terhadap respons peradangan tubuh. Minyak biji blackcurrant mengandung jenis omega-6 yang disebut gamma-linolenic acid (GLA), yang disebutkan dapat membantu mengatasi peradangan tubuh.
GLA dan antosianin membantu meredakan masalah nyeri otot dan sendi, serta mengurangi kekakuan dan kerusakan di bagian tubuh ini.

5. Memelihara kesehatan jantung

Jus blackcurrant disebutkan juga berkhasiat dalam melindungi jantung. GLA dalam buah ini lagi-lagi memainkan ‘taringnya’, beserta kandungan lain seperti kalium untuk pengendalian tekanan darah. GLA juga membantu sel jantung lebih mampu menangkal kerusakan dan memperlambat penggumpalan trombosit di pembuluh darah.

6. Melindungi mata

GLA tak hanya baik untuk jantung dan sendi, studi juga menemukan bahwa kandungan ini berpotensi untuk mengatasi mata kering. Selain itu, blackcurrant juga memiliki potensi meningkatkan fungsi mata, seperti:

  • Kemampuan mata untuk melihat di tempat yang remang
  • Membantu melancarkan aliran darah ke mata
  • Memperlambat penurunan penglihatan pada penderita glaukoma
  • Meredakan kelelahan penglihatan
Buah blackcurrant
Blackcurrant ditemukan baik untuk kesehatan mata

Apabila Anda hampir setiap hari berkutat dengan layar komputer, suplemen blackcurrant berpotensi untuk menjaga fungsi mata.

7. Memelihara kesehatan kulit

Studi terkait manfaat blackcurrant untuk kulit masih sedikit. Walau begitu, disebutkan bahwa minyak biji blackcurrant dapat meredakan gejala psoriasis. Minyak ini bisa dioleskan secara topikal ke kulit untuk mengatasi kulit gatal dan kering.

Efek samping blackcurrant, adakah?

Secara umum, blackcurrant yang dikonsumsi secara langsung tergolong aman, pun begitu dengan minyak bijinya asal tidak berlebihan. Untuk suplemen blackcurrant, beberapa efek samping dapat muncul seperti feses lunak, diare ringan, dan gas pada usus.

Selain itu, karena buah blackcurrant dapat memperlambat pembekuan darah, suplemen buah ini tidak bisa dikonsumsi oleh penderita gangguan perdarahan atau Anda yang hendak menjalani operasi.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen blackcurrant dan minyak biji blackcurrant, untuk menghindari efek yang tidak menyenangkan.

Catatan dari SehatQ

Manfaat blackcurrant ternyata bisa dirasakan oleh banyak sistem tubuh. Buah ini pun bisa menjadi camilan sehat menggantikan junk food dan fast food. Apabila ingin mengonsumsi suplemen blackcurrant, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

Integrated Taxonomic Information System. https://www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=24488#null
Diakses pada 28 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/health-benefits-black-currant
Diakses pada 28 Februari 2020

New Zealand Blackcurrant Cooperative. https://www.nzblackcurrants.com/exercise-performance-diet-and-immune-response
Diakses pada 28 Februari 2020

Artikel Terkait