Bisakah Radiasi HP Merusak Organ dalam Tubuh?


Makin banyak orang yang mewaspadai efek negatif radiasi HP bagi kesehatan. Sementara para ahli sedang meneliti, pengguna ponsel sebaiknya melakukan pencegahan dini.

(0)
30 Nov 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Radiasi HP diduga berdampak pada otakRadiasi HP dikatakan bisa memengaruhi kesehatan otak
Dalam komunikasi modern, telepon seluler memegang peranan penting. Penggunaannya yang luas, membuat sebagian orang kemudian mempertanyakan tentang radiasi HP.Pertanyaan besarnya adalah seberapa aman pengguna telepon seluler dari ancaman radiasi. Hal ini wajar mengingat benda tersebut menempel atau berjarak amat dekat dengan tubuh.

Seberapa akurat radiasi HP bisa menimbulkan penyakit

Telepon seluler sendiri memancarkan radiasi elektromagnetik non-pengion dalam bentuk frekuensi radio. Hal ini menambah kekhawatiran banyak pihak mengingat durasi pemakaiannya juga kian lama kian meningkat.Selain durasi, ada beberapa hal yang memengaruhi kemungkinan paparan radiasi tersebut. Mulai dari jarak ponsel dan pengguna, teknologi yang dipakai, hingga jarak pengguna dengan menara komunikasi.Beberapa penelitian dilakukan guna mengetahui seberapa besar bahaya radiasi HP bagi kehidupan manusia pada umumnya. Adapun penelitian tersebut mencakup beberapa hal di bawah ini:
  • Kanker

Sebagaimana disebut sebelumnya, radiasi dari telepon seluler dianggap karsinogenik alias berpotensi menyebabkan kanker. Pernyataan ini juga diteliti dalam sebuah riset. Namun untuk mengonfirmasinya masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
  • Kesehatan secara umum

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa radiasi dari telepon seluler berpengaruh pada kesehatan tubuh. Radiasi dianggap memiliki efek pada aktivitas otak, waktu reaksi, dan pola tidur penggunanya. Hanya saja, efek ini terhitung kecil dan pengaruhnya tidak signifikan. 
  • Gangguan elektromagnetik

Kinerja sejumlah perangkat medis mungkin bisa dipengaruhi oleh penggunaan telepon seluler, terutama jika jarak pemakaian terlalu dekat. Misalnya, alat pacu jantung, implan defibrillator, dan alat bantu dengar. Tapi teknologi ponse; yang kian maju dikatakan mengurangi efek ini.Gangguan elektromagnetik juga dianggap bisa mengganggu sinyal penerbangan. Inilah kenapa pemakaian ponsel umumnya dilarang digunakan di pesawat yang mengudara.Meski begitu, ada beberapa negara yang telah melisensikan penggunaan ponsel di pesawat selama penerbangan.
  • Kecelakaan lalu lintas

Beberapa penelitian lain menemukan indikasi bahwa kecelakaan lalu lintas meningkat terkait pemakaian telepon selular. Jika ponsel digunakan saat mengemudi, risiko kecelakaan dapat bertambah hingga 3-4 kali lipat.Peningkatan tersebut juga tetap terjadi bahkan ketika pengguna telepon seluler memakai hands-free.

Pengaruh radiasi HP bagi anak-anak

Salah satu sorotan yang sedang marak adalah pengaruh buruk radiasi HP pada anak-anak dan bayi. Secara umum, banyak ulasan yang menyatakan bahwa anak-anak memiliki risiko lebih besar daripada orang dewasa.Para ahli meninjau berbagai penelitian mengenai paparan radiasi telepon seluler dari 2009 hingga 2014. Mereka lalu menggabungkan data radiasi ponsel, dokumen pemerintah, manual produsen, dan publikasi serupa.Sebagai hasilnya, parah ahli menyimpulkan bahwa anak-anak dan janin berisiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan tubuh akibat radiasi gelombang mikro dari pemakain HP.Pada otak anak-anak, paparan radiasi juga lebih tinggi daripada orang dewasa. Hal ini mungkin terjadi mengingat jaringan otak anak lebih mudah menyerap radiasi.Di samping itu, tengkorak anak-anak juga lebih tipis dan ukurannya lebih kecil. Janin pun sangat rentan karena radiasi HP, sehingga bisa menyebabkan degenerasi selubung pelindung yang mengelilingi saraf otak.Berbagai penelitian tentang bahaya ini bagi anak-anak dan janin masih terus dilakukan. Namun antisipasi sebaiknya diterapkan sejak dini agar anak dan janin tetap sehat.Pencegahan radiasi HP bisa berupa pembatasan pemakaian, menentukan jarak aman, hingga tidak memperkenalkannya sama sekali pada anak.

Tips mengurangi paparan radiasi HP

Berbagai cara bisa dilakukan guna meminimalisir paparan radiasi HP ke dalam tubuh Anda. Tindakan yang bisa Anda terapkan meliputi:
  • Gunakan telepon seluler yang memiliki teknologi dengan tingkat paparan radiasi yang rendah
  • Sebisa mungkin, pakai telepon rumah atau telepon kantor dengan jaringan kabel
  • Gunakan hands-free saat menerima telepon
  • Hindari mengobrol terlalu lama lewat telepon genggam
  • Jangan meletakkan telepon seluler terlalu dekat dengan tubuh
  • Jangan percaya klaim bahwa ada alat yang bisa mengurangi paparan radiasi HP
  • Jangan memberikan gadget pada anak sebelum anak memasuki usia 2 tahun
Meski penelitian tentang efek buruk radiasi HP terhadap kesehatan masih belum memiliki bukti bukti sahih, pencegahan radiasi tetap bisa dilakukan. Dengan ini, kesehatan fisik maupun mental pemakai ponsel bisa terjaga.Anda masih penasaran dengan radiasi HP dan efek gadget lain pada kesehatan? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan otakkankerpenyakit otak
WHO. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/what-are-the-health-risks-associated-with-mobile-phones-and-their-base-stations
Diakses pada 30 November 2020     
WebMD. https://www.webmd.com/children/news/20140819/children-cell-phones#1
Diakses pada 30 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4350886/
Diakses pada 30 November 2020
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/mobile-phones-and-your-health
Diakses pada 30 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait