Bisakah Mengobati Bronkitis dengan Bawang Putih?


Cara mengobati bronkitis dengan bawang putih cukup mudah. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi bawang putih segar ketimbang yang bubuk. Meski demikian, bawang putih hanya meringankan gejalan, bukan menyembuhkan sepenuhnya. Konsumsi obat dokter harus jadi pengobatan utama.

0,0
cara mengobati bronkitis dengan bawang putihCara mengobati bronkitis dengan bawang putih yaitu mengonsumsinya dalam keadaan segar
Bronkitis adalah penyakit saluran napas yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau iritan lain yang menyerang saluran bronkial. Pengobatan bronkitis alami kerap menjadi pilihan bagi beberapa orang.Salah satu cara mengobati bronkitis dengan bahan alami adalah dengan bawang putih. Cara ini cukup populer di kalangan masyarakat. Inilah yang mendasari para peneliti untuk membuktikannya secara ilmiah. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengobatan bronkitis dengan bawang putih. 

Apakah bawang putih bisa mengobati bronkitis?

Efek antivirus dan antibakteri membuat bawang outih berpotensi mengobati gejala bronkitis
Efek antivirus dan antibakteri membuat bawang putih berpotensi mengobati gejala bronkitis
Manfaat bawang putih, alias Allium sativum, sejak lama telah diteliti bagi dunia kesehatan. Hal ini berasal dari kandungannya yang memiliki efek anti peradangan atau anti-inflamasi, antikanker, dan antioksidan.Bawang putih juga bersifat antibiotik alami yang mampu melawan bakteri penyebab penyakit. Tak hanya itu, bawang putih bahkan juga punya efek antivirus. Virus sendiri menjadi salah satu penyebab bronkitis. Itu sebabnya, bawang putih mungkin berpotensi meringankan gejala infeksi pada kondisi bronkitis. Dalam Avicenna Journal of Phytomedicine diketahui bahwa Allium sativum memiliki efek menghambat pertumbuhan virus bronkitis menular atau infectious bronchitis virus (IBV), seperti yang disebabkan oleh jenis coronavirus. Tidak hanya mengurangi gejalanya, mengonsumsi bawang putih secara teratur bahkan juga disebut bisa membantu mencegah infeksi paru, salah satunya bronkitis.  Dikutip dari Mayo Clinic, pengobatan bronkitis yang utama adalah obat-obatan medis sesuai anjuran dokter, termasuk antibiotik (jika infeksi disebabkan bakteri). Beberapa terapi lain untuk memulihkan saluran napas mungkin juga dibutuhkan. Pengobatan alami bronkitis dengan madu, bawang putih, atau bahan alami lainnya hanya ditujukan untuk meringankan gejala bronkitis. Bukan menyembuhkan penyakitnya. Gejala bronkitis yang paling umum antara lain:
  • Batuk
  • Pilek
  • Nyeri dada
  • Mengi
  • Kelelahan
Gejala bronkitis ini terjadi akibat infeksi yang menyebabkan saluran udara paru-paru (saluran bronkial) membengkak dan mulai memproduksi lendir. Bronkitis yang sudah kronis merupakan bentuk penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang bisa berkembang seiring waktu. 

Cara mengobati gejala bronkitis dengan bawang putih

Cara mengobati bronkitis dengan bawah putih sebaiknya menggunakan yang segar, bukan bubuk atau olha
Cara mengobati bronkitis dengan bawah putih sebaiknya menggunakan yang segar, bukan bubuk atau olahan
Cara mengobati bronkitis dengan bawang putih yang dianjurkan peneliti adalah mengonsumsi bawang segar, bukan olahan. Sebab, mungkin saja proses pengolahan dapat mengurangi khasiatnya.Terdapat beberapa cara mengobati bronkitis dengan bawang putih yang dipercaya, antara lain:
  • Parut bawang putih lalu campurkan ke dalam air panas beserta tambahan lemon 
  • Parut bawang putih lalu tambahkan ke piring makan Anda beserta sayuran kukus
  • Menambahkannya dalam beragam masakan 
Cara di atas bisa Anda coba untuk meringankan penyakit bronkitis dengan mengurangi gejalanya. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin menggunakan bahan alami atau terapi lain ke dalam rencana pengobatan bronkitis Anda. Pasalnya, konsumsi bawang putih yang tidak tepat dapat menyebabkan gangguan perdarahan dan pencernaan.Pastikan pula Anda tidak melewatkan pengobatan medis sebagai pengobatan utama bronkitis. 

Bahan alami lain yang mampu mengatasi gejala bronkitis

Selain bawang putih, madu dan jahe juga bisa menjadi obat herbal bronkitis
Selain bawang putih, madu dan jahe juga bisa menjadi obat herbal bronkitis
Selain bawang putih, terdapat beberapa obat herbal bronkitis yang bisa membantu meringankan gejalanya, antara lain:
  • Jahe
  • Madu
  • Kunyit
  • Thyme
  • Daun ivy
  • Makanan kaya vitamin D
  • Berkumur air garam

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya menambahkan bahan alami atau herbal ke dalam pengobatan bronkitis Anda. Beberapa bahan alami seperti bawang putih memang terbukti mampu meringankan gejala bronkitis.Namun, pastikan Anda tidak menghentikan pengobatan yang diberikan dokter, terlebih jika itu adalah antibiotik. Jangan lupa untuk mengonsultasikan ke dokter jika Anda ingin menggunakan terapi herbal ke dalam pengobatan Anda. Pasalnya, beberapa herbal mungkin saja berinteraksi dengan obat medis yang Anda minum. Jika masih ada pertanyaan seputar cara mengobati bronkitis dengan bawang putih atau bahan alami lain, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
penyakit paru-parubronkitispenyakit paru obstruktif kronisbawang putih
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bronchitis/diagnosis-treatment/drc-20355572
Diakses pada 15 September 2021
Avicenna Journal of Phytomedicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4967842/
Diakses pada 15 September 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/home-remedies-for-bronchitis-5176163
Diakses pada 15 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bronchitis#home-remedies
Diakses pada 15 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait