Bisakah Ketakutan pada Hantu Atau Phasmophobia Dihilangkan?


Phobia pada hantu disebut dengan phasmophobia dan bisa mengganggu kesehatan dan kehidupan sosial seseorang. Berbeda dengan takut hantu biasa, perlu terapi dengan pakar kesehatan mental untuk mengatasi phasmophobia.

(0)
28 Oct 2020|Azelia Trifiana
Phasmophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap hantuPhasmopobhia membuat seseorang mengalami rasa takut berlebihan dengan hal berbau supranatural
Takut hantu adalah hal yang wajar. Namun ketika sudah menjadi phobia, artinya situasi sudah lebih serius. Phobia pada hantu disebut dengan phasmophobia dan bisa mengganggu kesehatan dan kehidupan sosial seseorang.Phasmophobia bukanlah hal yang konyol atau bisa ditertawakan. Berbeda dengan takut hantu biasa, perlu terapi dengan pakar kesehatan mental untuk mengatasi phasmophobia.

Phasmophobia, bukan hal yang konyol

Orang yang memiliki phasmophobia memiliki ketakutan begitu intens akan hantu. Bahkan mendengar hal-hal supernatural yang berkaitan dengan alam lain dapat memicu rasa takut yang tidak wajar.Berbeda dengan rasa takut biasa, phasmophobia sulit dikendalikan. Bahkan, aspek kesehatan fisik dan mental penderitanya bisa ikut terdampak secara signifikan.Phasmophobia juga tidak mengenal usia. Apabila umumnya anak-anak merasa takut pada hantu dan mulai mereda saat memasuki usia remaja, tidak demikian halnya dengan phasmophobia. Ketakutan luar biasa ini tidak mengenal usia. Bahkan, rasa takut hantu ini bisa menjadi semakin buruk dan berkembang menjadi phobia yang melemahkan. Tak jarang, aktivitas sehari-hari bisa terganggu akibat phasmophobia.

Penyebab phasmophobia

Belum jelas betul apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami phasmophobia. Namun mengingat kondisi ini berkaitan erat dengan kesehatan mental, orang yang memiliki masalah mental seperti kecemasan berlebih lebih berisiko mengalaminya.Selain itu, trauma atau kejadian yang menyebabkan stres luar biasa juga dapat memicu seseorang mengalami phasmophobia.Phobia lain seperti ketakutan saat sendirian (autophobia) juga bisa berperan dalam menyebabkan phasmophobia. Menurut penelitian, orang yang memiliki ketakutan intens saat sendirian terutama saat malam hari atau sedang tidur bisa mengalami phasmophobia.

Gejala phasmophobia

anak ketakutan
Serangan panik adalah salah satu gejala phasmophobia
Orang yang memiliki phasmophobia kerap merasa ada makhluk halus atau hantu di sekitarnya, terutama saat sedang seorang diri. Bahkan, suara sepelan apapun semakin memperkuat keyakinan tentang kehadiran hantuTak hanya itu, orang dengan phasmophobia juga merasa diamati oleh makhluk halus. Berbeda dengan rasa takut hantu biasa, phasmophobia ini terasa begitu intens sehingga membuat mereka kesulitan melakukan aktivitas penting seperti bangun tidur atau ke kamar mandi.Gejala lain orang yang memiliki phasmophobia adalah:
  • Serangan panik
  • Kesulitan tidur seorang diri
  • Cemas berlebih yang sangat intens
  • Menahan agar tidak ke kamar mandi di malam hari
  • Menghindari momen saat harus sendirian
  • Mengantuk di siang hari karena tak bisa tidur semalaman
  • Tidak produktif karena kurang tidur
Serangan panik atau panic attack adalah gejala phobia yang bisa sangat mengganggu kehidupan normal seseorang. Meski demikian, ada juga jenis phobia yang tidak disertai serangan panik. Namun, tetap saja ada gejala yang melemahkan fungsi seseorang dalam beraktivitas sehari-hari.

Cara menghilangkan rasa takut pada hantu

pria sedang konsultasi dengan psikiater
Mengikuti terapi perilaku
Penanganan untuk menghilangkan phasmophobia dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu teknik terapi dan obat. Kombinasi keduanya juga bisa menjadi pilihan, dengan detil seperti:
  • Pengobatan

Psikiater akan meresepkan pengobatan antidepresan dan anticemas yang dapat meredakan reaksi emosi berlebihan. Selain itu, obat ini juga dapat menghentikan atau membatasi reaksi fisik seperti mual dan jantung berdebar. Obat-obatan jenis ini efektif meredakan gejala dengan cepat.
  • Terapi

Selain pengobatan, terapi perilaku kognitif juga bisa menjadi salah satu cara menangani phobia, termasuk phasmophobia. Seorang pakar kesehatan mental akan berdiskusi untuk mengetahui sumber ketakutan dan membangun mekanisme agar bisa menghadapi phasmophobia. Bentuk terapi bicara dengan orang lain juga bisa menjadi cara memahami akar ketakutan. Dari terapi ini pula bisa dipelajari bagaimana cara mengubah persepsi yang selama ini memicu ketakutan.Banyak orang yang merasa enggan atau malu memeriksakan diri karena anggapan bahwa ini hanya sekadar “takut hantu” biasa. Padahal, phasmophobia sudah termasuk ketakutan yang di luar nalar.Terlebih jika phasmophobia sudah mengganggu siklus tidur, menurunkan produktivitas, hingga membuat tak bisa sendirian, maka sudah saatnya memeriksakan diri ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada yang lucu atau konyol dari phasmophobia. Ini bukan hal yang bisa ditertawakan dan dianggap biasa. Namun dengan memeriksakan diri ke pakarnya, maka ketakutan ini perlahan bisa dikelola.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar phasmophobia dan ketakutan terhadap hantu, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan mentalkesehatan mentaltrypophobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/phasmophobia
Diakses pada 12 Oktober 2020
Front Psychiatry. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6250805/
Diakses pada 12 Oktober 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/phasmophobia-2671876
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait