Bisakah Hidup dengan Satu Ginjal secara Normal dan Sehat?

(0)
03 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hidup dengan satu ginjal bisa dilakukan selama Anda melakukan gaya hidup sehatSeseorang bisa hidup dengan satu ginjal saja
Sebagian orang harus menjalani hidup dengan satu ginjal. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai hal, mulai dari terlahir hanya dengan satu ginjal, melakukan operasi pengangkatan ginjal (nefrektomi) karena kondisi medis atau cedera, mengalami kerusakan pada salah satu ginjal, hingga melakukan donor ginjal.Lantas, yang jadi pertanyaan adalah, bisakah manusia hidup dengan satu ginjal secara normal dan sehat? Jawabannya adalah bisa, selama Anda mampu menjaga gaya hidup sehat sekaligus meminimalisir berbagai risiko hidup dengan satu ginjal sehingga ginjal yang tersisa tetap bisa berfungsi secara optimal.

Berbagai risiko hidup dengan satu ginjal

Orang yang hanya memiliki satu ginjal karena didonorkan atau menjalani pengangkatan ginjal, memiliki risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi sebagai efek samping donor ginjal dan operasi ini, jika dibandingkan dengan orang yang hidup dengan satu ginjal sejak lahir.Fungsi ginjal yang hilang, baik karena pengangkatan atau kerusakan, sulit digantikan sehingga mengakibatkan penurunan fungsi ginjal secara keseluruhan menjadi setengahnya.Di sisi lain, memiliki satu ginjal sejak lahir dapat membuat organ ini tumbuh lebih besar dan berfungsi dengan baik untuk menjalankan peran layaknya dua ginjal. Sehingga, sebagian besar dari mereka bisa menjalani kehidupan dengan normal dan sehat.Meski demikian, orang yang hidup dengan satu ginjal bukan berarti bebas dari risiko. Anda kemungkinan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan beberapa kondisi yang berpotensi berbahaya sebagai efek pada orang yang hidup dengan satu ginjal, seperti:Oleh karena itu, Anda harus menjalani hidup sehat dan senantiasa berhati-hati untuk menurunkan berbagai risiko yang bisa muncul akibat hidup dengan satu ginjal.

Cara menjalani hidup sehat dengan satu ginjal

Menjalani hidup sehat dan normal dengan satu ginjal bukanlah hal yang mustahil. Sebab, satu ginjal masih mampu menyaring cukup darah untuk menjaga tubuh tetap berfungsi baik.Yang paling penting, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat dan menghindari berbagai risiko yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.Berikut adalah beberapa rekomendasi gaya hidup sehat untuk menjalani hidup dengan satu ginjal.
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
  • Hidup aktif dengan berolahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan yang ideal agar terhindar dari obesitas
  • Mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi
  • Mengelola stres
  • Tidak merokok
  • Menghindari konsumsi alkohol karena bisa meningkatkan risiko gagal ginjal
  • Menjaga tekanan darah agar tetap normal dan mengelola kondisi tekanan darah tinggi jika Anda telah mengalaminya
  • Menjaga kadar gula darah supaya tetap normal dan mengelola kondisi diabetes jika telah berkembang
  • Melakukan pemeriksaan ginjal secara teratur ke dokter untuk memantau kondisinya.
Selain menjalani gaya hidup sehat, Anda juga harus menjaga ginjal dari berbagai hal yang dapat menyebabkan kerusakan saat hidup dengan satu ginjal, seperti:
  • Melindungi ginjal dari berbagai kemungkinan cedera
  • Menghindari konsumsi obat-obatan yang dapat berbahaya bagi ginjal, seperti obat antiradang nonsteroid.
Soal olahraga, Anda tidak boleh sembarangan melakukannya untuk membantu mengelola risiko hidup dengan satu ginjal. Beberapa ahli menganjurkan untuk menghindari jenis-jenis olahraga atau aktivitas yang dapat menyebabkan cedera ginjal, misalnya:
  • Olahraga yang memungkinkan terjadinya kontak fisik berat dengan orang lain, seperti sepak bola, tinju, hoki, bela diri, atau gulat.
  • Aktivitas berisiko tinggi, seperti panjat tebing, balap motor, jet ski, bungee jumping, terjun payung, dan sebagainya.
Anda juga disarankan untuk selalu mengenakan pelindung tubuh ketika melakukan berbagai olahraga atau aktivitas yang memiliki risiko cedera ginjal.Hidup dengan satu ginjal juga menuntut Anda untuk memeriksakan fungsi organ ini secara teratur setidaknya setahun sekali. Dokter biasanya akan meminta Anda melakukan tes urine dan tes darah sederhana, serta memeriksa tekanan darah.Ketiga hasil pemeriksaan tersebut dapat membantu dokter untuk menentukan kesehatan fungsi ginjal Anda dan mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin ditimbulkan akibat hidup dengan satu ginjal.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah ginjal, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit ginjaldonor ginjalgangguan ginjal
Healthline. https://www.healthline.com/health/can-you-live-with-one-kidney#diet
Diakses 20 April 2021
National Kidney Foundation. https://www.kidney.org/atoz/content/onekidney
Diakses 20 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait