Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Ikan Mujair yang Sayang Dilewatkan

selain enak ikan mujair banyak manfaatnya
Ikan mujair punya banyak manfaat kesehatan

Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Mudah didapat, harga terjangkau, dan mengandung berbagai nutrisi yang berguna membuatnya disukai oleh banyak orang.

Meski demikian, belum banyak orang yang tahu bahwa ikan mujair memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Penasaran, apa saja manfaat ikan mujair tersebut?

Kandungan gizi ikan mujair

Ikan mujair, atau dalam bahasa Latin dikenal dengan Oreochromis mossambicus, adalah jenis ikan tawar yang memiliki bentuk tubuh berukuran sedang. Total panjang tubuh maksimum yang dicapai ikan mujair adalah sekitar 40 sentimeter.

Bentuk badannya pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan, atau kuning. Ikan mujair berada dalam satu famili yang sama, yakni tilapia, dengan jenis ikan lainnya yang biasa disantap, yakni ikan nila.

Ikan ini dapat diolah dengan cara digoreng, bakar, pepes, dan lainnya. Dalam 100 gram ikan mujair, bisa mengandung:

  • 128 kalori.
  • 26 gram protein.
  • 3 gram lemak.
  • Vitamin B3.
  • Vitamin B12.
  • Fosforus.
  • Selenium.
  • Potasium.
  • Asam lemak omega 3.

Mencermati kandungan ikan mujair tersebut, tak ayal apabila ikan mujair mampu menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat ikan mujair berdasarkan kandungannya yang belum banyak diketahui

Setelah mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam ikan tilapia, saatnya Anda mengetahui manfaat ikan mujair bagi kesehatan.

Kini, Anda tak perlu ragu untuk menyantap ikan mujair demi mendapatkan manfaat sesuai kandungan yang terdapat di dalamnya berikut ini:

1. Asam lemak omega 3

Secara universal, ikan hampir pasti dianggap sebagai salah satu makanan yang paling sehat. Hal ini karena asam lemak omega 3 atau asam lemak tak jenuh jamak yang terkandung di dalamnya.

Asam lemak omega 3 adalah jenis lemak sehat yang dapat membantu meringankan peradangan dan menurunkan lemak dalam darah (trigliserida). Inilah yang membuat ikan, termasuk ikan mujair, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Asam lemak omega 6

Asam lemak omega 6 adalah salah satu jenis asam lemak penting lainnya yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Jenis lemak ini dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Selain itu, kandungan asam lemak omega 6 juga baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, asam lemak omega 6 dapat membantu sel-sel otot tubuh Anda dalam merespons hormon insulin.

3. Protein

Kandungan protein dalam ikan mujair kurang lebih sebanyak 23 gram. Dengan jumlah kandungan tersebut, protein dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Fungsi protein dalam ikan mujair lainnya adalah:

  • Memperkuat otot-otot tubuh dan tulang.
  • Memperbaiki jaringan tubuh.
  • Mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  • Mencerna makanan.
  • Menyeimbangkan hormon.

4. Kalsium

Dalam satu potong daging ikan mujair fillet, terdapat kandungan kalsium sebanyak 12 miligram. Jenis mineral ini dapat membantu membuat tulang menjadi lebih kuat hingga membantu proses pembekuan darah.

5. Selenium

Ikan mujair mengandung sekitar 47 mikrogram selenium di dalamnya. Kandungan selenium tersebut sangat dibutuhkan bagi kelenjar tiroid, sistem reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh Anda agar dapat bekerja dengan benar.

Tidak ada dosis atau standar keamanan tertentu dalam mengonsumsi ikan tilapia. Bahkan, Anda bisa makan ikan mujair hingga empat kali dalam satu pekan. Ikan mujair juga aman dikonsumsi oleh anak-anak dan wanita hamil atau yang sedang menyusui.

Untuk lebih jelasnya, tak ada salahnya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ikan mujair dan manfaatnya serta seberapa banyak harus mengonsumsinya.

Walaupun banyak manfaat ikan mujair yang bisa didapatkan namun Anda juga harus cermat dalam mengolahnya jangan sampai olahan terlalu banyak minyak, santan dan terlalu pedas justru mengganggu kesehatan Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya lebih baik mengolah ikan dengan digoreng, dipanggang atau dikukus? Jawabannya adalah gunakan api sedang atau rendah saat mengolahnya agar kandungannya tidak hilang terkena panas.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tilapia-fish
Diakses pada 12 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-tilapia#1
Diakses pada 12 November 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/tilapia-its-real-fish-its-good-your-health-more/
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed