Bisa Picu Iritasi, Sabun untuk Kulit Kering Sebaiknya Tidak Mengandung Bahan Ini

(0)
Sabun untuk kulit kering sebaiknya tidak mengandung alkohol dan parfumApabila kulit Anda kering dan sensitif, pemilihan sabun yang salah bisa mengakibatkan iritasi
Mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan sabun untuk kulit kering. Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu memerhatikan kandungan sabun mandi untuk kulit kering yang Anda beli.

Bahan yang sebaiknya dihindari dalam sabun untuk kulit kering

Apabila kulit Anda kering dan sensitif, pemilihan sabun yang salah bisa mengakibatkan iritasi. Agar terhindar dari masalah tersebut, ada beberapa kandungan yang sebaiknya Anda hindari saat memilih sabun mandi yang cocok untuk kulit kering dan bersisik.Kandungan-kandungan yang harus dihindari ketika Anda membeli sabun untuk kulit kering di antaranya:

1. Sodium lauryl sulfate

Sodium lauryl sulfate (SLS) adalah senyawa dalam deterjen yang berguna untuk membersihkan serta menghilangkan kotoran. Senyawa ini juga kerap kali digunakan sebagai bahan campuran sabun mandi, sampo, dan pembersih wajah tertentu.Bagi sebagian orang, kandungan SLS dalam sabun berpotensi memberikan efek samping pada kulit mereka. Kandungan ini menyebabkan kulit menjadi kering. Jika digunakan oleh orang yang memiliki kulit kering, sabun dengan SLS bisa memicu terjadinya iritasi.

2. Tambahan wewangian dan alkohol

Menambahkan wewangian dan alkohol ke dalam sabun harus dihindari karena kedua bahan tersebut dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, penggunaan wewangian dan alkohol dalam sabun juga dapat memicu terjadinya iritasi.Untuk mengetahui apakah sabun yang hendak Anda beli menggunakan wewangian tambahan, Anda bisa mencium aromanya terlebih dahulu. Sabun yang terlalu wangi biasanya mengandung pewangi sintetis dan bahan kimia.

3. Pewarna sintetis

Bahan kimia yang terdapat dalam pewarna sintetis dapat memberikan efek buruk bagi kulit Anda. Jika dipakai sebagai bahan tambahan dalam sabun, pewarna sintetis diketahui dapat memperburuk masalah kulit kering.

Sabun mandi yang cocok untuk kulit kering

Sabun untuk kulit kering sebaiknya mengandung gliserin
Kandungan glisering akan membantu melembapkan kulit kering
Sebagai gantinya, Anda bisa memilih sabun yang cocok untuk kulit kering dengan kandungan bahan seperti:

1. Minyak nabati

Penggunaan sabun mandi yang terbuat dari bahan alami seperti minyak nabati organik dapat membantu mengatasi kulit kering. Selain minyak nabati organik, bahan-bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan alpukat juga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering.

2. Gliserin

Ketika Anda tidak dapat menemukan bahan alami dalam sabun, setidaknya carilah produk yang mengandung gliserin. Kandungan gliserin dalam sabun diketahui bisa membantu melembapkan kulit kering.

3. Lanolin dan hyaluronic acid

Membeli sabun mandi dengan bahan lanolin dan hyaluronic acid dapat membantu mengatasi kulit kering yang Anda miliki. Kedua bahan tersebut mempunyai sifat dan efek untuk membuat kulit menjadi lembap.

Tips menjaga kulit tetap lembap selain dengan sabun

Selain sabun untuk kulit kering, jangan lupa gunakan losion untuk melembapkan kulit
Jaga kelembapan kulit dengan mengoleskan losion
Selain penggunaan sabun untuk kulit kering, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kulit tetap lembap. Cara-cara ini berguna untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.Sejumlah tips yang dapat Anda terapkan untuk mencegah kulit kering serta menjaganya tetap lembap, antara lain:
  • Menggunakan pelembap: mengoleskan pelembap seperti body lotion bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah kulit Anda kering.
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi: dehidrasi dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Untuk mengatasinya, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan rutin meminum air putih. Meskipun begitu, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.
  • Menghindari bahan yang menyebabkan iritasi: melakukan kontak dengan bahan yang memicu iritasi dapat membuat kulit Anda kering. Selain itu, hal tersebut juga berpotensi memperburuk gejala.
  • Jangan mandi dengan air panas: mandi dengan menggunakan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Hilangnya minyak alami kulit ini pun kemudian membuat kulit Anda menjadi kering.
Sebagai gantinya, Anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat. Namun, batasi waktu mandi maksimal selama 5 menit. Selain itu, jangan lupa untuk menutup pintu ketika mandi guna menjaga kelembapan ruangan.

Catatan dari SehatQ

Ketika membeli sabun untuk kulit kering, Anda harus memerhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pilihlah sabun mandi dengan bahan-bahan yang membantu melembapkan kulit seperti gliserin, minyak nabati, lanolin dan hyaluronic acid.Jika penggunaan sabun mandi untuk kulit kering malah memperburuk kondisi Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai sabun untuk kulit kering, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit sensitifkulit keringmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/soap-for-dry-skin
Diakses pada 21 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-cleaning-dry-skin
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait