Bisa Menjadi Pengganti Kopi, Cicipi Manfaat Teh Dandelion Ini


Teh dandelion menjadi alternatif herbal yang menawarkan potensi khasiat kesehatan. Teh dandelion membantu meningkatkan produksi urine, menjadi pengganti kopi, bahkan menyehatkan organ hati.

(0)
16 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Teh dandelion dapat menjadi alternatif herbal yang menawarkan potensi khasiat kesehatanMinum teh dandelion dapat membantu meringankan rasa tak nyaman di pencernaan
Selain memiliki bunga nan cantik, tanaman dandelion juga amat populer sebagai tanaman herbal. Tumbuhan ini memang bisa dimakan dan berpotensi untuk menawarkan manfaat kesehatan. Orang-orang pun banyak menikmati teh dandelion dengan merebus akar, daun, dan bunganya. Apa saja manfaat teh dandelion?

7 Khasiat teh dandelion untuk kesehatan

Ini dia manfaat teh dandelion yang mungkin tak pernah Anda sangka:

1. Mengurangi penumpukan cairan di dalam tubuh

Teh dandelion ternyata memiliki efek diuretik untuk meningkatkan volume urine. Dengan begitu, apabila perut terasa kembung karena penumpukan cairan, menyesap teh dandelion bisa dicoba. Walau menarik, riset lanjutan diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

2. Dapat menjadi pengganti kopi

Tak hanya bunga dandelion yang bermanfaat, namun akarnya juga menawarkan khasiat kesehatan. Akar dandelion bisa dicuci dan disangrai hingga warnanya menjadi lebih cokelat gelap. Setelah disangrai, akar dandelion bisa direbus dan disaring untuk diminum air rebusannya. Teh akar dandelion tersebut ternyata bisa dinikmati sebagai pengganti kopi.Akar dandelion banyak dijual untuk bisa dinikmati air rebusannya. Jika Anda menggunakan akar dandelion yang ditanam sendiri, pastikan tanaman dandelion tersebut tidak disemprot dengan pestisida.

3. Meredakan sensasi tak nyaman di pencernaan

Selain dapat dinikmati sebagai pengganti kopi, teh dandelion dari akarnya berpotensi bermanfaat untuk sistem pencernaan. Teh dandelion dari akarnya sudah lama diminum untuk meningkatkan nafsu makan, meredakan rasa tak nyaman di pencernaan, dan berpotensi untuk mengatasi sembelit.Walau menarik untuk dicoba, premis manfaat teh dandelion ini masih bersifat anekdotal dan dibutuhkan riset medis yang menunjang.

4. Berpotensi untuk mencegah infeksi saluran kemih

Teh dandelion dapat mencegah infeksi saluran kemih
Teh dandelion yang dikombinasikan dengan uva ursi dapat membantu cegah ISK
Infeksi saluran kemih atau saluran kencing merupakan infeksi yang cukup umum dialami masyarakat, terutama wanita. Kombinasi akar dandelion dengan herbal lain, yakni uva ursi, berpotensi untuk mencegah infeksi ini. Uva ursi disebutkan mengandung senyawa yang memiliki efek antibakteri. Sementara itu, teh dandelion memiliki efek diuretik untuk meningkatkan volume urine.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Tanaman dandelion secara umum sudah populer untuk menjaga kesehatan organ hati. Diyakini bahwa teh dandelion dari akarnya memberikan efek detoks pada organ tersebut serta meredakan gejala penyakit hati.Tak sampai di situ, teh akar dandelion juga berpotensi untuk mengatasi masalah kulit dan mata.

6. Meredakan gejala flu

Manfaat menarik lain dari teh dandelion adalah potensinya untuk meredakan gejala flu. Sebuah studi in vitro  yang dimuat dalam Virology Journal melaporkan, ekstrak dandelion memiliki efek antiinfluenza. Riset ini juga melaporkan bahwa ekstrak dandelion tidak berefek negatif terhadap sel yang sehat. Walau riset lanjutan masih diperlukan, Anda bisa mencoba menyesap teh dandelion saat flu. Namun, penting untuk diingat bahwa teh dandelion tidak menggantikan penanganan medis untuk penyakit ini.

7. Berpotensi memiliki sifat antikanker

Akar dandelion mulai banyak dikaji atas potensinya untuk melawan kanker. Sebuah studi tahun 2011 menunjukan bahwa ekstrak akar dandelion merangsang kematian sel melanoma tanpa berefek pada sel non-kanker. Walau potensial, riset spesifik untuk efek teh dandelion terhadap kanker belum tersedia. 

Adakah efek samping dari teh dandelion?

Dandelion umumnya aman dikonsumsi bagi banyak orang. Namun, beberapa individu berpotensi untuk mengalami reaksi alergi setelah menyentuh atau mengonsumsi tanaman ini. Dandelion juga dapat berinteraksi dengan obat tertentu, termasuk diuretik, lithium, dan antibiotik ciprofloxacinApabila Anda tengah mengonsumsi obat-obatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba teh dandelion.

Cara membuat teh dandelion

Teh dandelion merupakan herbal yang sangat mudah dibuat. Untuk membuat teh dandelion dari daun dan bunganya, Anda bisa mencuci bagian tumbuhan ini hingga bersih. Kemudian, rendamlah bunga dan daun dandelion dalam air panas selama 15-20 menit.Sementara itu, untuk menikmati teh akar dandelion, Anda bisa mencucinya hingga bersih pula. Kemudian, potong halus akar tersebut dan lanjutkan dengan memanggang di oven selama 2 jam atau menyangrainya. Kemudian, rebus akar dandelion sekitar 10 menit. Jika Anda menginginkan cara yang lebih instan, teh dandelion juga banyak dijual dalam bentuk kering untuk langsung Anda sajikan layaknya menyeduh teh biasa.

Catatan dari SehatQ

Teh dandelion dapat menjadi alternatif herbal yang menawarkan potensi khasiat kesehatan. Teh dandelion bisa dibeli langsung atau diolah sendiri dari tanaman utuhnya. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait manfaat teh dandelion, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
infeksi saluran kemihmasalah pencernaanherbalkopiteh
Healthline. https://www.healthline.com/health/ways-dandelion-tea-could-be-good-for-your
Diakses pada 2 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323710
Diakses pada 2 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3018636
Diakses pada 2 November 2020
Virology Journal. https://virologyj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1743-422X-8-538
Diakses pada 2 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait