Bisa Lewat Ujung Jari, Ini Cara Mengetahui Golongan Darah

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka
Mengetahui golongan darah sangat penting sebelum melakukan transfusi, operasi, hingga untuk kebutuhan medis

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka. Dulu, sebelum dikenal cara mengetahui golongan darah, dunia medis menganggap semua jenis darah sama.

Konsekuensinya, banyak komplikasi akibat transfusi darah yang berlainan. Barulah pada tahun 1901, ditemukan kelompok-kelompok golongan darah.

Mengetahui golongan darah sangat penting karena terkait dengan banyak hal. Mulai dari transfusi darah antara pendonor dan penerima hingga masalah medis lainnya yang terkait erat dengan golongan darah seseorang.

Setiap golongan darah punya keunikan masing-masing. Ada perbedaan kombinasi molekul protein berupa antigen dan antibodi. Antigen hidup di permukaan sel darah merah, sementara antibodi ada di dalam plasma.

Kategorisasi golongan darah

Sebagian besar orang memiliki 4-6 liter darah dalam tubuhnya. Bagian dari darah tersebut adalah:

  • Sel darah merah berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke jaringan tubuh dan membuang karbon dioksida
  • Sel darah putih menangkal infeksi
  • Trombosit membantu proses pembekuan darah
  • Plasma darah adalah cairan terbuat dari protein dan garam

Selain itu, golongan darah terdiri dari dua kategori yaitu ABO dan Rh bergantung pada antigen spesifik di dalamnya. Berikut kategorisasinya:

  1. Golongan darah A mengandung antigen A
  2. Golongan darah B mengandung antigen B
  3. Golongan darah AB memiliki antigen A dan B
  4. Golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B

Setelah mengetahui golongan darah A, B, AB, atau O, maka bisa diidentifikasi faktor Rhesus (Rh). Rhesus adalah protein khusus yang bisa ada dan tidak ada pada tubuh seseorang. Klasifikasinya adalah:

  • Rh positif (memiliki Rh antigen di permukaan sel darah merah)
  • Rh negatif (tidak memiliki Rh antigen di permukaan sel darah merah)

Ibu hamil juga perlu tahu apakah golongan darah yang dimilikinya termasuk Rhesus positif atau negatif.

Cara mengetahui golongan darah

Pada dasarnya, cara mengetahui golongan darah cukup sederhana dan bisa dilakukan lewat prosedur sederhana. Prosesnya bisa dilakukan di klinik, rumah sakit, atau laboratorium.

Seseorang yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dalam mengambil darah akan mengambil sampel darah dari lengan atau ujung jari Anda. Kemudian, sampel darah tersebut akan dicampurkan dengan antibodi hingga bereaksi.

Contohnya, ketika sampel darah Anda menggumpal ketika dicampurkan dengan golongan darah tipe B, maka Anda memiliki golongan darah A.

Setelah golongan darah ditentukan, akan ditambahkan serum anti-Rh. Ketika darah bereaksi menggumpal, artinya golongan darahnya adalah Rh-positif.

Selain lewat tes golongan darah, biasanya saat seseorang akan mendonorkan darah dan belum tahu golongan darahnya, petugas bisa membantu mengecek golongan darahnya.

Ada juga cara mengetahui golongan darah dengan alat yang bisa dilakukan sendiri di rumah (home testing kit). Bahkan ada juga cara mengetahui golongan darah lewat air liur namun alatnya dijual dengan harga lebih mahal.

Pentingnya tahu golongan darah

Selain menghindari komplikasi pada saat transfusi darah antara golongan darah berlainan, biasanya prosedur mengetahui golongan darah juga diperlukan untuk hal lain. Beberapa contohnya adalah saat:

  • Sebelum menjalani operasi
  • Sebelum transplantasi organ
  • Bayi baru lahir
  • Ibu hamil
  • Kebutuhan medis tertentu

Bagi Anda yang sudah pernah mengecek apa golongan darah, penting untuk terus mengingatnya. Apabila tes yang dilakukan sudah terlalu lama, ada baiknya mengetahui golongan darah dengan melakukan tes ulang. Mengetahui golongan darah sangat penting karena kita tidak pernah tahu kapan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-find-out-your-blood-type#takeaway
Diakses 21 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/operations-tests-and-procedures/how-can-i-find-out-my-blood-type-blood-group/
Diakses 21 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/blood-types-what-to-know#1
Diakses 21 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed