Bisa Jadi Pengganti Krimer, Susu Evaporasi Cocok untuk Menaikkan Berat Badan


Susu evaporated adalah jenis susu dengan tekstur lebih kental dibandingkan dengan susu segar. Dari segi warna dan rasa, susu evaporasi ini cocok menjadi pengganti krimer (susu kental manis). Itu sebabnya, susu ini dapat membantu menaikkan berat badan.

(0)
17 Dec 2020|Azelia Trifiana
Susu evaporated mirip dengan kental manisSusu evaporasi bertekstur kental
Susu evaporated adalah jenis susu dengan tekstur lebih kental dibandingkan dengan susu segar. Dari segi warna dan rasa, susu evaporasi ini cocok menjadi pengganti krimer (susu kental manis). Itu sebabnya, susu ini dapat membantu menaikkan berat badan.Selain dikonsumsi langsung, susu ini juga bisa digunakan untuk mengolah beragam masakan. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin dan juga mineral.

Cara pembuatan susu evaporasi

Susu evaporated dibuat dengan menghilangkan 60% kandungan air di dalamnya. Kemudian, tahap pembuatan selanjutnya adalah mencampur lemak susu secara seragam, dilakukan sterilisasi untuk menghindari tumbuhnya organisme berbahaya, barulah dikemas dalam bentuk kaleng.Cara pembuatan ini membuatnya jauh lebih kental. Warna dan rasanya pun lebih kekuningan dengan rasa manis seperti karamel. Proses pembuatan ini menjadikan susu evaporasi lebih tahan lama dibandingkan dengan susu biasa.

Perbedaan antara susu evaporasi dan susu kental manis

Jenis susu evaporated kerap dihubungkan dengan susu kental manis. Keduanya memang sama, hanya saja yang kedua kerap kali diberi tambahan pemanis atau gula.

Kandungan nutrisi susu evaporasi

Meski lebih dari separuh kandungan airnya dihilangkan, komposisi nutrisi susu evaporated tetap padat. Dalam 1 cangkir atau 240 ml susu evaporated terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 338
  • Karbohidrat: 25 gram
  • Protein: 17 gram
  • Lemak: 19 gram
  • Kalsium: 50% AKG
  • Magnesium: 15% AKG
  • Zinc: 18% AKG
Kandungan mineral dalam susu evaporasi baik untuk tubuh. Kalsium membantu pertumbuhan tulang, magnesium berperan untuk kesehatan otak, jantung, dan otot. Sementara zinc sangat diperlukan untuk sistem pencernaan, pertumbuhan, dan fungsi sistem imun.Jenis produk susu terkonsentrasi yang sudah dikurangi lemaknya memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi ketimbang dari susu segar. Di sisi lain, susu sejenis yang diberi pemanis tentu membuat kadar kalorinya melejit pula.

Manfaat konsumsi susu evaporasi

Susu evaporasi cocok untuk menaikkan berat badan
Mengonsumsi susu yang terkonsentrasi atau evaporated milk ini sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha menaikkan berat badan. Kondisi kekurangan berat badan adalah faktor risiko terjadinya demensia, infeksi, hingga kematian.Tingginya nutrisi di dalam susu evaporasi membuatnya sangat disarankan bagi yang berusaha mencapai berat badan ideal. Terlebih, susu jenis ini tidak mengandung pemanis tambahan yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.Meski demikian, pola makan bagi mereka yang sedang berusaha menaikkan berat badan harus dalam pengawasan dokter. Tujuannya agar tidak terjebak dalam pola makan yang buruk dan berlebihan.Susu evaporasi juga bisa memberikan asupan mineral yang diperlukan tubuh. Di dalamnya terdapat mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan zinc. Tak hanya itu, pengganti krimer ini juga mengandung vitamin A dan vitamin D.

Efek samping susu evaporasi

susu kental manis
Susu evaporasi mengandung laktosa 2x lipat dibanding susu biasa
Bagi beberapa orang yang mengalami alergi laktosa, konsumsi susu evaporasi bisa jadi menimbulkan masalah. Alasannya, di dalamnya terdapat lebih banyak laktosa dan protein susu per volume jika dibandingkan dengan susu biasa.Laktosa merupakan jenis karbohidrat yang ditemukan pada susu dan produk turunannya. Mereka yang mengalami alergi laktosa kekurangan enzim laktase sehingga proses cerna laktosa tidak bisa optimal.Oleh sebab itu, gejala yang mungkin muncul mulai dari sakit perut, kembung, hingga diare. Menurut beberapa penelitian, orang dengan intoleransi laktosa dapat menoleransi 15 gram laktosa per harinya. Ini setara dengan 1-2 gelas susu biasa.Masalahnya, susu evaporated mengandung 2 kali lebih banyak laktosa ketimbang susu biasa. Kandungan karbohidratnya lebih tinggi.Selain itu, potensi efek samping lain juga bisa dialami anak-anak dalam bentuk alergi susu sapi. Mengingat protein susu tetap ada meski lewat proses pembuatannya, ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada anak-anak, sekitar 3% populasi di negara maju.Untuk kondisi seperti ini, langkah pencegahan yang paling tepat adalah dengan menghindari mengonsumsinya sama sekali.

Catatan dari SehatQ

Bagi orang yang tak mengalami masalah terhadap alergi susu sapi atau alergi laktosa, susu evaporated bisa menjadi sumber nutrisi yang menyehatkan.Penasaran ingin tahu apa lagi manfaat konsumsi susu evaporasi untuk tubuh? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/evaporated-milk-nutrition
Diakses pada 3 Desember 2020
JAMA. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31638683/
Diakses pada 3 Desember 2020
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6566637/
Diakses pada 3 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait