Bisa Atasi Disfungsi Ereksi, Kenali 7 Manfaat Ginseng Korea

Ginsekng Korea bermanfaat meningkatkan libido pria
Ginseng Korea dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual

Tahukah Anda bahwa terdapat sekitar 11 sampai 12 spesies ginseng di dunia? Salah satu jenis ginseng yang terkenal adalah ginseng Korea atau Panax ginseng yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan.

Ginseng Korea telah digunakan sebagai obat tradisional Cina dari dahulu kala dan dipercaya mampu melancarkan sirkulasi tubuh dan memiliki ciri khas menghangatkan. Manfaat ginseng Korea beragam, mulai dari diabetes sampai mengatasi disfungsi ereksi.

Apa saja khasiat ginseng Korea?

Ginseng Korea merupakan obat dari tumbuhan tradisional yang berada di kawasan Asia Timur dan sering ditemukan di pegunungan sekitar Korea, Cina, dan Rusia. Ginseng Korea terdiri dari dua jenis, yaitu yang tidak dikukus dan berwarna putih serta yang dikukus dan berwarna merah.

Ginseng Korea yang dikukus dan berwarna merah mengandung kandungan antiradang yang lebih tinggi akibat proses pengukusan. Ginseng Korea memiliki rasa yang sedikit manis dan akan memunculkan rasa pahit setelah dikonsumsi.

Ginseng Korea dikenal dapat membantu para pria saat melakukan aktivitas bersama pasangan di ranjang. Namun, manfaat ginseng Korea tidak hanya itu saja, tetapi terdapat berbagai kegunaan ginseng Korea lainnya.

1. Mengatasi disfungsi ereksi

Manfaat ginseng Korea yang paling dikenal dan menarik bagi para pria adalah memiliki kemampuan untuk mengatasi disfungsi ereksi atau kesulitan untuk mendapatkan ereksi.

Khasiat ginseng Korea ini baru bisa dirasakan jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Selain itu, ginseng Korea juga dinyatakan relatif aman sebagai penanganan disfungsi ereksi.

2. Meningkatkan hasrat seksual

Tidak hanya disfungsi ereksi, ginseng Korea juga dapat meningkatkan hasrat dan kepuasan seksual pada wanita yang sedang dalam masa post menopause.

Penggunaan ginseng Korea warna merah dalam bentuk bubuk dipercaya dapat menaikkan hasrat seksual pada wanita dengan masalah seksual.

3. Menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes

Ginseng Korea   mampu menjaga kadar gula darah pada orang-orang sehat maupun penderita diabetes. Senyawa ginsenoside dalam ginseng Korea yang bersifat antioksidan dan antiradang dipercaya mampu menanggulangi diabetes.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Ingin meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan fungsi kognitif otak? Coba konsumsi ginseng korea yang membantu meningkatkan fungsi kognitif, khususnya bagi kaum lansia, dengan senyawa antioksidannya.

Bahkan, konsumsi ginseng Korea secara rutin selama 12 minggu dapat meningkatkan performa kognitif pada penderita Alzheimer.

5. Meringankan gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK merupakan gangguan pada paru yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernapas. Ginseng Korea ditemukan dapat meringankan dampak dari PPOK.

6. Menurunkan risiko terkena flu

Meskipun ginseng Korea tidak dapat mengobati atau memperpendek durasi mengidap  flu, tetapi mengonsumsi Panax ginseng didapati dapat menurunkan risiko Anda terjangkit flu.

7. Mengurangi rasa lelah akibat multiple sclerosis

Salah satu dampak dari penyakit multiple sclerosis adalah menimbulkan rasa lelah pada tubuh. Memakan ginseng Korea secara rutin dipercaya dapat mengurangi rasa lelah pada wanita penderita multiple sclerosis.

Meskipun memiliki berbagai manfaat yang menggiurkan, tetapi perlu diketahui bahwa khasiat-khasiat ginseng Korea di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jangan menjadikan ginseng korea sebagai pengobatan utama penyakit Anda, selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi apapun.

Efek samping menggunakan ginseng Korea

Seperti tanaman obat lainnya, terdapat beberapa efek samping yang dapat dialami ketika Anda mengonsumsi ginseng Korea, di antaranya adalah:

  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Penurunan atau peningkatan tekanan darah
  • Masalah di pencernaan
  • Diare
  • Mual
  • Gelisah
  • Nyeri di payudara
  • Masalah menstruasi
  • Pendarahan di vagina
  • Pusing

Meskipun jarang terjadi, tetapi masih ada efek samping ginseng Korea yang cukup berbahaya, bila Anda mengalami efek samping di bawah, segera hentikan konsumsi ginseng Korea.

  • Detak jantung cepat dan tidak beraturan
  • Reaksi alergi, seperti ruam-ruam, pembengkakan di sekitar wajah, lidah, bibir, dan tenggorokan, gatal, kesulitan bernapas, dan pusing

Jangan mengonsumsi ginseng Korea secara berlebih karena konsumsi yang terlalu banyak dapat menimbulkan keracunan atau overdosis.

Penderita tekanan darah tinggi, wanita yang sedang hamil atau menyusui, dan anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ginseng Korea.

Jika Anda mengonsumsi obat diabetes, obat pengencer darah, obat penghambat monoamine oxidase, obat antipsikotik, dan obat dengan enzim CYP3A4, maka Anda tidak boleh mengonsumsi ginseng Korea.

Catatan dari SehatQ

Meskipun terdapat berbagai khasiat ginseng Korea yang dapat dinikmati, tetapi Anda harus waspada terhadap efek sampingnya. Jika Anda mengalami efek samping di atas, hentikan penggunaan ginseng Korea.

Belum ada standar penggunaan dari ginseng Korea. Oleh karenanya, selalu konsultasikan ke dokter untuk mengetahui takaran yang sesuai untuk Anda.

Tanyakan kepada dokter apakah Anda dapat mengonsumsi ginseng Korea atau tidak bila Anda mengalami kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/5702.php
Diakses pada 12 Februari 2020

New World Encyclopedia. https://www.newworldencyclopedia.org/entry/Ginseng
Diakses pada 12 Februari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/chronic-obstructive-pulmonary-disease-copd/
Diakses pada 12 Februari 2020

Plos One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0107391
Diakses pada 12 Februari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ginseng-89219#citation-6
Diakses pada 12 Februari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/korean-ginseng-benefits-4588917
Diakses pada 12 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1000/panax-ginseng
Diakses pada 12 Februari 2020

Artikel Terkait