Birch Sap, Getah Pohon Birch yang Bisa Membuat Cantik dan Awet Muda

(0)
06 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Birch sap adalah getah pohon birch yang memiliki rasa manis dan bermanfaat bagi tubuhProses pengambilan birch sap dari pohon birch
Birch sap adalah getah dari pohon birch. Pada musim dingin, pohon birch akan menyimpan nutrisi makanannya. Memasuki awal musim semi, nutrisi ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk birch sap atau air yang bisa dikonsumsi.Tampilan birch sap sekilas mirip air kelapa, yakni bening tanpa warna dengan rasa sedikit manis apabila dikonsumsi langsung. Jika didiamkan 2-3 hari, birch sap mulai mengalami fermentasi dan rasanya menjadi lebih asam.

Kandungan nutrisi birch sap

Birch sap termasuk minuman rendah kalori dan gula, tapi punya kandungan mineral yang cukup tinggi, khususnya magnesium dan mangan. Getah pohon birch juga mengandung karbohidrat, kalsium, dan zinc.Beberapa studi mengungkapkan bahwa birch sap juga memiliki kandungan fosfor, kalium, asam folat, vitamin C, dan tembaga. Getah pohon birch juga kaya folifenol yang bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi dari radikal bebas.Perlu diingat bahwa kandungan nutrisi birch sap bisa beragam. Semuanya tergantung pada lokasi penanaman, jenis dan kandungan tanah, jenis spesies, serta usia pohon birch.

Manfaat birch sap untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, birch sap memiliki banyak manfaat menguntungkan bagi kesehatan, seperti:

1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mangan pada birch sap cukup tinggi. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan tulang. 300 ml birch sap bahkan dapat memenuhi sekitar 130 persen dari kebutuhan mangan harian.Sebuah studi menunjukkan bahwa jika mangan dikombinasikan dengan kalsium, zinc, dan tembaga, maka akan dapat membantu mengurangi keropos tulang belakang pada lansia. Selain mangan, berbagai mineral tersebut juga terkandung dalam birch sap.

2. Sumber antioksidan

Konsumsi mangan dapat membantu tubuh dalam pembentukan senyawa antioksidan yang bernama superoxide dismutase (SOD). Senyawa ini mampu melindungi sel dari kerusakan karena oksidasi dan menurunkan risiko dari berbagai penyakit kronis.Birch sap juga kaya akan polifenol, yakni senyawa antioksidan yang penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, polifenol bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit Parkinson, Alzheimer, osteoporosis, serta mencegah pembentukan beberapa jenis kanker.Kandungan vitamin C pada birch sap juga dikenal sebagai antioksidan yang kaya manfaat. Pada jenis getah pohon birch putih, terdapat senyawa betulin yang mampu membentuk asam betulinat dalam tubuh. Asam ini disinyalir memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antikanker.

3. Kesehatan kulit

Antioksidan adalah salah satu alasan utama mengapa birch sap juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan produk perawatan kulit. Sifat antioksidan pada birch sap sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.Hal ini didukung dengan kandungan vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen pada kulit. Birch sap juga mampu meningkatkan kelembapan kulit sehingga membuatnya tetap sehat dan bersinar.Sebuah studi menunjukkan, mengganti komposisi air dengan getah pohon birch pada produk kosmetik dapat memberikan keuntungan bagi kulit. Hal ini meningkatkan produksi sel kulit yang bernama keratinosit sehingga kulit dapat beregenerasi, elastis, dan terhidrasi.Studi terhadap kandungan ekstrak birch sap juga menunjukkan adanya manfaat birch sap untuk kesehatan gigi, menghilangkan selulit, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan kesehatan liver dan ginjal.

Cara mendapatkan manfaat birch sap

Getah pohon birch atau birch sap dapat dikonsumsi langsung tanpa campuran apa pun. Jika Anda memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda berhati-hati jarena minuman birch sap yang dijual di pasaran mungkin telah diberi tambahan gula atau perasa.Selain dijual dalam bentuk kemasan, birch sap juga diproses menjadi produk-produk lainnya, seperti sirup, bir, anggur, serta mead (sejenis minuman beralkohol yang berasal dari madu yang difermentasi).Tidak hanya diolah menjadi makanan atau minuman, getah pohon birch juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetik dan produk perawatan kulit untuk merasakan manfaatnya.

Efek samping birch sap

Penggunaan birch sap cenderung aman dan minim risiko. Meski demikian, bukan berarti bahwa getah pohon birch bebas alergi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 39 persen orang yang alergi pada serbuk sari pohon birch, ternyata juga reaktif terhadap birch sap saat uji goresan pada kulit mereka.Selain itu, kandungan mangan yang tinggi juga perlu diwaspadai, khususnya bagi penderita penyakit hati (liver). Ambang atas konsumsi mangan per hari adalah 2-6 mg per hari bagi anak-anak dan 9-11 mg per hari bagi orang dewasa.Jika Anda punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar kandungan dan manfaat birch sap bagi kesehatan, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
antioksidantanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/birch-sap
Diakses 22 September 2020
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/coconut-water-history-taste-5-benefits-birch-tree-sap-317048
Diakses 22 September 2020
Pubmed NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7214889/
Diakses 22 September 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/322711187_Chemical_characterization_and_in_vitro_evaluation_of_birch_sap_and_a_complex_of_plant_extracts_for_potential_use_in_cosmetic_anti-ageing_products
Diakses 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait