Penyebab Bintik Putih di Penis dan Cara Mengatasinya dengan Tepat


Kemunculan bintik putih di penis memang tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus dapat menjadi pertanda masalah kesehatan serius. Cara mengatasinya harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasari.

0,0
Bintik putih di penis seringkali menyebabkan kekhawatiran pada priaAda berbagai macam kondisi yang dapat menjadi penyebab bintik putih di penis
Penis adalah salah satu bagian tubuh yang bisa meningkatkan kepercayaan diri pria. Saat muncul masalah pada Mr. P, kekhawatiran pun kemudian muncul. Salah satu kondisi yang cukup sering mengundang pertanyaan dan kekhawatiran yaitu bintik putih di penis.Bintik putih di penis seringkali dianggap sebagai pertanda adanya masalah kesehatan serius pada alat vital. Padahal, munculnya bintik putih mirip komedo ini tak selalu berbahaya. Lantas, apa yang sebenarnya menjadi pemicunya?

Penyebab bintik putih di penis

Ada berbagai macam kondisi yang dapat menjadi penyebab bintik putih di penis. Beberapa di antaranya tidak berbahaya, tetapi kemunculannya juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius pada penis.Berikut ini beberapa kondisi yang berpotensi menyebabkan munculnya bintik putih di penis:

1. Jerawat

Bintik putih pada penis bisa saja muncul karena jerawat. Minyak yang terperangkap di bagian dalamnya membuat jerawat tampak keputihan. Selain minyak, keringat dan kotoran juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada penis.

2. Pearly penile papules

Pearly penile papules menyebabkan munculnya bintik putih maupun kekuningan di sekitar kelenjar atau kepala penis. Penyebab kondisi ini belum diketahui hingga sekarang, namun biasanya terjadi setelah masa pubertas dan pada pria yang tidak disunat.

3. Lichen planus

Gangguan kulit ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, termasuk penis. Lichen planus membuat munculnya bintik merah atau ungu dengan garis-garis putih halus. Sejumlah faktor yang dipercaya berkontribusi dalam berkembangnya kondisi ini antara lain gangguan imun, infeksi virus hepatitis C, hingga alergi terhadap senyawa tertentu.

4. Kutil kelamin

Bintik putih di penis dapat muncul sebagai kutil kelamin. Penyakit yang tergolong dalam infeksi menular seksual (IMS) ini bisa berpindah ke orang lain lewat kontak fisik dengan bagian yang terinfeksi.

5. Sifilis

Sifilis adalah salah satu infeksi menular seksual yang dapat memicu kemunculan bintik putih pada penis. Paling sering ditularkan melalui hubungan seksual, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.

6. Herpes kelamin

Bintik putih pada penis dapat menjadi tanda bahwa Anda menderita herpes kelamin. Biasa muncul tanpa gejala, kemunculannya dapat berkembang menjadi luka lepuh yang memicu sensasi terbakar dan gatal pada Mr. P. Kondisi yang disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV) ini umumnya menular lewat aktivitas seksual.

Bagaimana cara mengatasi bintik putih di penis?

Cara mengatasi bintik putih pada penis harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Beberapa dapat ditangani lewat perawatan rumahan. Namun, ada juga kondisi membutuhkan penanganan medis.Cara mengatasi bintik putih di penis adalah sebagai berikut:
  • Jerawat: biasanya bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan medis. Melakukan kompres hangat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Jangan sekali-kali mencoba untuk memencet bintik putih di penis karena bisa menyebabkan luka dan infeksi.
  • Pearly penile papules: kondisi ini sebenarnya tak memerlukan penanganan karena tidak berbahaya. Anda dapat menghilangkan pearly penile papules dengan laser dan operasi.
  • Lichen planus: bintik putih di penis akibat lichen planus dapat hilang tanpa perawatan. Penggunaan krim steroid jangka pendek bisa membantu mempercepat penyembuhan. Perawatan rumahan untuk membantu mengatasi kondisi ini adalah mengompresnya dengan kompres dingin.
  • Kutil kelamin: kondisi ini bisa sembuh dengan sendiri, tapi terkadang dapat menyebar dan tumbuh jika dibiarkan. Kutil kelamin dapat ditangani dengan krim topikal dari dokter. Untuk mencegah penularannya, gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks.
  • Sifilis: Cara mengatasi sifilis yaitu dengan menyuntikkan antibiotik penisilin dengan berbagai jenis dosis, tergantung fasenya. Hal ini tentu harus dilakukan ole dokter dan sifilis tidak bisa sembuh dengan sendirinya.
  • Herpes kelamin: untuk mengatasi kondisi ini, dokter biasanya akan meresepkan obat antivirus untuk mengurangi durasi serta tingkat keparahan. Perawatan rumahan yang bisa dilakukan dengan kompres dingin.

Catatan dari SehatQ

Bintik putih di penis seringkali menyebabkan kekhawatiran pada pria. Dalam beberapa kasus, kemunculannya memang tidak berbahaya, tetapi bintik putih pada penis juga dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan serius. Cara mengatasinya harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasari.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
infeksi menular seksualkutil kelaminsifilis
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321281
Diakses pada 28 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/whiteheads-on-penis
Diakses pada 28 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait