Waspada, Bintik Hitam di Mata Bisa Menandakan Kondisi Serius, Ini Penyebabnya


Bintik hitam di bagian putih mata (eye frecklesss) umumnya tidak berbahaya. Ini mirip dengan tahi lalat alias nevus. Namun, Anda harus waspada jika terjadi perubahan bentuk atau muncul gejala lain. Ini bisa jadi merupakan cikal bakal kanker mata.

0,0
bintik hitam di mataBintik hitam di mata biasanya setipe dengan tahi lalat dan umumnya tidak bahaya
Ketika becermin, pernahkah Anda menemukan bintik hitam di bagian putih mata? Meskipun tidak mengganggu pandangan, mungkin Anda penasaran dengan kondisi tersebut. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di mata. 

Penyebab bintik hitam di mata 

Jika Anda menemukan bintik hitam pada sklera (bagian putih di bola mata), jangan dulu panik. Sebab, kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Bintik hitam di mata, atau disebut juga eye freckles, adalah kondisi munculnya titik hitam di sklera mata akibat bercak atau nevus, layaknya tahi lalat atau tanda lahir di kulit. Dengan kata lain, bintik hitam ini adalah tahi lalat di bola mata.Namun, tidak seperti tahi lalat di kulit yang sebagian besar menonjol, bintik hitam di sklera mata umumnya datar dan bisa berwarna hitam, cokelat, hingga merah muda.Nevus terjadi karena sel pigmentasi atau pertumbuhan melanosit yang berlebihan. Kondisi ini biasanya ada sejak lahir atau bisa juga muncul pada masa kanak-kanak. Nevus atau bintik ini bisa semakin jelas ketika dewasa.Menurut American Academy of Ophthalmology, nevus tidak hanya terjadi di sklera mata (conjunctival nevus). Kondisi ini juga bisa terjadi di bagian iris mata (iris nevus).Bahkan, nevus juga bisa muncul pada jaringan di bawah retina (choroidal nevus). Jika kondisi ini terjadi, perlu bantuan lampu khusus untuk bisa melihatnya. Sama halnya dengan tahi lalat pada kulit, nevus juga perlu dipantau. Pasalnya, kondisi ini mungkin bisa berkembang menjadi kanker mata. 

Kapan harus ke dokter mata?

Meski umumnya tidak berbahaya, Anda perlu memantau bintik hitam yang muncul di mata. Terlebih jika bintik ini muncul secara tiba-tiba, berubah bentuk, meluas, atau malah menyebabkan mata terasa tidak nyaman. Jika itu yang terjadi, segera konsultasikan ke dokter mata untuk memastikan kondisi Anda. Pasalnya, perubahan bentuk dan ukuran bintik hitam di bagian putih mata bisa menandakan adanya kanker mata melanomaSegeralah ke dokter jika nevus di mata Anda disertai gejala:
  • Adanya sensasi kilatan pada pandangan mata
  • Penglihatan terhalang oleh bayangan atau bercak hitam (eye floaters)
  • Bengkak
  • Iritasi mata 
  • Penglihatan buram
  • Kehilangan penglihatan
Untuk memastikan hal ini, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan, salah satunya biopsi. 

Apakah bintik hitam di mata perlu perawatan khusus?

Kondisi bintik hitam di mata (eye freckles) umum terjadi dan tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, sebagaimana penjelasan sebelumnya, jika Anda mulai menyadari dan melihat adanya perubahan yang terjadi pada bintik di mata, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat. Melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan kaca mata hitam bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah bintik muncul. Pasalnya, ada penelitian yang menyebutkan bahwa paparan sinar matahari bisa meningkatkan risiko timbulnya nevus pada iris mata. Selain itu, menjaga kebersihan dan kesehatan mata secara umum bisa mencegah Anda Anda mengalami iritasi dan gangguan pada mata. Beberapa cara berikut ini bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mata:
  • Makan makanan bergizi seimbang, terutama yang makanan mengandung vitamin A
  • Bersihkan tangan sebelum menyentuh mata
  • Rutin membersihkan wajah dan mata 
  • Rutin membersihkan atau mengganti alat riasan mata
  • Rutin berolahraga
  • Atur jarak, posisi membaca, dan pencahayaan
  • Istirahatkan mata sejenak saat aktivitas membaca atau menggunakan gadget 
  • Tidur cukup
  • Rutin ke dokter mata setiap 6 bulan atau 1 tahun
Beberapa orang mungkin mengalami bentuk lain dari bintik hitam di mata, yakni terhalangnya pandangan akibat bercak hitam. Ini bukanlah nevus mata, melainkan eye floaters.Keduanya adalah kondisi yang berbeda. Untuk memastikan kondisi Anda, konsultasikanlah dengan dokter.Anda juga bisa mencoba melakukan konsultasi dokter online lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play, gratis! 
kesehatan matakanker matapenyakit matamelanoma
Rajarajeswari Medical College. https://www.rrmch.org/blog/dark-spot-on-the-sclera-of-eye-what-is-it/
Diakses pada 13 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eye-melanoma/symptoms-causes/syc-20372371
Diakses pada 13 Agustus 2021
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-nevus
Diakses pada 13 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait