Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Ini Beragam Manfaat Teh Chamomile

(0)
Teh chamomile membantu Anda tertidur lebih lelapTeh chamomile membuat tidur lebih rileks
Bagi Anda para pecinta teh tentu sudah tak asing lagi mendengar jenis teh chamomile. Ya, chamomile adalah salah satu jenis herbal yang berasal dari bunga matahari, daisy, dan krisan dari keluarga tanaman Asteraceae.Banyak orang menikmati teh chamomile sebagai alternatif minuman pengganti bebas kafein, seperti teh hitam atau teh hijau. Chamomile atau kamomil sendiri sudah dikonsumsi selama berabad-abad lamanya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Dapatkan manfaat teh chamomile ini

Manfaat teh chamomile didapat dari kandungan flavonoid, yaitu jenis senyawa yang berfungsi sebagai obat. Selain itu, teh chamomile juga mengandung antioksidan yang disinyalir berperan mengurangi risiko beberapa penyakit berat, seperti jantung dan kanker.Selain khasiat di atas, mungkin masih ada berbagai khasiat teh chamomile yang belum Anda ketahui. Apa saja manfaat lain dari teh chamomile untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian? Ini dia:

1. Membantu tidur lebih nyenyak

Sulit tidur di malam hari? Cobalah untuk minum segelas teh kamomil hangat sebelum tidur. Teh kamomil mengandung apigenin, yaitu antioksidan yang mengikat salah satu reseptor tertentu di otak sehingga meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa wanita pasca melahirkan mengonsumsi minuman ini selama dua minggu berturut-turut mengaku tidur lebih nyenyak, dibandingkan yang tidak. Mereka juga tidak mengalami gejala depresi, yang kerap memicu masalah sulit tidur.

2. Meredakan gejala flu

Hasil penelitian yang dipublikasikan dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengemukakan bahwa rutin minum teh chamomile dapat membantu melawan infeksi penyebab flu. Namun, khasiat teh kamomil satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meringankan kram perut saat haid

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa khasiat teh chamomile dapat membantu meringankan kram perut saat haid. Teh ini dapat meningkatkan kadar glisin dalam urin. Glisin adalah zat yang dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi.

4. Meredakan peradangan

Teh kamomil mengandung senyawa kimia yang dapat meredakan peradangan. Meski demikian, peradangan jangka panjang dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai kondisi kesehatan, seperti wasir, infeksi pencernaan, radang sendi, gangguan autoimun, hingga depresi.

5. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, rutin minum teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chamomile mungkin dapat menjadi suplemen pendukung bagi para penderita diabetes.Selain itu, kandungan antiperadangan dalam teh chamomile dianggap dapat mencegah kerusakan pada sel-sel pankreas. Kondisi tersebut kerap terjadi pada penderita yang mengalami peningkatan gula darah kronis.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh kamomil juga disebut-sebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan flavon, salah satu jenis antioksidan, di dalamnya berpotensi menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol sebagai risiko yang menyebabkan penyakit jantung.

7. Mengurangi risiko penyakit kanker

Manfaat teh chamomile selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya diklaim dapat menghancurkan sel-sel kanker, bahkan mencegah sel-sel tersebut agar tidak berkembang.Namun demikian, khasiat teh chamomile untuk mengurangi risiko penyakit kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Seberapa banyak minum teh chamomile yang dianjurkan?

Sebenarnya, tidak ada dosis atau standar keamanan dalam mengonsumsi teh chamomile. Umumnya, Anda bisa minum teh chamomile sebanyak satu hingga empat cangkir setiap hari.Untuk membuat teh chamomile, Anda bisa merendam kantong teh kamomil atau bunga kamomil kering dalam air panas selama 5-10 menit. Kemudian, minum teh chamomile selagi hangat.Meski aman dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat, ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang membuat seseorang tidak boleh minum teh ini. Misalnya:
  • Wanita sedang hamil.
  • Bayi dan anak-anak.
  • Alergi terhadap produk yang berasal dari chamomile dan tanaman dari keluarga Asteraceae, seperti chamomile, ragweed, aster, krisan, atau marigold.
Oleh sebab itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dulu sebelum rutin minum teh chamomile. Dokter akan membantu untuk menentukan apakah Anda cocok mengonsumsinya atau tidak.Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat teh chamomile dengan optimal, efektif, dan tetap aman.
minuman proteincamilan sehathidup sehat
Web Md. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-chamomile#1
Diakses pada 7 November 2019
Web Md. https://www.webmd.com/women/news/20050107/chamomile-tea-may-fight-colds-menstrual-cramps
Diakses pada 7 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/5-benefits-of-chamomile-tea
Diakses pada 7 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/chamomile-tea-acid-reflux
Diakses pada 7 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320031.php
Diakses pada 7 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26483209
Diakses pada 7 November 2019
Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology, and Infertility. https://www.researchgate.net/publication/286965003_Chamomile_tea_for_relief_of_primary_dysmenorrhea
Diakses pada 7 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait