10 Manfaat Biji Mangga Bagi Kesehatan, yang Juga Menyehatkan Kulit

Biji mangga sebenarnya bisa dimanfaatkan menjaga kesehatan, termasuk mengontrol gula darah.
Selain buahnya, biji mangga ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Biji mangga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Namun sayangnya, biji mangga seringkali dibuang begitu saja. Sebab, memang belum banyak yang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan.

Padahal selain kaya vitamin dan mineral, biji mangga juga mengandung senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh, dan antioksidan yang sanggup mencegah berbagai risiko penyakit.

Manfaat biji mangga bagi kesehatan

Seperti halnya buah mangga yang bermanfaat karena kandungan vitamin dan mineralnya, biji mangga pun membawa berbagai khasiat untuk kesehatan. Sebut saja mengontrol gula darah, mencegah penyakit stroke, penyakit jantung, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan berat badan, sebagai beberapa manfaat biji mangga.

1. Mengontrol gula darah

Manfaat biji mangga yang pertama adalah menurunkan kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit diabetes. Kandungan ekstrak etanol dalam biji mangga memiliki sifat antidiabetik yang efektif mengurangi kadar gula dalam darah.

Selain itu, ekstrak etanol dalam biji mangga juga dapat mengubah fungsi enzim usus dan hati, sehingga mengurangi penyerapan glukosa. Mengonsumsi ekstrak biji mangga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Mencegah penyakit stroke dan jantung

Risiko penyakit akibat tekanan darah tinggi bisa dikurangi
dengan mengonsumsi biji mangga.

Mengonsumsi biji mangga juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit akibat tekanan darah tinggi, seperti penyakit stroke dan jantung.

Kandungan antioksidan polifenol dalam biji mangga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, melawan radikal bebas serta mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam biji mangga seperti fitokimia dan asam galat, memiliki efek antipoliferatif dan berfungsi menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

4. Mengurangi peradangan

Biji mangga juga mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiperadangan. Dengan sifat antiperadangan ini, biji mangga juga dapat menghilangkan rasa sakit akibat sengatan lebah dan kalajengking. Untuk menggunakannya, biji mangga bisa diolah menjadi bubuk, pasta atau salep, dan dioleskan pada bagian kulit yang membutuhkannya.

5. Mencegah diare

Manfaat biji mangga selanjutnya yaitu mencegah diare. Ekstrak biji mangga memiliki sifat antimikroba yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus. Salah satu bakteri patogen ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare.

Biji mangga yang sudah dihaluskan juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan diare. Biji mangga bubuk tersebut baik dikonsumsi menggunakan madu selama 2-3 kali sehari.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam biji mangga yang begitu tinggi juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dalam biji mangga dipercaya mampu mengurangi jerawat, kerutan serta bintik-bintik penuaan pada kulit.

Untuk merasakan khasiat biji mangga pada kulit, Anda dapat mengolahnya menjadi pasta atau lulur dengan cara berikut ini:

  • Keringkan biji mangga di bawah terik matahari.
  • Hancurkan biji mangga hingga menjadi bubuk halus.
  • Campur bubuk biji mangga dengan jus tomat hingga menjadi campuran pasta.
  • Oleskan pasta pada wajah maupun area kulit lainnya dan diamkan selama beberapa menit.
  • Pasta yang dioleskan ke kulit ini mampu mengangkat komedo, sel kulit mati, dan jerawat.
  • Scrub alami yang ringan dan diolah dari biji mangga ini dapat digunakan sehari-hari.

Selain untuk menjaga kesehatan kulit, pasta biji mangga juga dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir. Sebab kandungan antioksidan dalam biji mangga sanggup meregenerasi sel-sel kulit.

7. Menjaga kesehatan rambut

Biji mangga juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan mencegah pertumbuhan uban. Minyak yang diolah dari biji mangga dapat memperkuat folikel rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Untuk membuat mentega dari biji mangga, Anda dapat mengupas lapisan terluar biji mangga dan mencampurkannya dengan minyak zaitun, minyak kelapa maupun minyak mustard. Simpan campuran ini dalam botol dan jemur di bawah matahari selama satu minggu, sebelum mengoleskannya pada rambut.

8. Menjaga kesehatan gigi

Pasta yang diolah dari biji mangga pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Cara menggunakannya persis seperti penggunaan pasta gigi.

9. Menurunkan berat badan

Selain menurunkan kadar kolesterol, ekstrak biji mangga bisa berfungsi mengontrol glukosa dan kadar lemak, sehingga baik digunakan untuk menurunkan berat badan.

10. Mencegah penyakit akibat cacing

Kandungan senyawa tanin, saponin dan flavonoid dalam biji mangga mampu membunuh cacing usus. Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak biji mangga bisa mengurangi berbagai risiko gangguan kesehatan akibat cacing usus.

Catatan dari SehatQ

Saat hendak mengolahnya untuk digunakan, bersihkan biji mangga terlebih dahulu. Selain itu, apabila Anda mengalami reaksi alergi maupun efek samping lainnya setelah mengonsumsi biji mangga maupun menggunakannya dalam berbagai bentuk, seperti salep, berkonsultasilah dengan dokter.

Familywize.
https://familywize.org/blog/health-benefits-of-mango-seed
Diakses pada 15 Februari 2020

Healthwises.
https://healthwises.com/28-health-benefit-of-mango-seeds/
Diakses pada 15 Februari 2020

Food Navigator.
https://www.foodnavigator-latam.com/Article/2018/06/28/Study-shows-big-antioxidant-potential-of-Mango-fruit-seeds
Diakses pada 15 Februari 2020

Stylecraze.
https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-mango-seeds-for-skin-hair-and-health/#gref
Diakses pada 15 Februari 2020

Artikel Terkait