Biaya Operasi Plastik di Indonesia

(0)
26 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Biaya operasi plastik di rumah sakit pemerintah ada dalam Peraturan Menteri KeuanganBiaya operasi plastik bisa berbeda di tiap rumah sakit
Menjadi lebih cantik atau tampan memang butuh usaha lebih, termasuk biaya. Apalagi bila Anda tengah mempertimbangkan untuk melakukan operasi plastik. Selain memikirkan biaya operasi plastik yang harus Anda keluarkan, Anda juga harus memikirkan budget perawatan plus risiko yang mungkin terjadi seusai menjalani prosedur tersebut.Dalam dunia kesehatan, operasi plastik sebetulnya merupakan upaya untuk memperbaiki atau merekonstruksi kulit atau jaringan tubuh di bagian tertentu, misalnya operasi bibir sumbing atau rekonstruksi kulit yang menderita luka bakar. Prosedur ini dilakukan ketika ada bagian tubuh yang cacat sehingga harus dioperasi agar dapat berfungsi kembali seperti atau mendekati normal.

Biaya operasi plastik di Indonesia

Biaya operasi plastik bisa berbeda di setiap fasilitas kesehatan
Kendati demikian, operasi plastik pun populer sebagai prosedur untuk meningkatkan penampilan fisik di bagian tubuh pasien yang dinilainya tidak sempurna. Operasi yang dimaksud di sini juga bisa dilakukan tanpa pembedahan, yaitu hanya menggunakan teknik belah-jahit atau penembakan sinar laser.Selain soal prosedur, tentunya biaya menjadi salah satu pertimbangan sebelum menjalani operasi plastik. Salah satu faktor yang memengaruhi biaya operasi plastik adalah tempat Anda menjalani operasi tersebut. Jika tindakan operasi berlangsung di rumah sakit milik pemerintah, biayanya sudah diatur oleh negara.Sebagai contoh, berikut ini perkiraan biaya operasi plastik di kelas 2 Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 73/PMK.05/2013.
  • Bedah plastik kecil: Rp 850.000 per tindakan
  • Bedah plastik sedang: Rp 2.320.000 per tindakan
  • Bedah plastik besar: Rp 4.080.000 per tindakan
  • Bedah plastik canggih: Rp 4.740.000 per tindakan
  • Bedah plastik khusus atau khusus III: Rp 5.445.000 per tindakan
  • Bedah plastik khusus II: Rp 7.030.000 per tindakan
  • Bedah plastik khusus I: Rp 9.455.000 per tindakan
Untuk mengetahui jenis tindakan yang dimaksud bedah plastik kecil hingga khusus I di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan rumah sakit yang bersangkutan. Selain itu, biaya di atas juga bisa mengalami kenaikan bila Anda mengalami komplikasi pascaoperasi.

Jenis operasi plastik

Operasi plastik antara lain dilakukan untuk payudara
Ketika membayangkan operasi plastik, hal pertama yang terpikir adalah permak wajah seperti yang awam dilakukan di Korea. Padahal menurut American Society of Plastic Surgeons, terdapat banyak jenis operasi plastik yang bisa dilakukan, dari ujung kepala sampai ujung kaki, seperti berikut ini.
  • Payudara: memperbesar atau memperkecil ukuran, pemasangan maupun pelepasan implan, serta mengencangkan payudara.
  • Wajah: mengencangkan dahi, merekonstruksi bentuk hidung, pipi, dagu, dan telinga, membuat lipatan pada kelopak mata, serta mengencangkan wajah (facelift) dan leher (rhytidektomi bawah)
  • Lemak pada tubuh: liposuksi (operasi) dan pengurangan lemak tanpa operasi.
  • Bagian tubuh tertentu: mengencangkan lengan, memperbesar bokong, mengecilkan paha, membentuk kembali bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan, maupun memangkas kulit berisi lapisan lemak di perut (tummy tuck).
Beda tindakan, beda pula biaya operasi plastik yang harus Anda siapkan. Pemilihan dokter dan rumah sakit untuk melakukan operasi plastik juga akan berpengaruh pada besarnya biaya operasi.

Risiko menjalani operasi plastik

Hematoma jadi salah satu risiko operasi plastik
Tidak ada tindakan medis tanpa risiko, termasuk operasi plastik. Secara garis besar, terdapat 6 risiko yang biasanya terjadi pada orang yang menjalani prosedur ini, baik untuk tujuan medis maupun kecantikan, yaitu berupa:

1. Hematoma

Hematoma adalah kantung darah yang bentuknya mirip memar berukuran besar dan terasa nyeri. Ini sebetulnya merupakan risiko segala bentuk operasi, tapi paling sering terjadi pada pasien operasi plastik yang menjalani facelift maupun pembesaran payudara.

2. Seroma

Seroma terjadi karena menumpuknya cairan tubuh yang steril (serum) di bawah permukaan kulit serta sering terjadi pada pasien tummy tuck. Meski awalnya steril, cairan yang menumpuk ini bisa mengakibatkan infeksi sehingga harus dikeluarkan dengan cara ditusuk jarum, meski kadang kala kejadian ini bisa kembali.

3. Infeksi

Sekalipun prosedur operasi plastik dilakukan dengan steril, peluang terjadinya infeksi tetap ada. Kadang kala, infeksi terjadi di dalam tubuh (internal) sehingga harus diatasi dengan pemberian antibiotik lewat selang infus.

4. Bekas luka hipertropik

Luka hipertropik berbentuk menyembul sehingga terlihat tidak rata dengan kulit. Luka ini juga bisa berupakeloid yang tebal, berwarna gelap, serta terasa gatal.

5. Kerusakan saraf

Rasa kebas adalah sensasi wajar ketika Anda menjalani operasi plastik, karena efek obat bius yang digunakan. Meskipun demikian, rasa ini seharusnya akan hilang seiring dengan efek obat bius yang juga berlalu.Jika dalam beberapa hari Anda hanya merasakan kesemutan atau kedutan, bisa jadi itu pertanda terjadi kerusakan saraf. Kasus ini banyak ditemukan pada pasien operasi plastik pembesaran payudara, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada operasi lain.

6. Kerusakan organ

Salah satu jenis operasi plastik dengan risiko ini adalah liposuksi atau liposuction. Saat kerusakan organ terjadi, Anda harus menjalani operasi lain untuk memperbaikinya.Selain risiko di atas, ada kemungkinan juga hasil operasi plastik tidak sesuai dengan keinginan Anda, terutama bila operasi dilakukan pada wajah dan payudara. Meski membutuhkan biaya yang lebih mahal, menjalani operasi plastik di fasilitas kesehatan yang berpengalaman, bisa meminimalisir risiko ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar biaya operasi plastik dan risiko dari tindakan tersebut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasiinfeksiinfeksi luka pasca operasipayudara
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/plastic-surgery.html
Diakses pada 12 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/plastic-surgery/
Diakses pada 12 Oktober 2020
Kementerian Keuangan RI. http://blu.djpbn.kemenkeu.go.id/index.php?r=master/file
Diakses pada 12 Oktober 2020
American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/most-common-plastic-surgery-complications
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait