Daftar Perkiraan Biaya CT Scan yang Harus Disiapkan untuk Prosedur Ini

0,0
01 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Biaya CT scan bisa berbeda-beda di setiap rumah sakitBiaya CT scan dapat bervariasi, tergantung pada setiap fasilitas kesehatan
Salah satu pertimbangan orang saat diminta menjalani CT scan adalah biaya pemeriksaan itu. Sebetulnya, berapa biaya CT scan? Apakah jenis pemeriksaan ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan?Computerized tomography scan atau dikenal dengan singkatan CT scan adalah pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan mesin komputer X-ray yang berputar. Dalam pemeriksaan ini, tubuh Anda akan masuk ke semacam terowongan, kemudian alat X-ray melakukan pemindaian dari berbagai sudut.Hasil pemindaian CT scan lebih detail dibanding pencitraan X-ray, biasa karena juga bisa menunjukkan jaringan lunak, pembuluh darah, dan komposisi tulang di berbagai bagian tubuh yang diperiksa. Dokter biasanya merekomendasikan CT scan untuk mengetahui kondisi bagian tubuh tertentu, seperti kepala, bahu, tulang belakang, jantung, perut, lutut, dan dada.

Berapa biaya CT scan?

Besarnya biaya CT scan yang harus Anda keluarkan akan tergantung banyak hal, seperti bagian yang akan dipindai, kualitas hasil yang diharapkan, serta fasilitas kesehatan tempat menjalaninya.
Biaya CT scan di RS milik negara diatur pemerintah
Berdasarkan standar pemerintah seperti tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 178/PMK.05/2020, standar biaya CT scan di rumah sakit milik negara adalah sebagai berikut ini.
  • CT Scan Non-kontras: Rp 1.300.000,- sampai Rp 2.200.000,- per tindakan
  • CT Scan Kontras: Rp 1.350.000 sampai Rp 3.850.000,- per tindakan
  • CT Scan Angiography (dengan zat kontras): Rp 2.750.000,- sampai Rp 8.250.000,-
  • CT Scan 3 Dimensi: Rp 1.100.000,- sampai Rp 1.750.000,- per tindakan
  • CT Scan Guided Biopsy: 1.350.000,- sampai Rp 1.450.000,- per tindakan
  • CT Scan Cardiac: Rp 1.350.000,- sampai Rp 3.500.000,- per tindakan
  • CT Scan Lain-Lain: Rp 1.350.000,- sampai Rp 3.300.000,- per tindakan
Namun pada praktiknya, Anda bisa saja mengeluarkan biaya CT scan yang lebih besar dari perkiraan, apalagi daftar di atas belum memasukkan biaya dokter dan perawatan penunjang lain yang mungkin diperlukan. Oleh karena itu, selalu sediakan budget lebih sekitar 30% dari estimasi tersebut.

Apakah biaya CT scan ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Selain itu, untuk mengetahui jenis CT scan yang tepat bagi kondisi Anda, berkonsultasilah dengan dokter. Bila Anda memiliki kendala terkait mahalnya biaya CT scan, dokter atau pihak rumah sakit bisa menyarankan untuk menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.BPJS Kesehatan menjamin pemeriksaan CT scan bisa dilakukan secara gratis oleh setiap peserta sesuai dengan rekomendasi dokter. Tak hanya itu, peserta juga dapat menjalani prosedur perawatan sesuai diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan CT scan, termasuk bila pasien harus dioperasi.Dengan kata lain, Anda hanya harus memantapkan diri untuk mengikuti perawatan pascapemeriksaan CT scan. Anda pun wajib mengikuti semua prosedur untuk pasien sesuai ketentuan rumah sakit maupun BPJS Kesehatan.

Seperti apa prosedur CT scan yang harus Anda jalani?

Setelah menyetujui biaya CT scan, Anda akan menerima penjelasan oleh dokter atau tenaga medis di rumah sakit tentang prosedurnya. Secara garis besar, tahapan CT scan adalah sebagai berikut ini.

1. Panggunaan zat kontras

Zat kontras dimasukkan ke dalam tubuh, baik lewat oral (diminum) maupun disuntikkan lewat pembuluh darah, untuk memberikan hasil CT scan yang lebih jelas, terutama bagian usus, pembuluh darah, atau bagian lain yang ingin dilihat. Jika harus menggunakan zat kontras, Anda wajib berpuasa 4-6 jam sebelum menjalani CT scan.

2. Memakai baju rumah sakit

Di hari H, Anda akan diminta untuk melepas pakaian dan aksesoris yang terbuat dari metal, kemudian berganti dengan baju rumah sakit. Sebab bahan metal, seperti kacamata, perhiasan, dan bahan penambal gigi bisa mengganggu hasil CT scan.

3. Masuk ke ruang CT scan

Petugas akan memandu Anda hingga memasuki alat CT scan di ruangan khusus. Setelah itu, Anda akan ditinggal sendirian, tapi masih bisa berkomunikasi dengan petugas via interkom.

4. Menunggu 20-60 menit

Di dalam alat CT scan, Anda hanya harus berbaring, tetap selama 20-60 menit, dan membiarkan mesin bekerja. Anda mungkin akan mendengar bunyi berdengung atau seperti ketukan ketika mesin berputar mengelilingi tubuh. Anda pun akan diminta untuk menahan napas selama beberapa detik ketika petugas ingin mendapatkan citra dada dengan lebih jelas.Setelah selesai, Anda bisa berganti baju kembali dan melakukan kegiatan seperti biasa atau sesuai rekomendasi dokter. Sementara itu, hasil CT scan akan terlebih dahulu dikirim ke bagian radiologi untuk diperiksa dan disatukan, kemudian mengirimnya ke dokter yang menangani Anda. Dokter inilah yang akan menjelaskan kondisi kesehatan Anda berdasarkan hasil CT scan tersebut.

Catatan dari SehatQ

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang CT scan, Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatanoperasirumah sakit
Healthline. https://www.healthline.com/health/ct-scan
Diakses pada 21 Desember 2020
Kemenkeu. http://blu.djpbn.kemenkeu.go.id/index.php?r=master/file/get&id=825
Diakses pada 21 Desember 2020
BPJS. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2019/1117/Biaya-Operasi-Dijamin-JKN-KIS-Akbar-Fokus-Untuk-Kesembuhannya
Diakses pada 21 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait