Besarnya Manfaat Olahraga terhadap Sirkulasi Darah


Mendapatkan manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah tidak sulit dilakukan. Tidak harus olahraga berat, beberapa latihan ringan dapat dilakukan, seperti berjalan kaki, latihan pernapasan, hingga yoga.

(0)
12 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah bisa didapatkan lewat jalan cepatJalan cepat bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah
Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah tidak sulit dilakukan. Anda hanya perlu aktif bergerak secara rutin setiap harinya. Segala aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung juga bisa melancarkan sirkulasi darah.Darah berfungsi mengantarkan oksigen dan berbagai zat yang bermanfaat untuk menjaga fungsi organ-organ di dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar berarti darah dapat mengalir dengan baik ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkannya.Oleh karena itu, menjaga kelancaran sirkulasi darah merupakan hal yang perlu dilakukan supaya tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Manfaat olahraga untuk sirkulasi darah

Manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah dapat dirasakan secara langsung atau dalam jangka panjang. Berikut adalah kedua manfaat tersebut:

1. Manfaat jangka pendek (langsung)

Ketika kita berolahraga, detak jantung akan meningkat sehingga bisa memompa darah lebih keras. Kondisi ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan darah pun bisa mengalir lebih cepat.

2. Manfaat jangka panjang

Berolahraga secara rutin setiap harinya dapat bermanfaat dalam memperkuat jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.Orang yang aktif berolahraga terbukti secara ilmiah memiliki tekanan darah dan kadar trigliserida lebih rendah, sensitivitas insulin yang lebih tinggi, serta risiko obesitas yang lebih rendah.Olahraga secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) yang menimbulkan masalah pada sirkulasi darah.

Jenis-jenis olahraga yang direkomendasikan

Tidak harus olahraga berat, beberapa latihan berikut dapat membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah Anda.

1. Jalan cepat

Untuk bisa mendapatkan manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah, cukup lakukan jalan cepat selama 20-30 menit setiap harinya selama satu minggu.Latihan ini telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah, bahkan pada penderita penyakit arteri perifer. Dalam jangka panjang, jalan cepat yang dilakukan secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat tentunya penting untuk sirkulasi darah yang optimal.

2. Latihan pernapasan

Manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah juga bisa dirasakan dengan melakukan yoga atau latihan pernapasan lainnya. Pernapasan diafragma dalam dapat mendorong aliran darah menuju dada dan jantung.Latihan ini dapat dikombinasikan dengan latihan peregangan atau saat melakukan pose untuk membuat tubuh rileks, misalnya mengangkat kaki ke dinding atau pose downward-facing dog.

3. Mengangkat kaki ke atas dinding

Buruknya sirkulasi darah sering kali menyebabkan area yang paling jauh dari jantung, misalnya kaki, memiliki sirkulasi darah yang lambat. Mengangkat kaki ke atas dinding merupakan salah satu cara untuk meningkatkan aliran darah dari kaki.Berikut cara yang dapat Anda lakukan:
  • Mulai dengan telentang di atas lantai dekat dengan dinding.
  • Angkat kaki dan sandarkan ke dinding. Pastikan bagian tumit dan bagian belakang kaki (betis dan paha) dan bokong menempel ke dinding.
  • Lakukan pose ini selama 5-15 menit.
Anda dapat melakukan latihan pernapasan sambil menahan pose ini untuk meningkatkan efektivitasnya dalam menjaga sirkulasi darah.

4. Melakukan pose yoga downward facing dog

Downward-facing dog merupakan salah satu pose peregangan di dalam yoga. Saat melakukannya, kaki dan punggung Anda akan membentuk huruf V terbalik.Pose ini tidak hanya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, tapi juga baik untuk mengurangi sakit punggung, kecemasan, dan ketegangan.Berikut adalah cara melakukan downward-facing dog:
  • Berdiri tegak dan buka kaki selebar pinggul dan tangan selebar bahu.
  • Tekuk tubuh ke depan hingga kedua telapak tangan menempel di lantai dan tubuh membentuk V terbalik.
  • Jaga agar tulang belakang tetap lurus.
  • Jika paha belakang terasa kencang, Anda dapat menekuk lutut.
  • Tahan posisi ini selama 10 detik.

5. Angkat beban

Manfaat olahraga terhadap sirkulasi darah juga dapat Anda rasakan lewat melakukan latihan angkat beban. Latihan ini dapat membangun otot sekaligus meningkatkan aliran darah.Lakukan angkat beban selama dua atau tiga kali dalam seminggu. Selain meningkatkan sirkulasi darah, angkat beban juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.Jika Anda punya pertanyaan seputar olahraga yang baik untuk kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragaperedaran darah
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6172294/
Diakses 28 November 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/benefitsofexercise.html#
Diakses 28 November 2020
Fitness19. https://www.fitness19.com/3-exercises-that-improve-your-blood-circulation/
Diakses 28 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait