Ada banyak manfaat mendengarkan lagu sedih bagi kesehatan mental
Ilustrasi seorang pria sedang mendengarkan lagu sedih

Siapa bilang mendengarkan lagu sedih hanya akan membuat Anda makin galau? Ternyata, kegiatan yang terlihat tak ada manfaatnya ini justru terbukti dapat menyehatkan mental Anda, lho.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa musik sendu dari lagu sedih kerap mengaduk-aduk perasaan pendengarnya. Hal ini dikuatkan dengan pemindaian otak yang mengungkap bahwa sistem saraf akan menghasilkan reaksi berbeda terhadap tipe musik yang berbeda pula.

Lalu, bagaimana sebetulnya pengaruh lagu sedih terhadap kesehatan mental ini?

Manfaat mendengarkan lagu sedih

Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Seni Tokyo dan Institut Ilmu Otak RIKEN di Jepang telah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut melibatkan 44 peserta yang mendengarkan dua lagu sedih dan satu lagi lagu bahagia.

Hasilnya, para peserta menilai mendengarkan lagu sedih malah membuat mereka jauh lebih riang. Setelah mendengarkan lagu sedih, para peserta juga merasa lebih romatis, lebih bersemangat, dan mengaku memiliki emosi yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Rupanya, hubungan antara lagu galau dengan kesehatan mental sudah banyak teruji. Secara garis besar, para psikolog menyatakan beberapa manfaat mendengarkan lagu sedih, antara lain:

  • Melepas kesedihan

Manfaat pertama dari mendengarkan lagu sedih adalah bisa meredakan emosi atau kesedihan. Berdasarkan penelitian, ketika suasana hati sedang sedih, lagu mellow akan membuat hati lebih lepas.

Anda pernah menangis saat mendengarkan lirik lagu sedih yang mendayu-dayu? Jangan malu karena itu justru sangat baik bagi kesehatan mental Anda. Dengan meluapkan emosi tesebut, perasaan sedih yang Anda rasakan bisa mereda secara perlahan-lahan.

  • Memperbaiki konsentrasi

Mendengarkan lagu sedih juga dapat menjadi media untuk mengalihkan perhatian. Hal ini baik agar Anda mampu lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya, perasaan dan emosi seseorang tidak menentu ketika sedang sedih. Namun dengan mendengarkan lagu galau, beban psikologis Anda menjadi lebih berkurang yang kemudian berefek pada kembalinya konsentrasi seperti semula.

  • Sarana mengekspresikan diri

Mendengarkan lagu sedih juga dapat meluapkan emosi yang negatif. Ketika mendengarkan lagu galau ini, Anda akan merasa lebih baik karena dapat melepaskan emosi dan mengekspresikan diri. Suasana hati pun dapat kembali terkontrol sebab tidak ada lagi perasaan yang terpendam.

  • Mengembalikan ingatan

Jangan heran ketika Anda akan mengingat orang-orang yang pernah hadir di masa lalu Anda saat mendengarkan lagu sedih. Namun, munculnya memori ini justru dapat dijadikan sebagai ajang refleksi diri dan bila perlu tidak mengulangi kesahalan di masa lalu tersebut.

  • Membangkitkan emosi positif

Percayakah Anda bahwa seseorang yang sudah dalam kondisi depresi bisa kembali bangkit setelah mendengarkan lagu sedih?

Berdasarkan penelitian, lagu sedih dapat membuat emosi seseorang menjadi lebih baik. Kondisi tersebut kemudian membantu suasana hati lebih tenang dan kemudian membangkitkan semangat positif dalam dirinya.

Bagi penderita depresi, mendengarkan lagu sedih membuat mereka merasa tidak sendirian. Sebaliknya, mendengarkan lagu riang justru membuat mereka berprasangka bahwa orang di luar sana tengah menari di atas kesedihan yang mereka alami.

Lagu sedih memang memiliki manfaat yang baik. Hanya saja, tidak tertutup kemungkinan juga akan adanya efek negatif dari kegiatan ini jika dilakukan secara berlebihan.

Studi lainnya menunjukkan bahwa terlalu seringnya seseorang mendengarkan lagu sedih justru bisa mengindikasikan bahwa ia tengah mengalami masalah mental, salah satunya depresi.

Pemilihan genre musik sendu oleh penderita depresi justru dilakukan karena mereka ingin menyerap energi negatif yang lebih banyak sehingga mereka merasa lebih merana dibanding kondisi sebenarnya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263558.php
Diakses pada 3 Februari 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/why-music-moves-us/201409/4-reasons-we-listen-sad-music-when-were-sad
Diakses pada 3 Februari 2020

WJCT Organization. https://news.wjct.org/post/study-finds-surprising-benefit-listening-sad-music
Diakses pada 3 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6542982/
Diakses pada 3 Februari 2020

Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2015/10/151022094959.htm
Diakses pada 3 Februari 2020

Artikel Terkait