Berniat Melakukan Tindik Hidung? Pertimbangkan Dulu 10 Hal Ini


Berbeda dengan tindik telinga untuk memasang anting, perlu nyali dan perencanaan lebih sebelum memutuskan untuk tindik hidung. Selalu ingat bahwa akan ada risiko terjadi infeksi apabila tidak benar-benar menjaga kebersihannya.

(0)
27 Mar 2021|Azelia Trifiana
Sebelum tindik hidung, ketahui dulu risikonyaSebelum tindik hidung, ketahui dulu risikonya
Berbeda dengan tindik telinga untuk memasang anting, perlu nyali dan perencanaan lebih sebelum memutuskan untuk tindik hidung. Selalu ingat bahwa akan ada risiko terjadi infeksi apabila tidak benar-benar menjaga kebersihannya.Mengenai rasa sakit, selama prosesnya dilakukan oleh profesional, rasa nyerinya bisa ditahan. Meski ada rasa sakit dan tekanan, bisa mereda dengan cepat.

Fakta seputar tindik hidung

Bagi yang sedang menimbang-nimbang atau penasaran seputar tindik hidung, berikut beberapa hal menarik untuk disimak:

1. Rasa sakit

Banyak orang mengurungkan niat untuk menindik hidung karena rasa sakitnya. Namun menurut , rasa sakitnya serupa dengan mencukur alis atau disuntik.Lebih jauh lagi, apabila dilakukan langsung oleh profesional, nyeri hanya akan terasa sekitar 1-2 detik saja. Beberapa hari kemudian, bisa muncul rasa sakit namun sangat ringan kecuali tanpa sengaja menyentuh area bekas tindikan.

2. Jenis tindik hidung

Secara umum, ada 3 jenis tindik hidung:
  • Tindik hidung tradisional
  • Tindik dinding pembatas hidung (center placement septum piercings)
  • Tindik cuping hidung bagian atas (high nostril piercings)
Jenis tindikan tradisional dan pembatas hidung adalah yang paling mudah baik proses pemasangan maupun pemulihannya.Sementara tindik cuping hidung bagian atas atau high nostril piercings bisa terasa lebih tidak nyaman. Proses pemulihannya pun lebih lama, hitungan minggu hingga bulan.Itu sebabnya, tindik di cuping hidung bagian atas ini lebih disarankan bagi yang sudah berpengalaman merawat tindikan sebelumnya.

3. Perlukah menggunakan pereda nyeri?

Association of Professional Piercers juga tidak menyarankan menggunakan pereda nyeri dalam bentuk gel, semprot, atau ointment karena tidak benar-benar efektif.Selain itu, juga disarankan menghindari minum kopi berlebihan atau dalam kondisi perut kosong sebelum prosedur dilakukan. Kemudian saat sedang prosedur dilakukan, coba tetap tenang, menarik napas panjang, dan dengarkan instruksi saksama.

4. Jenis logam

Ketika memilih jenis logam, sebisa mungkin pilih yang benar-benar berkualitas dan aman. Beberapa contohnya adalah steel, titanium, niobium, emas 14 atau 18 karat, dan platinum.Apabila ada tawaran metal dengan harga lebih murah namun tidak jelas apa jenisnya, sebaiknya tetap pilih yang berkualitas. Ini akan berpengaruh terhadap kondisi tindikan dalam jangka panjang.

5. Bisakah diganti?

Tidak ada aturan pasti kapan harus mengganti metal yang digunakan untuk tindik hidung. Biasanya, disarankan untuk berkonsultasi dalam rentang waktu 4-8 minggu sejak prosedur dilakukan. Bergantung pada bagaimana kondisinya, ini sudah termasuk waktu yang aman untuk mengganti jenis bahan yang digunakan.

6. Memilih ahlinya

Percayakan prosedur tindik ini langsung dengan ahlinya, profesional yang sudah memiliki reputasi sekaligus lisensi. Tindik hidung tidak bisa disamakan dengan aktivitas biasa yang bisa dilakukan sembari iseng-iseng saja.Idealnya pula, prosedur tindik hidung dilakukan di klinik atau studio resmi, bukan di rumah. Pilih juga ahlinya tempat Anda bisa bertanya banyak hal atau menyampaikan kekhawatiran.Jika masih belum kenal betul, coba lakukan riset mendalam. Cari tahu reputasi mereka di media sosial. Biasanya, ada ulasan tentang jasa mereka yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

7. Memeriksa peralatan

Anda juga berhak melihat betul bagaimana proses sterilisasi peralatan yang digunakan untuk tindik hidung. Biasanya, ada alat pemanas tertutup yang disebut dengan autoclave. Alat ini juga perlu dipastikan berfungsi dengan baik secara berkala.Tak hanya itu, peralatan untuk tindik hidung juga idealnya disimpan dalam tempat tertutup selama tidak digunakan. Tujuannya agar tetap dalam kondisi steril. Setelah itu, baru dibuka ketika prosedur akan dimulai.

8. Metode tindik

Berbeda dengan tindik telinga yang bisa dilakukan menggunakan alat tembak, tindik hidung hanya bisa dilakukan dengan jarum. Alat tembak saja tidak cukup kuat untuk menindik hidung.

9. Proses pemulihan

Periode pemulihan akan bergantung pada jenis tindikan. Apabila dilakukan di batang hidung (septum piercing), perlu waktu 2-3 bulan. Sementara tindik di cuping hidung perlu 4-6 bulan. Jenis tindikan high nostril perlu waktu lebih lama untuk pulih, sekitar 6-12 bulan.Meski demikian, ada kemungkinan proses pemulihan berlangsung lebih singkat atau panjang bergantung pada kondisi setiap orang.

10. Kebersihan

Aturan umum cara menjaga kebersihan setelah tindik hidung adalah:
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh hidung
  • Gunakan kain kasa bersih untuk membersihkan area hidung, 2 kali sehari
  • Apabila terkena sabun, pastikan terbilas hingga bersih
  • Keringkan dengan tisu atau kain kasa lembut dengan cara menepuknya perlahan

Catatan dari SehatQ

Tentu setelah memutuskan untuk menindik hidung, ada penyesuaian yang perlu dilakukan. Contohnya harus menghindari berenang di danau atau laut hingga 6 bulan sejak proses dilakukan hingga tidak beraktivitas yang rentan membuat tindikan tersangkut.Kenali pula tanda-tanda terjadinya infeksi seperti tindakan bernanah, demam dan mual. Apabila muncul gejala seperti kulit tampak kemerahan, panas ketika disentuh, dan sensasi gatal, itu wajar muncul dalam periode 5-10 hari setelah menindik. Namun jika lebih lama dari itu, perlu mendapatkan perhatian khusus.Terakhir, apabila ingin melepas tindikan pastikan sudah melewati proses pemulihan. Jika tidak yakin, sebaiknya minta ahlinya untuk membantu melepaskan tindikan dengan tepat.Persiapan dan pertimbangan matang adalah hal krusial sebelum melakukan tindik hidung. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar  tanda-tanda infeksi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikankulit sensitif
Healthline. https://www.healthline.com/health/do-nose-piercings-hurt
Diakses pada 11 Maret 2021
Association of Professional Piercers. https://safepiercing.org/
Diakses pada 11 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/nose-piercing-safety
Diakses pada 11 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait