Berkebun Bukan Cuma Tren, Manfaat Kaktus Pun Baik untuk Mental


Kaktus adalah salah satu tanaman yang bermanfaat dipelihara di dalam rumah. Selain membersihkan udara, kaktus juga memiliki manfaat untuk membawa kebahagiaan di rumah Anda

0,0
15 Feb 2021|Azelia Trifiana
Kaktus adalah tanaman hias yang bisa dipajang di rumahKaktus adalah tanaman hias yang bisa dipajang di rumah
Berkebun adalah salah satu tren yang tidak punya efek samping, kecuali mungkin untuk dompet. Bahkan, manfaat berkebun terbukti sangat baik untuk kesehatan mental. Bukan cuma bunga hias saja, manfaat kaktus bisa membuat mood lebih baik hingga meningkatkan kualitas udara.Merawat makhluk hidup lain dalam bentuk tanaman adalah bentuk terapi. Ini benar. Jika Anda belum mencoba, siapa tahu berkebun atau memelihara tanaman ini bisa jadi wadah mengurangi rasa stres.

Manfaat kaktus untuk kesehatan mental

Tidak berlebihan, memiliki kaktus di rumah sangat bermanfaat bukan hanya untuk emosi saja, tapi juga fisik seseorang. Bahkan, anak-anak bisa mendapatkan manfaat dengan belajar cara merawat tanaman.Lebih jauh lagi, beberapa manfaat kaktus untuk kesehatan di antaranya:

1. Meningkatkan produktivitas

Seharian bekerja dari rumah membuat jenuh? Satu virtual meeting ke virtual meeting berikutnya serta jam kerja yang tidak jelas saat ada di rumah bisa menurunkan produktivitas.Ternyata, memiliki kaktus bisa meningkatkan produktivitas. Alasannya karena mood seseorang bisa menjadi lebih baik saat melihatnya. Muncul rasa lebih berenergi dan siap menjalani hari.Tak hanya itu, produktivitas ini pun juga berlaku untuk anak-anak. Belajar mengamati tanaman membuat mereka bisa belajar dengan lebih baik, dengan rentang fokus yang tidak mudah terdistraksi.

2. Terapi untuk pikiran

Merawat makhluk hidup lain berupa tanaman seperti kaktus akan menciptakan rasa nyaman dan bahagia. Tak hanya itu, ada rasa bangga dan puas ketika berhasil merawat dengan baik. Ini sama seperti sensasi yang muncul ketika berhasil merawat hewan peliharaan.Terlebih, kaktus adalah tanaman yang mudah perawatannya. Risiko matinya kaktus sangat rendah jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Selama tahu jenis media tanam, kebutuhan air, hingga kebutuhan pupuk, maka tak ada masalah.Jangan salah, terapi ini bisa menimbulkan rasa percaya diri karena berhasil. Rasa bangga ini sangat bagus untuk memberikan motivasi terhadap hal-hal lain yang lebih besar.

3. Membersihkan udara

Tanaman seperti kaktus juga berperan dalam menyerap karbon dioksida dari udara, lalu mengeluarkan oksigen. Ini adalah cara paling dasar untuk meningkatkan kualitas air.Bahkan pada tahun 1973 silam, NASA melakukan penelitian ilmiah terhadap lebih dari 107 senyawa organik mudah menguap. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kondisi udara di stasiun luar angkasa.Beberapa penghuni stasiun luar angkasa ada yang mengalami kesulitan bernapas hingga komplikasi pernapasan. Eksperimen pun dilakukan. Salah satunya dengan menanam tanaman di dalam stasiun luar angkasa.Setelah beberapa bulan, terbukti jumlah senyawa volatile organic compound turun drastis bahkan nyaris hilang. Artinya, dengan memelihara kaktus di dalam rumah, udara bisa menjadi lebih bersih. Risiko menumpuknya debu dan bakteri juga berkurang.

4. Mengurangi stres

Ada banyak studi yang dilakukan untuk membuktikan manfaat tanaman dalam ruangan terhadap stres manusia. Sebuah studi menunjukkan bahwa tanaman di dalam ruangan bisa mengurangi rasa cemas berlebih, stres, lelah, hingga rasa marah.

5. Merasa lebih bahagia

Saat merasa suntuk, coba ambil jeda dengan mengamati kaktus peliharaan Anda. Bukan sekadar iseng, ada studi yang membuktikan bahwa tampilan kaktus yang menggemaskan dapat meredakan stres bahkan mengurangi risiko depresi yang dipicu stres.

6. Mempercepat proses penyembuhan

Orang yang sedang dalam proses pemulihan juga berpotensi mempercepat proses pemulihan. Tentu efeknya tidak instan seperti halnya obat-obatan, hanya saja proses pemulihan menjadi lebih cepat. Ada eksperimen meletakkan kaktus di ruang rawat inap rumah sakit dan membuat pasien merasa lebih nyaman dan tidak stres.Terbukti, ada banyak manfaat memelihara kaktus dan juga tanaman lain di rumah. Namun perlu diingat, kaktus merupakan tanaman berduri yang mungkin bisa berisiko bagi anak kecil dan hewan peliharaan.

Perhitungkan betul di mana meletakkan kaktus agar tidak mudah tersenggol, sekaligus memastikannya mendapat sinar matahari yang cukup. Apabila ingin mendapatkan manfaat kaktus yang membuat rileks dan meningkatkan produktivitas, kamar kerja bisa jadi pilihan.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar manfaat kaktus dan tanaman lainnya untuk kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/mental-health-benefits-of-houseplants-5097479
Diakses pada 29 Januari 2021
Cactus Way. https://cactusway.com/is-it-good-to-have-a-cactus-at-home/
Diakses pada 29 Januari 2021
NASA. https://www.nasa.gov/mission_pages/station/research/10-074.html
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait