Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Begini Cara Minum Cuka Apel yang Benar

(0)
Cara minum cuka apel adalah mencampurkannya dengan bahan lain seperti air putih, madu, atau tehBila ingin minum langsung cuka apel, pastikan Anda mencampurnya dengan bahan lain
Cuka apel selama ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Selain diaplikasikan pada kulit, cuka apel ternyata dapat diminum secara langsung. Mengonsumsi cuka apel memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Namun, Anda perlu mengetahui cara minum cuka apel yang benar supaya bisa mendapatkan hasil maksimal dan mencegah dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Cara minum cuka apel

Cara minum cuka apel bergantung pada kondisi kesehatan serta tujuan khusus yang hendak Anda capai. Berikut ini beberapa cara minum cuka apel yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Dicampur dengan air putih

Minum cuka apel yang dicampur dengan air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, menambahkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel (15-30ml) selama tiga bulan setiap hari membantu orang dewasa menurunkan berat badan rata-rata sebanyak 1,2 hingga 1,7 kg.Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air dan minum sebelum makan. Namun, perlu diingat bahwa cara ini perlu dikombinasikan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

2. Dikombinasikan dengan makanan antikanker

Sebuah studi menyebut bahwa mengonsumsi cuka apel dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini didukung oleh sejumlah penelitian mengenai berbagai jenis cuka yang dapat membunuh sel kanker pada hewan.Meski belum terbukti pada manusia, Anda bisa menambahkan cuka apel ke dalam makanan-makanan antikanker seperti brokoli dan kacang-kacangan. Tidak hanya itu, mencampurkan cuka apel ke dalam minyak zaitun juga membantu mengurangi risiko terkena kanker.

3. Dicampur ke camilan

Menurut penelitian, mencampurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam camilan membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsinya sebelum tidur bisa membuat kadar gula darah Anda menjadi lebih rendah ketika bangun di pagi hari.Kemampuan cuka apel ini disebut berasal dari kandungan asam asetat yang ada di dalamnya. Asam asetat diketahui dapat memperlambat konversi karbohidrat kompleks menjadi gula dalam aliran darah.

4. Dijadikan ramuan bersama madu

Salah satu cara minum cuka apel adalah dengan dicampur madu
Ramuan cuka apel dengan madu dapat membantu atasi sakit tenggorokan
Sifat antibakteri dan antivirus yang dimiliki cuka apel dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan Anda. Untuk menggunakannya sebagai ramuan penghilang sakit tenggorokan, campurkan cuka apel dengan madu.Dalam ramuan ini, cuka apel mempunyai peranan untuk melawan bakteri yang jadi penyebab sakit tenggorokan. Sementara itu, madu bertugas melapisi dan menenangkan tenggorokan.Cara mengonsumsinya, Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menambahkannya ke dalam secangkir teh jahe dengan takaran 2 sendok teh cuka apel, madu, plus tambahan minyak kelapa.

5. Campurkan ke dalam teh

Dapat diminum di pagi hari, mencampurkan cuka apel ke dalam teh dapat menambah energi Anda sebelum beraktivitas. Caranya, Anda cukup menambahkan 2 sendok makan cuka apel dan jus lemon, 1 sendok makan kayu manis, dan sejumput cabai cayenne bubuk ke dalam teh.Selain menambah energi, tambahan jus lemon dapat membantu mencegah Anda terkena batu ginjal. Sementara itu, kayu manis dan bubuk cabai merupakan bahan yang memberi manfaat terapeutik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi peradangan.

6. Digunakan sebagai dressing salad

Memakai cuka apel sebagai dressing salad dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang Anda alami. Kemampuan tersebut tidak lepas dari sifat antibakteri cuka apel yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan akibat bakteri seperti diare.Selain itu, kandungan probiotik yang ada dalam cuka apel juga turut membantu mengatur kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan. Untuk menggunakan cuka apel sebagai dressing salad, ikutilah langkah sebagai berikut:
  • Campur cuka apel dengan sari apel dan mustard
  • Panaskan dan aduk di atas wajan dengan api kecil
  • Tambahkan minyak zaitun ke dalam campuran tersebut
  • Tuang dan aduk bersama salad yang hendak Anda makan
Tidak hanya mengatasi masalah pencernaan, mencampurkan cuka apel ke salad dengan isian telur dan alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tentunya mengurangi risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular.

Efek samping minum cuka apel dan cara menghindarinya

Cuka apel memang aman untuk diminum, tapi dapat memberikan efek samping bagi beberapa orang. Salah satu efek samping yang muncul dari mengonsumsi cuka apel secara teratur yaitu kerusakan enamel gigi karena keasamannya. Minum menggunakan sedotan atau berkumur setelah mengonsumsi cuka apel dapat membantu mencegah masalah ini.Selain itu, rutin mengonsumsi cuka apel sebanyak 237 ml setiap hari selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan kadar kalium darah menjadi rendah dan meningkatkan risiko mengalami osteoporosis. Maka dari itu, sebaiknya batasilah konsumsi cuka apel untuk mengurangi risiko terkena masalah-masalah tersebut.Perlu dicatat, jangan pernah mengonsumsi cuka apel tanpa bahan campuran seperti air, teh, atau salad. Mengonsumsi cuka apel murni secara langsung berisiko menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, esofagus (kerongkongan), dan lapisan perut.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi cuka apel memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, Anda harus mengetahui cara minum cuka apel dan takarannya guna mencegah dampak buruk yang bisa ditimbulkan.Apabila Anda mengalami gejala seperti mual, bersendawa, dan refluks setelah meminum cuka apel, segera hentikan dan berkonsultasi dengan dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara minum cuka apel yang benar beserta manfaatnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabeteskesehatan kulitdiet sehatmenurunkan berat badansakit tenggorokanteh
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/apple-cider-vinegar-recipes
Diakses pada 6 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/apple-cider-vinegar-dosage
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait