Apakah berhubungan seks di tengah pandemi corona aman
Kebijakan untuk #dirumahaja selama pandemi corona membuat Anda harus berada 24 jam terus-menerus bersama dengan pasangan

Sebuah pesan broadcast tersebar di grup-grup aplikasi chatting. Isinya adalah imbauan untuk tidak berhubungan seks di tengah pandemi virus corona. Di saat semua orang menerapkan physical distancing alias menjaga jarak aman untuk berdekatan dengan orang lain, bolehkah saya tetap bercinta dengan pasangan?

Kebijakan untuk #dirumahaja membuat Anda harus berada 24 jam terus-menerus bersama dengan pasangan. Bukan tidak mungkin hasrat untuk bercinta timbul lebih sering karena Anda dan pasangan menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Belum lagi jika Anda jenuh karena tidak bisa pergi ke luar rumah.

Amankah berhubungan seks di tengah pandemi corona?

Seperti yang telah kita ketahui, penyebaran virus corona dari manusia ke manusia terjadi begitu cepat. Seseorang dapat terinfeksi virus corona jika ia terpapar droplet atau air liur dari orang lain yang positif Covid-19. 

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa virus ini dapat menular saat berhubungan seksual. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat terpapar virus corona secara tidak langsung ketika sedang bercinta karena jarak yang begitu dekat dengan pasangan. Ditambah lagi, aktivitas berciuman ketika sedang berhubungan seks menambah risiko penyebaran virus. 

Mengutip British Association for Sexual Health and HIV, bila Anda dan pasangan sama-sama berada di rumah untuk karantina mandiri, berhubungan seks sah-sah saja dilakukan. Namun, bila salah satu dari Anda masih sering bepergian ke luar rumah, entah untuk bekerja atau sekadar berbelanja, maka sebaiknya bersihkan diri dengan benar sebelum bercinta karena ada risiko paparan virus dari luar.

Tips aman berhubungan seks di tengah pandemi corona

Memang tidak mungkin menerapkan physical distancing ketika berhubungan seks. Untuk itu, lakukan tips berikut ini agar Anda tetap aman ketika bercinta:

1. Bersihkan diri sebelum dan sesudah bercinta

Sebelum bercinta, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu karena Anda akan menyentuh pasangan. Sesudah bercinta, Anda perlu membersihkan diri, misalnya dengan mandi dan membilas organ intim. Hal ini bukan semata-mata hanya untuk mencegah infeksi Covid-19 saja, tetapi juga menjaga agar tidak terkena infeksi lainnya seperti infeksi kandung kemih.

2. Bersihkan sex toys Anda sebelum digunakan

Entah sedang pandemi virus atau tidak, menjaga kebersihan sex toys penting dilakukan. Jika Anda ingin menggunakan sex toys saat bercinta, bersihkan dulu barang tersebut dengan air dan sabun atau dengan alkohol. 

3. Pastikan Anda dan pasangan tidak menunjukkan gejala Covid-19

Bila Anda maupun pasangan pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, baru saja kembali dari luar negeri, atau menunjukkan gejala seperti batuk, demam, dan sesak napas, sebaiknya periksakan diri ke rumah sakit. Anda juga harus mengisolasi diri di kamar dan tidak berada sekamar dengan pasangan. Namun, jika Anda tidak menunjukkan gejala dan tidak pernah kontak dengan pasien Covid-19, berhubungan seks tetap aman dilakukan.

Bagaimana dengan pasangan yang menjalani LDR (Long Distance Relationship)?

Tak semua orang tinggal di kota yang sama dengan pasangannya. Sebagian pasangan, karena alasan pekerjaan, tinggal di kota yang berbeda. 

Di tengah pandemi corona, tentu sulit jika Anda ingin pergi ke kota lain untuk menemui pasangan. Apalagi beberapa daerah telah menetapkan karantina wilayah dan membatasi orang-orang yang ingin keluar-masuk wilayah tersebut.

Berikut ini tips untuk Anda yang menjalani LDR dengan pasangan:

  • Tunda untuk pulang ke kota asal atau mengunjungi pasangan di kota lain.
  • Manfaatkan teknologi dengan melakukan phone sex. Atau jika Anda lebih senang visual, Anda bisa melakukan video call seksi.
  • Sebagai pemanasan, lakukan sexting (mengirim pesan teks seksi) kepada pasangan di saat-saat tak terduga, misalnya ketika ia sedang bekerja.

Ada pasangan atau tidak di samping Anda, Anda tetap boleh melakukan masturbasi. Justru mencapai orgasme dengan masturbasi bermanfaat untuk kesehatan Anda, seperti:

  • Mengurangi stres
  • Membantu meningkatkan kualitas tidur
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Menambah tingkat kepercayaan diri

Cara menjaga hubungan asmara ditengah pandemi corona

Menjaga hubungan asmara ditengah pademi Covid-19 memang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya rasa bosan, kerenggangan dan pertengkaran dalam hubungan. Perhatikan hal berikut untuk mengatasinya:

  •  Jaga komunikasi. Pastikan Anda tetap berkomunikasi dengan baik dan menceritakan apa yang sedang Anda pikirkan untuk meminimalisir dugaan. Pasangan Anda belum tentu dapat membaca pikiran Anda tanpa diberitahu.
  • Minta bantuan dan pendapatnya. Hargai pasangan Anda dengan tetap meminta bantuan dan pendapatnya dalam keputusan-keputusan Anda.
  • Berikan afirmasi. Memberikan afirmasi dapat menguatkan hubungan Anda dan rasa kesenangan satu sama lain.

Catatan dari SehatQ

Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa berhubungan seks dapat menyebabkan infeksi Covid-19. Namun, ketika Anda pernah berkontak erat dengan pasien Covid-19, baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri, atau menunjukkan gejala seperti demam, batuk, dan sesak napas, sebaiknya tunda untuk melakukan hubungan seks. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan lakukan isolasi mandiri dengan tidak berada di kamar yang sama dengan pasangan.

Bila Anda dan pasangan negatif Covid-19, berhubungan seks tetap boleh dilakukan. Lakukan tips di atas agar tetap aman ketika bermesraan. 

Bustle. https://www.bustle.com/p/9-hygiene-mistakes-you-might-be-making-before-during-after-intimacy-30053
Diakses pada 28 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/coronavirus-tips-sex-kissing-touching
Diakses pada 28 Maret 2020

News Medical. https://www.news-medical.net/news/20200326/Is-sex-safe-during-COVID-19-pandemic.aspx
Diakses pada 28 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/sex-relationships/ss/slideshow-sexual-hygiene
Diakses pada 28 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/coronavirus-pandemic-stress-relationship-move-in-isolate#communication-tips
Diakses 19 Mei 2020

Artikel Terkait