Benarkah Berhubungan intim Bisa Jadi Cara Mengatasi Migrain?

28 Jul 2019 | Oleh
Berhubungan seksual dengan pasangan dapat menjadi solusi untuk mengatasi migrain
Ajak pasangan bercinta ketika sakit kepala sebelah melanda

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sangat merepotkan. Tak hanya karena jenis sakit kepala ini umumnya melanda sebagian sisi kepala, tetapi rasa nyerinya juga kadang diiringi dengan mual, muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Cara mengatasi migrain biasanya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan antinyeri ataupun obat untuk migrain yang dijual di apotek. Namun, siapa sangka kalau berhubungan intim dengan pasangan mungkin dapat menjadi alternatif cara mengatasi migrain.

Benarkah berhubungan intim dapat menjadi cara mengatasi migrain?

Bagi para penderita migrain, bercinta dengan pasangan ketika migrain kambuh adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Tetapi sebuah riset menemukan bahwa berhubungan seksual dapat menjadi cara mengatasi migrain.

Studi tersebut diikuti oleh 800 penderita migrain dan menghasilkan suatu penemuan yang menarik. Sebanyak 60% merasa bahwa berhubungan seksual meringankan gejala migrain yang dialami. 

Meskipun demikian, beberapa penderita malah merasa bahwa migrain yang dialami justru makin parah setelah melakukan hubungan seksual

Tidak hanya meneliti tentang migrain, riset ini juga menelusuri mengenai sakit kepala cluster dan mendapati bahwa berhubungan intim hanya membantu mengatasi dampak dari sakit kepala cluster pada 37% penderita.

Saat ini studi tersebut belum meneliti lebih lanjut mengenai alasan berhubungan seksual dapat menjadi cara mengatasi migrain. Namun, berhubungan seksual, terutama saat orgasme, bisa melepaskan hormon endorfin yang dapat mengatasi rasa sakit akibat migrain.

Pada wanita, berhubungan intim dapat memberikan stimulasi pada vagina yang memicu aktivasi sistem saraf saat melahirkan yang mungkin mampu mengatasi rasa sakit akibat migrain. 

Namun, penelitian lebih lanjut mengenai berhubungan seksual sebagai cara mengatasi migrain masih diperlukan.

Kaitan migrain dan hasrat berhubungan seksual

Masih ragu untuk berhubungan intim saat sedang migrain? Sebuah studi menunjukkan bahwa penderita migrain memiliki hasrat seksual yang lebih tinggi daripada penderita sakit kepala biasa. 

Hasrat seksual pada dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam tubuh. Tingkat serotonin yang tinggi diasosiasikan dengan penurunan libido atau hasrat seksual, sebaliknya tingkat serotonin rendah meningkatkan hasral seksual.

Sementara, para penderita migrain umumnya memiliki kadar serotonin yang rendah. Hal ini mungkin dapat menjadi alasan mengapa penderita migrain memiliki hasrat seksual yang tinggi.

Akan tetapi, pada kasus tertentu, migrain bisa menurunkan hasrat seksual, terutama saat penderita sedang mengalami rasa sakit atau nyeri yang diiringi dengan pusing, lelah, dan mual. Gejala-gejala tersebut mampu menurunkan hasrat seksual penderita.

Tidak hanya itu, hasrat seksual juga dapat menurun karena rasa cemas dan ketakutan bahwa migrain akan kembali menyerang saat sedang berhubungan seksual. 

Saat migrain menyerang, penderita bisa mengalami disfungsi seksual, berupa kesulitan untuk ereksi pada pria dan kesusahan untuk mencapai orgasme pada wanita. 

Beberapa obat yang digunakan untuk cara mengatasi migrain, seperti antidepresan SSRIs dan MAOIs dapat menjadi penyebab disfungsi seksual yang bisa menurunkan hasrat seksual.

Serupa dengan berhubungan intim sebagai cara mengatasi migrain, penelitian mengenai migrain dan hasrat seksual juga memerlukan studi lebih lanjut.

Cara mengatasi migrain dengan obat

Anda tetap dapat mencoba berhubungan intim dengan pasangan sebagai salah satu cara mengatasi migrain, tetapi apabila migrain yang dirasakan tidak kunjung sembuh atau malah makin parah, maka Anda perlu untuk kembali ke cara mengatasi migrain yang sudah terbukti.

Cara mengatasi migrain dengan menggunakan obat-obatan dari apotek sudah cukup terbukti mampu membantu meringankan gejala migrain. Obat untuk mengatasi gejala migrain terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Triptan, obat cara mengatasi migrain yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan bekerja dengan menghalangi sinyal rasa sakit di otak. Obat ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki risiko terkena stroke dan serangan jantung.
  • Obat antimual, digunakan sebagai cara mengatasi migrain yang memiliki gejala muntah, mual, dan fenomena aura. Umumnya, obat antimual dipadukan dengan obat antisakit.
  • Obat antinyeri, aspirin dan ibuprofen adalah beberapa jenis obat antisakit yang dapat ditemui di apotek. Namun, obat antisakit sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka panjang karena bisa memicu efek samping, seperti luka pada pencernaan, sakit kepala, dan sebagainya.
  • Dihydroergotamine, obat jenis ini hanya ada dalam bentuk semprotan hidung atau suntikan serta efektif sebagai cara mengatasi migrain yang sudah berlangsung lebih dari 24 jam. Namun, terdapat efek samping berupa bertambah parahnya mual dan muntah.
  • Medikasi opioid, bagi orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi obat-obat migrain di atas, medikasi opiod dapat menjadi alternatif yang dapat dicoba. Akan tetapi obat ini hanya digunakan jika obat-obat lainnya tidak mempan, karena obat ini berisiko untuk membuat ketagihan. 

Jika migrain tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi obat atau Anda tidak yakin mengenai jenis obat apa yang harus dikonsumsi sebagai cara mengatasi migrain, maka berkonsultasilah ke dokter

Referensi

Cephalalgia. https://booksc.xyz/ireader/20960192
Diakses pada 25 Juli 2019

Livescience. https://www.livescience.com/27642-sex-relieves-migraine-pain.html
Diakses pada 25 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/symptoms-causes/syc-20360201
Diakses pada 25 Juli 2019

Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2006/06/060609121759.htm
Diakses pada 25 Juli 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/sex-and-migraines-4011633
Diakses pada 25 Juli 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top