Rasa bersalah dapat membuat pikiran Anda tidak tenang
Rasa bersalah dapat menghantui kehidupan Anda

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi ada saat tertentu, kesalahan tersebut menghantui Anda dan membuat Anda terus-menerus merasa bersalah. Terkadang rasa bersalah yang dialami tidak seharusnya dirasakan terus-menerus.

Anda dapat merasa bersalah atas hal-hal yang memang Anda perbuat ataupun tidak perbuat. Apapun bentuk rasa bersalah yang dialami, Anda tentunya harus menghadapinya agar menjadi lebih lega.

Bagaimana berhenti merasa bersalah?

Merasa bersalah merupakan salah satu cara Anda untuk memahami bahwa Anda tidak seharusnya melakukan hal tersebut. Namun, terus-menerus merasa bersalah bukanlah sesuatu yang sehat untuk mental Anda. Cobalah tips di bawah untuk menghadapi rasa bersalah Anda.

  • Kenali rasa bersalah yang dialami

Hal paling mendasar dari berhenti merasa bersalah adalah mengindentifikasi apakah rasa bersalah yang dirasakan memang seharusnya dialami atau tidak. Tidak jarang rasa bersalah tersebut muncul tetapi sebenarnya semuanya bukan kesalahan Anda.

Anda bisa saja berasumsi bahwa semuanya karena Anda dan merupakan tanggung jawab Anda.

  • Perbaiki masalah

Bila rasa bersalah yang dialami memang karena kesalahan Anda sendiri, maka Anda harus mencari cara untuk memperbaikinya. Jangan larut dalam rasa bersalah dan menyiksa diri sendiri.

Contohnya, jika Anda merasa bersalah karena sudah memecahkan piring teman Anda, gantilah piringnya sambil mengucapkan permintaan maaf kepadanya.

  • Terima rasa bersalah

Terlepas dari apakah kesalahan yang dilakukan dapat diperbaiki atau tidak, Anda tetap harus menerima rasa bersalah tersebut dan menyadari bahwa apa yang telah dilakukan tidak bisa diubah lagi.

Hidup akan terus berjalan dan Anda harus bangkit dari kesalahan yang dilakukan meskipun sulit untuk dilakukan. Anda tidak bisa terus-menerus merasa bersalah karena apa yang telah dilakukan tidak bisa diulang kembali.

  • Belajar dari kesalahan

Setiap kesalahan yang diperbuat dapat membantu Anda untuk bertumbuh menjadi lebih baik lagi. Jadikan kesalahan ini sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya dibandingkan sebagai sarana untuk menghukum diri Anda.

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dan kesalahan tersebut ada sebagai cara untuk membuat Anda menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana jika rasa bersalah yang dialami bukan karena diri Anda?

Kadang kala Anda bisa saja merasa bersalah padahal belum tentu hal tersebut adalah kesalahan Anda. Setelah mencari tahu dan menganalisis diri Anda, Anda akan menyadari bahwa rasa bersalah tersebut tidak semestinya ada.

Salah satu solusi untuk menghadapi rasa bersalah ini adalah dengan mencari bukti bahwa Anda tidak salah. Contohnya, jika Anda merasa bersalah karena tidak menemani teman berbelanja, tanyakan kepada teman Anda apakah ia merasa sedih atau tidak.

Cara lainnya adalah dengan mencoba memposisikan diri Anda di posisi orang lain. Apabila Anda menjadi orang tersebut, apakah Anda juga akan merasa kesal? Jika tidak, bisa jadi apa rasa bersalah tersebut tidak seharusnya dirasakan.

Catatan dari SehatQ

Pada dasarnya, Anda tidak dapat memuaskan semua orang, karena Anda juga harus mengurus diri sendiri. Jangan merasa gagal hanya karena Anda tidak bisa memenuhi kriteria tertentu karena tidak ada seorangpun yang sempurna.

Bila Anda mengalami kesulitan dalam menangani rasa bersalah atau terus-menerus merasa bersalah, jangan ragu untuk mengunjungi psikiater atau psikolog.

PsychCentral. https://psychcentral.com/blog/5-tips-for-dealing-with-guilt/
Diakses pada 18 Desember 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-mindful-self-express/201703/8-empowering-ways-stop-feeling-guilty
Diakses pada 18 Desember 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/fulfillment-any-age/201208/the-definitive-guide-guilt
Diakses pada 18 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed