Berencana Hamil? Jangan Lupakan Makanan Penyubur Kandungan Ini

Terdapat berbagai jenis makanan penyubur kandungan, salah satunya adalah oatmeal
Oatmeal termasuk salah satu jenis karbohidrat kompleks yang baik untuk tingkat kesuburan

Ketika ingin punya momongan, pasangan suami-istri mesti menjaga kesehatan agar kemungkinan hamil semakin meningkat. Salah satunya dengan melalui pilihan makanan penyubur kandungan yang baik untuk dikonsumsi.

Namun harus diingat bahwa menyantap makanan tersebut bukan berarti Anda otomatis akan cepat hamil. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health dan Harvard Medical School, yang dimaksud dengan makanan penyubur kandungan adalah jenis makanan yang memiliki efek positif terhadap fertilitas perempuan.

Daftar makanan penyubur kandungan

Selain memiliki efek positif terhadap tingkat kesuburan wanita, makanan penyubur kandungan di bawah ini juga memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh saat Anda menjalani kehamilan nanti:

  1. Karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks sebagai pengganti karbohidrat sederhana, memiliki efek positif terhadap kesuburan.

Jagung, roti gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan kentang merupakan contoh dari karbohidrat kompleks. Sementara contoh karbohidrat sederhana meliputi nasi putih, roti putih dan pasta putih.

Konsumsi berlebih dari karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kondisi ini kemudian dapat memengaruhi hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi.

Sedangkan karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, jenis karbohidrat ini tidak mengakibatkan peningkatan signifikan pada kadar gula darah. 

Karbohidrat kompleks berupa biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, juga mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat berpengaruh positif terhadap kesuburan dan merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk mencegah kecacatan pada janin, sehingga baik sebagai makanan penyubur kandungan. 

  • Daging tanpa lemak

Aneka daging tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang baik bagi Anda yang berencana hamil.

Protein adalah nutrisi yang berperan penting dalam proses pembentukan tulang, otot dan sel-sel tubuh lainnya. Sedangkan asupan zat besi yang cukup sangat penting bagi perempuan untuk mencegah anemia semasa hamil. Inilah kenapa bahan pangan ini termasuk sebagai salah satu makanan penyubur kandungan.

Usahakan dapat mengonsumsi hingga dua porsi daging tanpa lemak setiap harinya. Anda boleh memilih antara daging sapi, daging ayam, daging kalkun, dan daging babi.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi satu porsi protein hewani dan satu porsi protein nabati yang berasal dari tahu dan tempe dalam satu hari. 

  1. Produk susu

Sebagai makanan penyubur kandungan, susu mengandung banyak kalsium dan zat-zat bergizi lain yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan organ reproduksi.

Asupan kalsium yang disarankan adalah 1.000 mg per hari. Jumlah ini mesti dipertahankan sepanjang kehamilan karena kalsium juga penting bagi perkembangan tulang dan gigi janin.

Kalau tidak terlalu suka minum susu, asupan kalsium juga bisa Anda dapatkan dari produk turunan susu. Misalnya, yogurt dan keju.

Anda pun bisa memilih tofu, kacang kedelai, edamame, ikan teri, dan sayuran berdaun hijau tua sebagai alternatif untuk sumber kalsium. 

  1. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 banyak terdapat di dalam jenis ikan. Mulai dari salmon, tuna, ikan kembung, hingga ikan herring.

Omega-3 sangat penting bagi perkembangan otak. Jika berencana hamil, Anda sebaiknya memperbanyak asupan asam lemak ini demi perkembangan otak janin di masa kehamilan nanti. 

Bila Anda bukan penggemar ikan, Anda bisa memenuhi asupan omega-3 dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya, kacang kenari, biji labu, flaxseed, serta telur yang telah diperkaya omega-3.

  • Kerang dan tiram

Sudah sejak lama, kerang dan tiram dipercaya sebagai penambah gairah seksual dan makanan penyubur kandungan. Kedua makanan ini mengandung banyak zinc yang bermanfaat bagi fertilitas.

Meski makanan penyubur kandungan di atas baik untuk kesehatan, bukan berarti Anda boleh melahapnya dengan bebas. Misalnya saja, makanan laut.

Anda sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi makanan laut, seperti ikan, kerang, maupun tiram. Ada kekhawatiran bahwa makanan-makanan laut ini mengandung banyak polutan laut yang berbahaya. 

Porsi yang tepat dan seimbang pun diperlukan agar manfaat makanan penyubur kandungan bisa optimal. Untuk menentukan porsi ini, Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter. Pasalnya, tiap wanita memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Karena itu, porsi dan pola makanan penyubur kandungan yang dibutuhkan pun akan berlainan.

Pola makan untuk kehamilan sehat

Bahan pangan yang termasuk jenis makanan penyubur kandungan adalah makanan yang tinggi kadar asam folat, vitamin B12, dan asam lemak omega-3. Demikian pula dengan pola makan sehat dan seimbang pada umumnya.

Sementara khusus untuk pasangan yang sedang menjalani program hamil lewat teknologi reproduksi berbantuan (seperti bayi tabung), konsumsi makanan kaya antioksidan akan berefek positif. 

Wanita usia reproduktif yang tidak menggunakan kontrasepsi, sebaiknya selalu menjaga kesehatan dan pola makan. Langkah ini berfungsi sebagai persiapan untuk menjalani kehamilan sehat.

Terutama satu bulan sebelum benar-benar memasuki program kehamilan, wanita tersebut harus memperbanyak asupan makanan dengan kandungan gizi yang baik pula untuk kehamilan serta perkembangan janin.

Banyak dokter juga menyarankan hal-hal berikut ini demi meningkatkan kesempatan Anda untuk menjalani kehamilan yang sehat dan memiliki bayi yang sehat juga:

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal, atau usahakan untuk mendekati berat badan ideal sebelum berencana hamil. Perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan. 
  • Berhati-hati dalam penggunaan obat dan suplemen, jangan sampai berlebihan. Misalnya, kelebihan asupan vitamin A yang justru berakibat buruk bagi perkembangan janin. 
  • Mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai program kehamilan. Dengan demikian, Anda bisa sekaligus memeriksakan kondisi fisik dan mengantisipasi gangguan kesehatan yang berpotensi timbul pada masa kehamilan. 

Dengan menjaga kesehatan dan mengikuti pola konsumsi makanan penyubur kandungan yang seimbang, potensi kehamilan niscaya turut meningkat. Dokter juga mungkin memberikan suplemen untuk mempersiapkan tubuh Anda ketika menjalani program hamil.

Patuhi anjuran dokter agar semua berjalan lancar dan impian mendapatkan momongan segera terwujud. Semoga berhasil!

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/blog/fertility-and-diet-is-there-a-connection-2018053113949
Diakses pada 15 Agustus 2019

What to expect. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/fertility-foods.aspx
Diakses pada 15 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed