Berenang Saat Pandemi Covid-19, Apakah Aman? Ini Aturannya


Berenang saat pandemi corona tetap aman asal Anda maupun pengelola menerapkan protokol yang ketat untuk mencegah penularan virus Covid-19. Air kolam renang berisiko rendah menularkan Covid-19. Namun jika diisi banyak orang, risiko penularan akan meningkat drastis.

(0)
01 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Berenang saat pandemi tetap berisiko kecuali di kolam tidak ada orangBerenang saat pandemi berisiko jika kolam yang digunakan ramai orang
Berenang adalah salah satu olahraga populer yang sejak terjadinya pandemi, sudah jarang dilakukan banyak orang akibat pembatasan kegiatan demi menurunkan angka penularan Covid-19. Meski begitu, kolam renang umum sebenarnya saat ini sudah mulai dibuka. Lantas, apa yang perlu diperhatikan jika ingin berenang saat masih pandemi corona?

Fakta tentang berenang saat pandemi Covid-19

Selama masa pandemi, berkumpul di kolam renang umum memang dirasa menjadi sesuatu yang berisiko terhadap penularan Covid-19. Namun tidak bisa dipungkiri banyak orang sebenarnya ingin kembali menikmati olahraga air yang menyehatkan ini.Agar Anda tidak lagi bingung dan bertanya-tanya, berikut ini beberapa fakta mengenai berenang saat pandemi corona masih berlangsung.

1. Bisakah virus corona ditularkan lewat air kolam renang?

Kemungkinan virus corona bisa menular lewat air kolam renang sebenarnya kecil. Sebab klorin, kaporit serta bahan-bahan kimia lain yang digunakan untuk menjernihkan air kolam renang juga dapat membantu membunuh virus.Jadi, selama terjaga kebersihannya, maka kolam renang yang digunakan aman untuk digunakan berenang saat pandemi.Namun perlu diingat bahwa berenang saat ada pandemi Covid-19 bisa berbahaya jika kolam tersebut ramai orang, terlebih jika tidak ada pembatasan jarak sosial yang baik.Meski air kolam renangnya sendiri berisiko rendah menularkan virus, tapi jarak dekat antarmanusia tetap berisiko tinggi menyebabkan penularan Covid-19. Karena tentu, saat berada di kolam renang, kepala kita tak akan selalu berada di bawah air.Akan tetapi, banyak perbincangan dan kegiatan lain yang membuat droplet pembawa virus menyebar dari satu orang ke orang lain dan terhirup ke dalam tubuh sebelum tubuh sempat masuk ke dalam air.Sehingga Anda tetap harus waspada dan melihat keamanan kolam renang yang dipilih dari segala sisi.

2. Bagaimana ciri kolam renang yang aman untuk didatangi saat pandemi?

Pemerintah melalui peraturan NOMOR HK.01.07/MENKES/382/2020 sudah mengatur tentang banyak hal soal kegiatan masyarakat di fasilitas umum, termasuk keamanan kolam renang umum.Berikut ini ketentuan soal menjaga keamanan kolam renang umum selama masa pandemi yang perlu ditaati pemilik serta pengelola tempat dan diperhatikan pengunjung.
  • Pengelola memastikan air kolam renang menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7,2-8 setiap hari dan hasilnya disampaikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh konsumen.
  • Pengelola melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan disekitar kolam renang seperti tempat duduk, lantai, dan permukaan lainnya
  • Pengelola dan pengunjung menerapkan jaga jarak di ruang ganti.
  • Pengelola memastikan tamu yang akan menggunakan kolam renang dalam keadaan sehat, dengan mengisi form self assesment risiko Covid-19 (form 1). Bila dari hasil self assesment masuk dalam kategori risiko besar, maka pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang.
  • Pengelola membatasi jumlah pengguna kolam renang agar dapat menerapkan jaga jarak.
  • Pengunjung menggunakan semua peralatan pribadi masing-masing.
  • Pengunjung memakai masker sebelum dan setelah berenang.
Sebagai pengunjung, Anda dapat melihat apabila pihak pengelola sudah menerapakan hal-hal sesuai aturan yang dibuat pemerintah seperti di atas.Jika peraturan tersebut terlihat dilanggar oleh pengelola, ada baiknya Anda mencari tempat lain untuk mengurangi risiko tertular Covid-19 saat berenang.

Tips aman untuk berenang saat pandemi Covid-19

Apabila ingin berenang saat pandemi Covid-19 masih berlangsung, maka ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini:

• Hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat ke kolam renang

  • Pastikan tubuh benar-benar sedang sehat, tidak sedang berstatus sebagai kontak erat orang yang terinfeksi Covid-19, atau baru kembali dari kegiatan yang berisiko tinggi menularkan corona.
  • Jika tidak enak badan, jangan paksakan untuk pergi ke kolam renang. Periksakan kondisi kesehatan ke dokter dan istriahat hingga benar-benar sembuh.
  • Siapkan semua alat yang akan digunakan saat berada di kolam renang, mulai dari kacamata, pelampung, baju renang, handuk, makanan, minuman, hingga baju ganti.
  • Pilih kolam renang yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  • Hindari kolam renang yang ramai orang.
  • Sebaiknya pilih kolam renang outdoor dibanding indoor karena ada risiko kolam renang tersebut memiliki ventilasi alias tempat pertukaran udara yang kurang baik.

• Tips aman berada di lingkungan kolam renang saat pandemi corona

  • Selalu pakai masker saat sedang tidak berada di dalam air.
  • Jaga jarak dengan orang lain setidak 2 meter, di dalam maupun di luar kolam.
  • Harus cuci tangan dengan hand sanitizer atau air sabun setelah menyentuh apapun yang dipegang banyak orang, seperti tangga kolam renang, perosotan, dan lain-lain.
  • Jangan lupa cuci tangan sebelumnya jika ingin makan atau minum di pinggir kolam.
  • Jangan meminjam barang seperti pelampung, kacamata renang, atau ban dari tempat umum. Bawalah barang sendiri yang sudah terjamin kebersihannya.
Berenang saat corona masih bisa dilakukan selama Anda dan pihak pengelola menjalani protokol kesehatan secara ketat.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang potensi penularan di kolam renang maupun tempat-tempat umum lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berenangcoronavirus
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/is-the-pool-safe-during-coronavirus-pandemic/
Diakses pada 19 April 2021
CDC. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/beaches-pools.html
Diakses pada 19 April 2021
Satgas Penanganan Covid-19. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokok Kesehatan Bagi Masyarakat Di Tempat Dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
Diakses pada 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait