Berbagai Vitamin untuk Kurang Tidur yang Bisa Anda Konsumsi

0,0
19 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada sejumlah vitamin untuk kurang tidur yang bisa dikonsumsiKurang tidur dapat mengganggu aktivitas Anda
Banyak orang yang mengalami kurang tidur, entah itu karena kondisi kesehatan tertentu, gaya hidup, hingga tuntutan pekerjaan. Jika kebiasaan ini berlangsung lama, Anda bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan serius. Untuk mengatasinya, Anda mungkin memerlukan vitamin untuk kurang tidur dan berbagai perubahan gaya hidup lainnya.Beberapa risiko kesehatan akibat kurang tidur meliputi tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, stroke, obesitas, depresi, penurunan kekebalan tubuh, stres, penuaan dini, hingga dorongan seks yang rendah.

Berbagai vitamin untuk kurang tidur yang bisa dikonsumsi

Untuk mendapatkan tidur yang cukup, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin untuk yang susah tidur.Berikut adalah jenis-jenis vitamin yang dapat membantu Anda untuk tidur dengan lebih baik.

1. Vitamin C

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tingkat vitamin C yang rendah cenderung mendadak terbangun dari tidur secara tidak teratur.Oleh karena itu, menambahkan suplemen vitamin untuk kurang tidur seperti vitamin C dapat membantu Anda untuk tetap tidur nyenyak tanpa terbangun di malam hari.

2. Vitamin D

Vitamin D juga dianggap berpengaruh terhadap kualitas tidur. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak, menghambat durasi tidur, dan meningkatkan risiko gangguan tidur.Beberapa penelitian mengaitkan gangguan tidur tertentu, seperti apnea tidur obstruktif dan insomnia, dengan kurangnya kadar vitamin D.Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan vitamin untuk yang susah tidur ini dapat membantu Anda lebih cepat terlelap dan meningkatkan kualitas tidur tanpa gangguan yang menyebabkan terbangun secara tiba-tiba.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks dapat dianggap sebagai vitamin untuk kurang tidur karena manfaatnya dalam meningkatkan kualitas tidur.Vitamin B6 dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sementara itu, kadar vitamin B12 yang rendah dikaitkan dengan insomnia. Memenuhi kebutuhan vitamin ini dapat membantu mengatur siklus waktu tidur dan terjaga.

Nutrisi lainnya untuk membantu tidur nyenyak

Selain vitamin untuk kurang tidur, ada sejumlah mineral yang juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup dan meningkatkan kualitas tidur.

1. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang membantu pengaturan ritme sirkadian tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen melatonin dianggap efektif dalam membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

2. Magnesium

Magnesium juga berperan penting untuk tidur yang nyenyak. Mineral ini dapat membantu tubuh memproduksi hormon melatonin sehingga Anda bisa tidur dengan teratur dan lebih nyenyak.

3. Zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Sebab, kekurangan mineral ini dapat menyebabkan gangguan tidur bernama sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome). Maka dari itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan zat besi setiap harinya.

4. Kalsium

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan pada fase tidur rapid eye movement (REM). Supaya bisa tidur dengan nyenyak, Anda harus melalui fase tidur ini.Penelitian tersebut lebih jauh lagi menjelaskan bahwa ketika kadar kalsium dalam tubuh mencukupi, fase tidur REM dapat kembali normal.

Cara lain untuk mengatasi kurang tidur

Rutinitas tidur
Membuat rutinitas tidur dapat membantu Anda tidur nyenyak
Selain mengonsumsi vitamin untuk kurang tidur, Anda juga perlu memastikan penyebab terjadinya gangguan tidur. Jika kurang tidur disebabkan adanya penyakit, misalnya apnea tidur atau insomnia, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Sebagian orang juga dapat mengalami kurang tidur karena terpaksa, misalnya pada pekerja shift malam. Kondisi ini dapat menyebabkan sindrom shift work sleep disorder (SWSD) yang mengganggu irama sirkadian tubuh Anda.Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin untuk kurang tidur yang telah dijelaskan sebelumnya dan melakukan sejumlah perubahan gaya hidup, seperti:
  • Membuat rutinitas tidur dengan menciptakan suasana yang kondusif, misalnya menjaga kamar tetap gelap, nyaman, dan tenang.
  • Pastikan untuk selalu tidur setelah pulang kerja. Gelapkan kamar Anda dan bersiaplah untuk tidur.
  • Kurangi asupan kafein. Selain itu, batasi konsumsi kafein setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur. 
  • Batasi diri Anda dari hal-hal yang dapat mengganggu tidur, termasuk memastikan ponsel dalam keadaan diam atau sunyi.
Selain itu, dalam memilih vitamin untuk kurang tidur, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi yang Anda alami. Cukup konsumsi vitamin yang Anda butuhkan atau yang dirasa kurang.Jika cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter dapat meresepkan obat atau merekomendasikan terapi sesuai dengan kebutuhan Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
vitaminkurang tidur
Take Care Of. https://takecareof.com/articles/best-vitamins-minerals-for-sleep
Diakses 5 Mei 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/happens-body-dont-get-enough-sleep/
Diakses 5 Mei 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-you-can-sleep-better-if-you-work-the-night-shift/
Diakses 5 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait