Dapatkan asupan vitamin untuk wanita melalui buah-buahan.
Asupan vitamin untuk wanita bisa didapatkan dari makanan dan suplemen.

Kebutuhan vitamin untuk wanita dan pria bisa saja berbeda. Pertanyaannya, vitamin apa yang dibutuhkan oleh perempuan? Mana yang lebih baik, minum suplemen vitamin atau menyantap makanan bergizi sehari-hari?

Jawabannya adalah tetap menjaga diet yang seimbang. Namun suplemen juga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Berikut daftar vitamin untuk wanita yang penting dikonsumsi.

Vitamin untuk Wanita

1. Antioksidan

Antioksidan terdiri dari vitamin A (retinol, beta karoten, dan karotenoid), vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Antioksidan juga dapat menurunkan risiko penyakit dan memperlambat penuaan. 

  • Beta Karoten. Tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A, nutrisi yang membantu penglihatan, jaringan lunak, dan kecantikan kulit. Beta karoten bisa didapat dari aprikot, blewah, wortel, jambu biji, kangkung, pepaya, persik, labu, paprika merah, bayam, dan tomat.

  • Vitamin C. Vitamin ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan membuat sel darah merah. Selain itu, dapat meningkatkan konsentrasi otak karena memproduksi zat kimia otak bernama noradrenalin. Konsumsi vitamin C dari brokoli, jeruk bali, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, dan tomat.

  • Vitamin E. Vitamin E sangat erat kaitannya dengan kecantikan kulit. Vitamin ini dapat memperlambat tanda penuaan dan membuat kulit terlihat lebih mulus. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari minyak jagung, minyak ikan kod, hazelnut, selai kacang, minyak safflower, biji bunga matahari, dan bibit gandum.

2. Vitamin B

Vitamin B terdiri dari beberapa jenis, yaitu vitamin B6, B12, dan asam folat. Semua jenis vitamin B ini sangat penting bagi tubuh.

  • Vitamin B6. Vitamin ini membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan meningkatkan fungsi otak. Konsumsi ikan, kentang, buncis, alpukat, pisang, kacang, sereal, daging, oatmeal, dan unggas untuk mendapatkan vitamin B6.

  • Vitamin B12. Vitamin ini berperan penting untuk metabolisme dan membantu tubuh membuat sel darah merah. Anda bisa mendapatkannya dari keju, telur, ikan, daging, susu, dan yogurt.

  • Folat (Asam Folat). Asam folat membantu membangun otak dan sumsum tulang belakang yang sehat. Asam folat sangat penting bagi orang dewasa dan anak-anak untuk membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Namun, kandungan ini memiliki peran yang lebih penting bagi ibu hamil, karena dapat membantu mencegah janin cacat lahir. Makanan yang mengandung asam folat antara lain bayam dan sayuran hijau, asparagus, buah jeruk, melon, stroberi, biji-bijian yang diperkaya, kacang polong, buncis, kacang hitam, kacang merah, telur, dan hati.

3. Vitamin D

Vitamin D berfungsi memindahkan kalsium dan fosfor ke dalam darah agar tulang tetap kuat. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa makan telur dan ikan, terutama ikan salmon, makarel, dan sarden.

Khusus untuk orang-orang berusia paruh baya dan di atasnya, vitamin D dapat ditemukan dari suplemen.

4. Vitamin K

Ingin tulang kuat dan menghindari pembekuan darah? Vitamin K adalah solusinya. Vitamin ini sangat penting untuk dikonsumsi, terutama bagi lansia. Sumber makanan vitamin K meliputi sayuran berdaun hijau, minyak kedelai, brokoli, alfalfa, bayam matang, dan minyak ikan.

Makanan atau Suplemen?

Kebanyakan ahli gizi akan menyarankan untuk mendapatkan vitamin-vitamin penting dari makanan tanpa mengandalkan suplemen. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui suplemen terbaik bagi Anda. Ikuti petunjuk dan saran dokter untuk menghindari kelebihan dosis.

WebMD. https://www.webmd.com/women/guide/essential-vitamins-for-women-at-every-age#1
Diakses pada Februari 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322960.php
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed