logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tips WFH atau Work From Home untuk Milenials agar Tak Bosan Bekerja dari Rumah

open-summary

WFH atau work from home adalah kegiatan bekerja online dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona selama pandemi Covid-19. Agar tetap semangat saat tidak bekerja di kantor, Anda perlu memerhatikan beberapa hal, salah satunya mengelola distraksi.


close-summary

4

(10)

18 Mar 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Tips work from home atau WFH untuk millenials

Work from home bisa mencegah penyebaran virus corona

Table of Content

  • Tips WFH untuk millennials di tengah pandemi corona
  • Pada masa pandemi COVID-19 ini jam kerja manakah yang paling bagus untuk diterapkan?
  • Catatan dari SehatQ:

Perusahaan kini berbondong-bondong memerintahkan karyawannya untuk WFH atau work from homeWFH adalah melakukan pekerjaan secara remote working di rumah, untuk mencegah adanya penyebaran virus corona atau Covid-19. Bukan 1-2 hari, WFH bisa berlangsung berminggu-minggu, sampai pandemik virus corona dapat diatasi.

Advertisement

Bekerja dari rumah bisa sangat menantang, terutama bagi millennials dan karyawan yang belum pernah punya pengalaman membawa pulang pekerjaan kantornya. Itulah sebabnya, ada beberapa tips kerja online dari rumah untuk millennials supaya tetap produktif dalam bekerja, sehingga atasan tetap puas dengan hasil pencapaian Anda.

Baca Juga

  • Manfaat Teh Putih yang Punya Kandungan Antioksidan Tinggi
  • Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Boleh dan Tidak Boleh
  • Fungsi dan Peran Keluarga dalam Proses Sosialisasi serta Pendidikan Anak

Tips WFH untuk millennials di tengah pandemi corona

Presiden Joko Widodo sudah menyatakan bahwa kerja dari rumah sangat perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap risiko meluasnya penyebaran virus corona. Maka dari itu, kenali beberapa tips work from home untuk membuat Anda tidak mudah bosan saat bekerja dari rumah:

1. Menjaga komunikasi antar kolega dan atasan

Menurut seorang profesor dari Northeastern University, Amerika Serikat, harus ada peraturan jelas mengenai komunikasi antar kolega dan atasan.

Komunikasi adalah faktor penting saat kerja dari rumah. Tanpa adanya komunikasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terhambat, bahkan tak mencapai target.

Mintalah atasan untuk menjabarkan target yang harus dicapai, selama periode WFH  berlangsung.

Selain itu, komunikasi bisa mencegah datangnya perasaan kesepian yang melanda karyawan di rumah. Sebuah penelitian yang mengikutsertakan 2.500 karyawan, membuktikan bahwa kesepian bisa membuat mereka tidak termotivasi dan susah produktif saat melakukan pekerjaan dari rumah.

2. Menjaga penampilan dan kebersihan tubuh

Berkerja
Work from home juga tetap harus rapih

Meski pekerjaan boleh dilakukan dari rumah, bukan berarti kebersihan tubuh dan penampilan bisa diabaikan. Secara psikologis, agar semangat kerja di rumah, membersihkan tubuh dan menjaga penampilan bisa membuat mental Anda siap untuk bekerja.

Terutama jika atasan meminta Anda untuk siap siaga di depan laptop, jikalau ada pertemuan penting yang mengharuskan Anda bertatap muka lewat telekonferensi atau video call.

Selain itu, dengan menjaga kebersihan tubuh, Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Tidak memaksakan tubuh dan pikiran

Di kantor, jam kerja sudah terstruktur; mulai dari jam produktif kerja, waktu istirahat, hingga saatnya pulang dari kantor. Kalau kerja dari rumah, jam kerja Anda mungkin jadi runyam. Alih-alih ingin produktif, Anda malah memaksakan diri dengan bekerja tanpa batas waktu.

Sayangilah tubuh dan pikiran Anda. Berikanlah jeda setiap 45-60 menit bekerja. Setelah merasa cukup istirahat, mulai bekerja kembali. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kemampuan Anda dalam berkonsentrasi. Dengan begitu, Anda mampu bekerja secara optimal.

Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk istirahat terus-terusan. Tetaplah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan pekerjaan, sesuai yang diperintahkan atasan.

Baca juga: Burnout Adalah Konsekuensi Pandemi COVID-19, Ini Cara Berdamai Dengannya

4. Mengelola distraksi

Bekerja di kantor bisa menghindari Anda dari distraksi. Bagaimana dengan work from home?

Waspadalah, bekerja di rumah bisa mendatangkan berbagai macam distraksi, termasuk mengurus anak, rebahan di kasur, hingga bersantai ria.

Tidak ada salahnya bermain dengan anak ataupun bersantai ria, tapi harus tahu batasan waktu. Misalnya, bermain dengan anak sambil bersantai, di jam istirahat. Jika jam istirahat sudah selesai, kembalilah ke depan laptop dan selesaikan pekerjaan Anda.

5. Tetap bersosialisasi

Jangan menyendiri dan tenggelam dalam pekerjaan. Tetaplah menjaga komunikasi antar kolega, bahkan tetangga, meskipun sedang bekerja jarak jauh. Kesepian bisa membuat Anda tak termotivasi. Akhirnya, pekerjaan tak bisa selesai dengan maksimal.

Malah, Anda disarankan untuk tetap keluar rumah, tapi jangan terlalu jauh. Berjalan kaki di sekitar tempat tinggal bisa menjadi pilihan. Dengan begini, pikiran Anda bisa kembali segar untuk mengerjakan pekerjaan yang bisa membuat penat.

Namun, jika Anda sedang sakit, jangan keluar rumah. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya penyebaran penyakit apapun, termasuk virus corona.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat selama WFH bisa membantu Anda tetap bugar dan siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan. Mengonsumsi makanan sehat ternyata juga bisa meningkatkan suasana hati Anda selama di rumah.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat selama WFH juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Tentunya ini bisa menguntungkan Anda di tengah banyaknya pekerjaan menumpuk yang harus dikerjakan dari rumah.

7. Tidak bekerja sambil rebahan

Berkerja
Hindari bekerja rebahan saat work from home

Work from home membuat karyawan cenderung mengerjakan tugas di kasur, sambil berleha-leha ria. Menurut seorang ahli chiropractic (terapi pengobatan tulang belakang dan otot), bekerja sambil rebahan di kasur hanya akan menimbulkan nyeri punggung dan leher.

Gunakan kursi untuk duduk, dan pastikan kepala sejajar dengan laptop di hadapan Anda. Jadi, nyeri leher dan punggung bisa dicegah.

8. Membuat jadwal

Alih-alih memiliki rencana yang kabur karena sudah merasa jenuh untuk terus bekerja di rumah, buatlah jadwal harian dan tuliskan rutinitas yang akan Anda lakukan.

Buat jadwal digital atau catat dengan pulpen dan kertas, lalu tempel di tempat yang terlihat. Tuliskan urutan tugas yang terperinci menjadi beberapa kategori untuk memudahkan kamu bekerja berdasarkan kepentingan.

9. Pandai memilih informasi

Alokasikan waktu senggang Anda saat pagi atau sore hari untuk membaca berita. Membaca berita yang akurat melalui sumber-sumber terpercaya akan membuat Anda merasa tidak ketinggalan informasi meskipun bekerja di rumah saja.

Jika Anda takut  atau stres untuk membaca atau mendengarkan berita sendiri, Anda bisa menanyakannya kepada rekan Anda. Mereka akan dapat menyampaikan berita dengan lembut dan membantu Anda tetap mendapat informasi tanpa merasa stres.

Baca juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Terhindar dari Penyakit

Pada masa pandemi COVID-19 ini jam kerja manakah yang paling bagus untuk diterapkan?

Jam kerja umumnya memang menjadi otoritas perusahaan masing-masing tergantung kebutuhannya. Namun, selama pandemi Covid-19 ini, ternyata pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengaturan Jam Kerja pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Jabodetabek.

Peraturan tersebut dikeluarkan dan diharapkan dapat diterapkan oleh perusahaan-perusahaan wilayah Jabodetabek dengan harapan untuk menghindari kerumunan dan penumpukan penumpang di transportasi umum yang biasa terjadi sebelum pandemi. Melalui kebijakan ini, pemerintah mengatur jam kerja karyawan menjadi dua shift yang memiliki selisih waktu 3 jam.

Perusahaan diharapkan dapat menerapkan shift pertama yang diatur masuk pada sekitar pukul 07.00-07.30 WIB dan pulang pukul 15.00-15.30. Lalu, karyawan shift kedua masuk pada pukul 10.00-10.30 dan pulang antara pukul 18.00-18.30.

Virus corona

Bisakah bawang putih sembuhkan virus corona?: Air Bawang Putih Sembuhkan Corona, Mitos atau Fakta?

Apakah aman memesan lewat ojek online selama pandemi virus corona?: Pesan Makanan Lewat Ojek Online Saat Pandemi Virus Corona, Amankah?

Ingin periksa corona? Cek dulu ini: Rapid Test Corona Tidak Sama dengan Pemeriksaan Swab, Ini Penjelasannya

Catatan dari SehatQ:

Ingat, walaupun Anda sedang work from home atau kerja dari rumah, kebersihan tetap harus dijaga. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun secara rutin, serta hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, untuk menurunkan risiko tersebarnya berbagai macam penyakit, termasuk infeksi virus corona. Jika terpaksa keluar rumah, jangan lupa untuk menerapkan physical distancing atau social distancing.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter tentang virus corona dan informasi kesehatan lainnya, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

hidup sehatpola hidup sehatcovid-19

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved