Berbagai Tips Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Berbagai tips puasa di tengah pandemi virus corona ini bisa menjadi pedoman untuk Anda.
Lakukanlah tips berpuasa di tengah pandemi virus corona ini, agar tubuh tetap bugar!

Berpuasa di tengah pandemi virus corona Covid-19 bukanlah perkara mudah. Sebab, tubuh harus menahan rasa lapar dan haus, sekaligus menjaga sistem imun agar terhindar dari berbagai macam virus. Maka dari itu, kenalilah tips puasa di tengah pandemi corona ini, supaya kebugaran dan sistem imun tubuh tetap terjaga terus!

Tips puasa di tengah "badai" virus corona

Puasa kali ini akan terasa lebih berat dari biasanya. Di tahun-tahun sebelumnya, bulan puasa kita tidak dihantui oleh virus corona. Sementara itu, ibadah puasa saat ini harus dijalani lebih bijak dan hati-hati lagi, guna menghindari penyebaran virus corona.

Di saat puasa, tubuh harus terhindar dari berbagai macam penyakit agar tetap bugar dan prima dalam menahan segala dahaga. Hal ini dapat diraih jika sistem imun tubuh terjaga.

Menjaga sistem imun tubuh menjadi lebih penting saat berpuasa di tengah pandemi virus corona. Sebab, tubuh cenderung lebih "ringkih" saat tidak makan dan minum untuk jangka waktu yang lama. Maka dari itu, kenalilah tips puasa di tengah pandemi virus corona ini.

1. Tidur yang cukup

Menjaga pola tidur adalah tips puasa yang sangat penting, terutama di tengah pandemi virus corona. Sebab, kekurangan waktu tidur akan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.

Dalam sebuah riset, para responden yang kurang tidur, terbukti lebih rentan terserang penyakit pilek, dibandingkan mereka yang cukup tidur. Maka dari itu, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk sering begadang di malam hari, supaya bisa tidur panjang di siang hari.

Tidurlah yang cukup. Orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-9 jam di malam hari.

2. Perbanyak makan-makanan nabati

Di bulan puasa ini, orang-orang cenderung tidak memperhatikan pola makannya, sehingga berbagai makanan pun disantap. Padahal, hal ini bisa berbahaya bagi sistem imun tubuh.

Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan nabati, seperti sayur, buah, hingga kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Merekalah yang akan membantu sistem imun tubuh Anda melawan virus dan bakteri membandel.

Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur, buah-buahan, hingga kacang-kacang saat berbuka puasa ataupun sahur.

3. Konsumsi lemak baik

Lemak baik yang ditemukan dalam minyak zaitun ataupun ikan salmon, dapat meningkatkan sistem imun dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebab, peradangan dapat menghambat kinerja sistem imun tubuh Anda.

Konsumsilah lemak baik seperti minyak zaitun atau ikan salmon, saat berbuka puasa maupun sahur. Hal ini bisa membantu sistem imun tubuh Anda dalam mencegah penyakit seharian penuh.

4. Berolahraga

Olahraga
Yoga

Berolahraga secara teratur ternyata bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

Mungkin, beberapa orang akan “ketakutan” ketika mendengar kata olahraga di tengah bulan puasa. Namun tenang saja, Anda tidak perlu berolahraga di bawah terik sinar matahari, kok.

Pilihlah jam-jam seperti sebelum berbuka puasa, atau beberapa jam setelah berbuka puasa. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda tetap aktif dan bugar. Sehingga virus corona pun dapat dicegah.

5. Hindari stres

Menghindari stres adalah tips puasa di tengah pandemi virus corona selanjutnya. Sebab, stres bisa “mengacaukan” kinerja sistem imun tubuh Anda, sehingga akan banyak penyakit yang “menerka”.
Itulah mengapa Anda disarankan untuk menghindari stres selama puasa, dengan melakukan meditasi, yoga, hingga berolahraga.

6. Minum air putih lebih teratur

Minum air
Minum air lebih teratur

Di saat berbuka puasa, banyak orang yang lebih suka minum-minuman manis dan melupakan air putih. Padahal, air putihlah yang lebih dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh.

Tidak ada yang melarang untuk melepaskan dahaga haus dengan minuman manis yang dingin itu, tapi kalau bisa, dahulukanlah air putih.

7. Kurangi konsumsi gula

Mengonsumsi gula berlebihan di bulan puasa, bisa menyebabkan kegendutan atau obesitas. Perlu diketahui, memiliki berat badan berlebih akan membuat penyakit lebih mudah menyerang tubuh Anda.

Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Semua penyakit ini dapat melemahkan sistem imun tubuh Anda. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi asupan gula Anda di bulan puasa ini, demi sistem imun tubuh yang terjaga!

8. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen saat berbuka puasa maupun sahur juga bisa menjadi tips puasa di tengah pandemi virus corona. Dengan mengonsumsi suplemen imunomodulator, kinerja sistem imun tubuh akan terjaga. Jika perlu, datanglah ke dokter untuk berkonsultasi tentang pemakaian suplemen dalam menjaga sistem imun tubuh. Suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun diantaranya vitamin C, D, dan zinc.

Catatan dari SehatQ:

Beberapa tips puasa di tengah pandemi virus corona ini bisa menjadi “pedoman” yang membuat tubuh lebih bugar selama bulan puasa. Ingatlah untuk tetap menjaga pola hidup sehat, pola tidur yang teratur, serta mengonsumsi makanan sehat, agar sistem imun tubuh Anda tetap terjaga!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health#1.-Get-enough-sleep
Diakses pada 27 April 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/optimizing-your-immune-system-to-fight-covid-19-4800047
Diakses pada 27 April 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/preventing-colds-and-flu-2966798
Diakses pada 27 April 2020

Artikel Terkait