Berbagai Potensi Manfaat Daun Sembung bagi Kesehatan


Ada sejumlah potensi manfaat daun sembung untuk kesehatan. Mulai dari membantu melarutkan batu ginjal, mengatasi infeksi saluran kemih, hingga meredakan hipertensi dan retensi cairan karena sifat diuretiknya.

0,0
07 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu potensi manfaat daun sembung adalah melarutkan batu ginjalDaun sembung punya beberapa potensi manfaat
Daun sembung (blumea balsamifera) merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis, khususnya di Tiongkok. Meski klaim manfaat daun sembung masih sebatas anekdotal (dari mulut ke mulut) saja, daun ini kerap digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.Daun sembung bahkan telah dikembangkan menjadi tablet obat herbal oleh Dewan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Filipina. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kandungan, cara mengonsumsi, hingga khasiat daun sembung, Anda dapat menyimak uraian berikut.

Kandungan daun sembung

Khasiat daun sembung berasal dari konsentrasi tinggi fitokimia yang terkandung dalam daunnya. Dilansir dari sebuah studi dalam jurnal Natural Product Research, Daun sembung terbukti secara ilmiah memiliki kandungan senyawa ichthyothereol asetat, cyptomeridiol, lutein, dan beta karoten. Berbagai senyawa ini memiliki aktivitas positif sebagai antimikroba.L-borneol adalah senyawa yang paling melimpah dan aktif pada tanaman ini. Selain itu, ada pula berbagai kandungan lainnya yang berpotensi memberikan manfaat, seperti flavonoid, sterol, terpenoid, asam lemak, fenol, eter, dan keton.

Potensi manfaat daun sembung

Berikut adalah beberapa potensi manfaat daun sembung yang bisa menguntungkan bagi kesehatan.

1. Membantu melarutkan batu ginjal

Departemen Kesehatan Filipina telah mempromosikan teh herbal dan tablet daun sembung sebagai diuretik serta membantu melarutkan batu ginjal.Di negara tersebut, ekstrak daun sembung juga telah terdaftar sebagai obat di Biro Makanan dan Obat-obatan (semacam BPOM) Filipina.

2. Berpotensi mencegah gagal ginjal

Khasiat daun sembung lainnya adalah mencegah dan memperlambat gagal ginjal. Institut Ginjal dan Transplantasi Nasional Filipina merekomendasikan minum herbal daun sembung untuk pasien dengan masalah ginjal.Sejumlah hasil studi juga menunjukkan bahwa daun sembung dapat menunda atau mencegah dialisis (cuci ginjal), bahkan transplantasi ginjal.

3. Sebagai diuretik untuk meringankan hipertensi

Kadar natrium tinggi dalam darah dianggap sebagai penyebab utama hipertensi. Teh daun sembung dapat dikonsumsi untuk membantu mendorong proses buang air kecil sehingga kelebihan cairan tubuh dan natrium bisa dikeluarkan.Kegunaan daun sembung sebagai diuretik dinilai bisa memberikan keuntungan bagi penderita hipertensi dan retensi cairan.

4. Membantu mengatasi infeksi saluran kemih

Manfaat daun sembung untuk pria salah satunya adalah berpotensi mengatasi infeksi saluran kemih (ISK). Walaupun wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami ISK, pria juga harus mewaspadai masalah ini.Sebab, ISK yang tidak tertangani dapat meningkatkan risiko kemandulan pada pria. Sejumlah studi menunjukkan bahwa daun sembung mengandung berbagai senyawa kimia antibakteri, termasuk melawan bakteri E. coli yang merupakan penyebab umum ISK.

5. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Teh daun sembung juga telah dimanfaatkan secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti meredakan sakit perut, diare, hingga kesulitan dalam mencerna makanan. Namun, khasiat daun sembung ini tidak didukung dengan bukti ilmiah yang memadai.

6. Berpotensi meredakan keluhan menstruasi

Khasiat daun sembung dalam meredakan nyeri juga dianggap bisa membantu meredakan rasa sakit saat menstruasi sekaligus meredakan kram dan kembung yang kerap menyertainya. Meski demikian, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

7. Berpotensi memilii sifat antikanker

Daun sembung setidaknya mengandung sembilan jenis senyawa flavonoid, yakni antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Ekstrak daun sembung dipercaya memiliki kemungkinan efek terapeutik dalam pengobatan pasien kanker hepatoma.

Cara menggunakan daun sembung

Berikut adalah beberapa metode untuk mengonsumsi daun sembung yang telah dilakukan secara turun-temurun.

1. Minuman teh herbal daun sembung

  • Cuci daun sembung segar dengan air bersih, lalu potong kecil-kecil.
  • Rebus 50 gram daun sembung dengan satu liter air.
  • Didihkan dan biarkan meresap selama 10 menit
  • Matikan api dan biarkan hingga panasnya berkurang.
Untuk mendapatkan hasil terbaik, air teh daun sembung bisa diminum sebanyak empat gelas sehari selagi hangat..

2. Ramuan tapal daun sembung

Cuci bersih daun dan akarnya yang masih segar. Setelah itu, tumbuk hingga cukup lumat untuk langsung diaplikasikan atau diambil sarinya.Itulah berbagai potensi manfaat daun sembung. Meski demikian, sebaiknya Anda jangan mempercayai klaim manfaat di atas secara bulat-bulat karena masih dibutuhkan banyak penelitian lanjutan untuk membuktikannya.Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sembung.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
herbaltanaman obat
Cures Decoded. https://www.curesdecoded.com/products/sambong/4729
Diakses 24 September 2021
Hello Doctor. https://hellodoctor.comMedical Health Guide. http://www.medicalhealthguide.com/articles/sambong.htm
Diakses 24 September 2021
Dr Health Benefits. https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-sambong-leaves
Diakses 24 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6272021/
Diakses 24 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5470348/
Diakses 24 September 2021
Matec Conferences. https://www.matec-conferences.org/articles/matecconf/pdf/2016/25/matecconf_iccfe2016_02002.pdf
Diakses 24 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait